Monday , June 17 2024
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Jok Motor Robek

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Jok Motor Robek, Jangan Panik, Ini Solusinya!

Cara Mengatasi Jok Motor Sobek. Jok motor robek (sobek) bisa mengganggu kenyamanan dan estetika berkendara. Simak cara memperbaiki jok motor yang robek dengan benar dan mudah sendiri. Untuk pasang jok motor sendiri sebenarnya bisa dilakukan dirumah yang penting peralatan sudah tersedia.

Jok motor adalah salah satu komponen yang penting untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Namun, jok motor juga rentan mengalami kerusakan seperti robek atau sobek akibat berbagai faktor. Apa saja penyebab jok motor robek dan bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Penyebab Jok Motor Robek

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan jok motor robek, antara lain:

  1. Terkena benda tajam seperti kunci, gunting, pisau, atau paku.
  2. Tersangkut benda seperti rantai, kawat, atau gesper sabuk.
  3. Rapuh karena usia pemakaian yang sudah lama atau terpapar sinar matahari secara terus-menerus.
  4. Dicakar oleh hewan peliharaan seperti kucing atau anjing.

Jok motor yang robek tentu sangat mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi jika harus menempuh jarak yang jauh. Selain itu, jok motor yang robek juga bisa merusak estetika tampilan motor. Belum lagi jika terjadi saat musim hujan, air bisa merembes ke dalam busa jok dan membuatnya basah dan bau.

Baca Informasi:

Cara Memperbaiki Jok Motor Robek

Jika jok motor sudah robek, ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yaitu mengganti atau memperbaiki jok motor tersebut. Pilihan ini tergantung dari kondisi jok motor itu sendiri. Jika robeknya sudah parah dan busanya juga rusak, sebaiknya mengganti sarung jok dengan yang baru. Namun, jika robeknya masih kecil dan busanya masih utuh, bisa mencoba memperbaiki jok motor dengan beberapa cara berikut:

1. Menambal dengan lakban hitam

Cara yang paling mudah dan praktis untuk menutupi bagian jok yang robek. Cukup potong lakban sesuai ukuran robekan, lalu tempelkan di atasnya. Pastikan menekan lakban agar menempel kuat. Lakukan hal ini secara rutin karena lakban bisa terkelupas seiring waktu. Kelemahan cara ini adalah air masih bisa masuk ke dalam busa saat hujan.

2. Menjahit dengan benang kuat

Cara yang lebih rapi dan tahan lama untuk memperbaiki jok motor yang robek. Gunakan benang kuat seperti benang nilon atau benang jahit kulit, lalu tusuk bagian tepi robekan dengan jarum. Jahit dengan pola silang atau zig-zag agar lebih kuat. Kelemahan cara ini adalah hasil jahitan bisa terlihat kurang rapi dan mengganggu penampilan.

3. Menambal dengan kulit sintetis

Cara yang paling bagus untuk memperbaiki jok motor yang robek. Beli kulit sintetis yang sesuai dengan warna dan tekstur sarung jok motor, lalu potong sesuai ukuran robekan. Tempelkan kulit sintetis di atas robekan dengan lem khusus kulit atau lem tembak. Pastikan menempel rata dan rapi agar tidak terlihat beda dengan bagian lainnya.

Baca Informasi: Biaya Press Velg Mobil Murah Terdekat

Tips Rawat Jok Motor Agar Tidak Mudah Robek

Agar jok motor tidak mudah robek atau rusak, ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Bersihkan jok motor secara rutin dengan lap basah atau kain microfiber. Jangan gunakan sabun atau deterjen yang bisa merusak kulit jok. Keringkan jok motor dengan baik sebelum digunakan.
  2. Lindungi jok motor dari sinar matahari langsung dengan menutupinya dengan sarung motor atau kain. Sinar matahari bisa membuat kulit jok menjadi kering dan rapuh.
  3. Hindari menaruh benda tajam atau berat di atas jok motor. Benda tajam bisa menyobek kulit jok, sedangkan benda berat bisa merusak busa jok.
  4. Jauhkan jok motor dari hewan peliharaan yang suka mencakar atau menggigit. Jika perlu, beri penghalang atau pengusir hewan di sekitar motor.

Baca Informasi:

Itulah cara memperbaiki jok motor yang robek dengan benar dan mudah. Jangan biarkan jok motor robek mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Rawatlah jok motor dengan baik agar awet dan tahan lama.