Wednesday , February 28 2024
Harga Rambutan per Kg Terbaru, Jenis dan Manfaatnya

Harga Rambutan per Kg Terbaru Maret 2024, Jenis dan Manfaatnya

Harga Rambutan per 1 Kg hari ini di Pasar Indonesia. Rambutan adalah salah satu jenis buah tropis yang populer di Indonesia. Rambutan terkenal karena memiliki kulit yang berbulu dan daging buah yang melekat erat pada bijinya. Rambutan memiliki rasa yang manis dan segar, dan sering dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai bagian dari masakan.

Rambutan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim tropis, dan biasanya tersedia di pasar pada musim panen. Harga rambutan di pasar bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas, ukuran, dan lokasi pasar.

Untuk harga rambutan 1 kg di Aceh dan Binjai memang banyak yang mencari, sebab ada perbedaan rasa dan cirinya. Untuk rambutan Aceh mempunyai ciri kulit luar halus berwarna merah kuning, rasanya segar manis asam dan mengandung air yang cukup banyak. Untuk jenis rambutan Binjai dikenal dengan warna kulit merah darah , rambut buah agak kasar mempunyai rasa asam sedikit.

Daerah penghasil rambutan terutama ada di wilayah tropis, terutama di negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina. Rambutan juga dapat tumbuh di beberapa wilayah lain di dunia yang memiliki iklim tropis, seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Karibia.

Di Indonesia, rambutan tumbuh dengan baik di beberapa provinsi, seperti Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Sumatra Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Harga rambutan 1 ikat dari pertanian akan lebih murah, untuk itu banyak di budidayakan di daerah di Indonesia, seperti Jambi, Bangka Belitung, dan Sumatra Barat.

Baca Juga:

Jenis Rambutan

Harga Rambutan Per Ikat

Ada beberapa jenis rambutan yang terkenal, antara lain:

  • Rambutan Putih: Rambutan jenis ini memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Daging buahnya berwarna putih atau kekuningan. Rambutan putih umumnya tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara.
  • Rambutan Merah: Rambutan jenis ini memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Daging buahnya berwarna merah. Rambutan merah umumnya tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara.
  • Rambutan Kuning: Rambutan jenis ini memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Daging buahnya berwarna kuning. Rambutan kuning umumnya tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara.
  • Rambutan Hijau: Rambutan jenis ini memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Daging buahnya berwarna hijau. Rambutan hijau umumnya tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara.
  • Rambutan Hitam: Rambutan jenis ini memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Daging buahnya berwarna hitam. Rambutan hitam umumnya tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara.

Perbedaan Rambutan dan AC

Rambutan dan AC adalah dua jenis buah yang memiliki beberapa kemiripan, namun juga memiliki beberapa perbedaan. Kedua buah ini memiliki kulit yang melekat erat pada bagian daging buah, namun kulit rambutan lebih tipis daripada kulit AC.

Rambutan memiliki daging buah yang lebih lembut dan gurih, sementara AC memiliki daging buah yang lebih kering dan tidak begitu gurih.

Baca Juga:

Rambutan biasanya memiliki warna kulit yang merah atau oranye, sementara AC memiliki kulit yang hijau atau cokelat. Selain itu, rambutan biasanya tumbuh di daerah tropis, sementara AC tumbuh di daerah yang lebih dingi

Manfaat Rambutan dan Kandungan

Rambutan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Mengandung Vitamin C

Rambutan mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam proses penyembuhan luka.

Kaya akan Serat

Rambutan mengandung serat yang tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah, serta membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Mengandung Kalium

Rambutan mengandung kalium yang tinggi, yang membantu menjaga tekanan darah normal dan mencegah terjadinya stroke.

Mengandung Zat Besi

Rambutan mengandung zat besi yang tinggi, yang membantu mencegah anemia.

Kaya akan Senyawa Flavonoid

Rambutan mengandung senyawa flavonoid yang tinggi, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antijamur.

Mengandung Magnesium

Rambutan mengandung magnesium yang tinggi, yang membantu menjaga kesehatan tulang, jantung, dan otak.

Mengandung Fosfor

Rambutan mengandung fosfor yang tinggi, yang membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi.

Mengandung Zat Besi

Rambutan mengandung zat besi yang tinggi, yang membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.

Baca Juga:

Mengandung Vitamin A

Rambutan mengandung vitamin A yang tinggi, yang membantu menjaga kesehatan mata.

Mengandung vitamin B: Rambutan mengandung vitamin B yang tinggi, yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

Harga Rambutan per Kilo

Harga Rambutan per Kg Terbaru

Harga rambutan per kilo di pasar tahun 2023 bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi pasar, kualitas dan kuantitas rambutan, serta musim. Biasanya, harga rambutan di pasar dijual per ikat dan per kilo antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per kilo. Berikut adalah list harga terbaru rambutan dikutip dari marketplace Tokopedia.

  • Harga Buah Rambutan Binjai : Rp80.000
  • Harga buah rambutan segar 1kg murah meriah : Rp17.500
  • Harga Buah Rambutan Segar 1 Ikat : Rp13.000
  • Harga Buah Matoa Papua 3Rasa Duren+Rambutan+Klengkeng Harga Grosir 500gr : Rp23.950
  • Harga Buah Rambutan Rapiah Manis Segar Fresh Enak Lembut Biji Lepas 250gr : Rp13.490
  • Harga buah rambutan rapiah 1 ikat fresh ( manis dan ngelotok ) : Rp85.000
  • Harga buah rambutan rapih ropiah garing manis ngelotok : Rp38.000
  • Harga Buah Matoa Papua 3Rasa Duren+Rambutan+Klengkeng Harga Grosir 250gr : Rp11.990
  • Harga Buah Rambutan Lokal / Rambutan Binjai / Rambutan Manis / Per Ikat : Rp38.800
  • Harga Buah Matoa dari Papua 3rasa Duren-Klengkeng-Rambutan Murah Fresh 250gr : Rp11.950

Baca Juga:

Demikianlah ulasan kali ini mengenai daftar harga buah rambutan dan matoa per kg dan per ikat, selamat beli buah rambutan.