Monday , May 20 2024

4 Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam atau Putih

Bagi sebagian hp androip pasti pernah mengalami layar HP blank hitam atau putih atau ngehang. Kondisi tersebut biasanya layar HP tidak mengeluarkan gambar apapun seperti melihat layar. Perlu di ketahui, ternyata hal tersebut bukan diakibatkan karena kerusakan perangkat keras pada HP Anda.

Kondisi tersebut biasanya HP blank sementara dan hilang setelah didiamkan beberapa waktu. Jika HP anda normal maka bisa ditunggu beberapa saat maka akan kembali berjalan normal. Ketika kondisi HP sudah parah, keadaan blank ini bisa mengakibatkan frustasi kepada penggunanya. Faktor penyebab layar HP blank biasanya disebabkan banyaknya aplikasi terinstal dalam android Anda.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam atau Putih

Berikut adalah tips mengatasi ponsel atau HP blank hitam atau putih yang bisa dilakukan sebelum pergi ke teknisi HP yang kami kutip dari berbagai sumber.

1. Lepas Casing Pelindung HP

Cara mengatasi layar HP blank pertama cukup dengan melepas pelindung HP Anda. Ternyata dari beberapa faktor penyebab hp hank karena bentuk dan ukuran casing yang tidak sesuai dengan HP bisa mengakibatkan layar blank.

Sensor proximity yang tertutup oleh casing mengakibatkan layar HP menjadi mati saat menelpon, hal ini bertujuan agar penggunaan baterai bisa lebih hemat. Banyak yang belum mengetahuui jika casing menutupi sensor proximity, HP kalian akan menganggap kalian sedang menelpon sehingga layarnya akan mati.

2. Nyalakan Ulang/Restart HP

Cara mengatasi layar HP blank kedua yaitu mematikan ulang atau merestart HP. Hal ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi masalah ini. Berikut langkah-langkah cara merefresh sistem HP dengan mudah:

  1. Matikan ulang HP kalian dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian lepas baterai, kartu memori, dan kartu SIM.
  3. Diamkan beberapa menit (sekitar 1-2 menit) kemudian kalian pasang kembali semua yang telah dilepas.
  4. Nyalakan kembali HP kalian.

3. Menghapus Cache pada HP

Cara mengatasi layar HP blank hitam atau putih selanjutnya karena cache HP yang tidak pernah dibersihkan. Hal ini mengakibatkan data yang akan kita simpan. Cache adalah data sementara yang ada pada memori internal HP untuk membantu mempercepat proses transfer data.

Untuk menghapus cache menurut beberapa ahli tekni minimal seminggu sekali. Inilah cara untuk menghapus cache yang bisa Anda lakukan pada ponsel kesayanganmu:

  1. Masuk ke pengaturan pada HP kalian.
  2. Pilih menu aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang kira-kira banyak mengeluarkan cache seperti chrome, instagram, dan lain sebagainya.
  4. Kemudian kalian pilih bersihkan cache.

Baca Juga: Penyebab Layar HP Blank Putih 

Cara diatas dilakukan ketika layar HP kalian dalam kondisi normal. Lalu jika layar HP blank lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Kalian tekan tombol power + volume up atau down.
  2. Tunggu sebentar hingga masuk ke recovery.
  3. Kemudian cari menu wipe, lalu pilih wipe cache partition.
  4. Biarkan beberapa saat hingga partisi cache sistem selesai terhapus.
  5. Kemudian pilih reboot untuk kembali ke perangkat normal.

4. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara mengatasi layar HP blank selanjutnya yaitu lakukan reset ke pengaturan pabrik. Dengan reset ke pengaturan pabrik, HP kalian akan kembali ke setelan awal seperti kondisi pertama kali kalian membeli HP tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah mode pengaturan pabrik ketika layar blank :

  1. Masuk ke mode recovery yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  2. Pilih factory reset / wipe data.
  3. Lalu pilih yes – delete all user data.

Demikianlah tips mengatasi layar HP blank hitam atau putih yang bisa kami bagikan untuk Anda pengguna HP Android, semoga bermanfaat.