Thursday , June 20 2024
Jadwal dan Lokasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2023

Jadwal dan Lokasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2023, Ini Kisi-kisinya

Inilah informasi jadwal dan lokasi seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 telah diumumkan. Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan merupakan program pendidikan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru yang sudah bertugas di sekolah. Program ini diharapkan dapat mempersiapkan guru untuk menghadapi tantangan di era global dan digital.

Untuk mengikuti program PPG dalam jabatan, guru harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya adalah lulus seleksi akademik. Seleksi akademik ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar akademik guru, seperti kemampuan berpikir logis, analitis, kritis, dan kreatif.

Dikutip dari laman ppg.kemdikbud.go.id., bahwa seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 18-19 Juli 2023. Peserta seleksi akademik harus mengakses laman https://ppg.ristekdikti.go.id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang jadwal dan lokasi pelaksanaan seleksi.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Nizam, seleksi akademik PPG terbaru dalam jabatan tahun 2023 akan melibatkan sekitar 200 ribu guru dari berbagai jenjang dan bidang studi.

“Seleksi akademik ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penerimaan peserta PPG dalam jabatan. Kami berharap para guru dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti seleksi ini dengan serius,” ujar Nizam, dikutip dari laman Kemristekdikti.

Baca Informasi:

Nizam juga menjelaskan bahwa seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang terintegrasi dengan sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sistem ini dianggap lebih efisien, cepat, dan akurat dalam mengevaluasi hasil seleksi.

“Kami bekerja sama dengan LTMPT untuk menyelenggarakan seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023. Sistem CBT ini sudah teruji dan terpercaya dalam menyelenggarakan ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi,” kata Nizam.

Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG

Adapun kisi-kisi materi seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 meliputi:

  • Tes Potensi Akademik (TPA), yang terdiri dari tes verbal, tes kuantitatif, dan tes logika.
  • Tes Bahasa Inggris, yang terdiri dari tes pemahaman bacaan, tes kosakata, tes tata bahasa, dan tes penulisan.
  • Tes Kompetensi Bidang Studi (TKBS), yang terdiri dari tes pengetahuan umum bidang studi dan tes pengetahuan khusus bidang studi.

Baca artikel sebeumnya Biaya Les Bimbel Primagama dan Jenis Program Bimbingan.

Seleksi Akademik PPG

Para peserta seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 diharapkan dapat mempelajari kisi-kisi materi tersebut dengan baik dan menguasai konsep-konsep dasar yang berkaitan dengan bidang studinya. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan aspek teknis pelaksanaan seleksi, seperti:

  • Memastikan koneksi internet yang stabil dan lancar selama seleksi berlangsung.
  • Memeriksa perangkat komputer atau laptop yang digunakan untuk seleksi, termasuk webcam, mikrofon, speaker, dan keyboard.
  • Mengunduh aplikasi CBT LTMPT yang tersedia di laman https://cbt.ltmpt.ac.id/ dan menginstalnya di perangkat komputer atau laptop yang digunakan untuk seleksi.
  • Membawa kartu tanda peserta seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 yang dapat dicetak dari laman https://ppg.ristekdikti.go.id/.
  • Mengikuti petunjuk dan arahan panitia seleksi dengan baik dan benar.
Baca Juga:

Demikian informasi tentang jadwal dan lokasi seleksi akademik PPG dalam jabatan tahun 2023 beserta kisi-kisinya. Semoga bermanfaat dan sukses bagi para peserta seleksi.