Wednesday , June 12 2024
Batas Minimal Token Listrik Mati Tips dan Trik Mengatur Sisa Daya dan Isi Ulang Token

Batas Minimal Token Listrik Mati: Tips dan Trik Mengatur Sisa Daya dan Isi Ulang Token

Anda pernah mengalami listrik mati tiba-tiba karena token habis? Atau bingung mengapa meteran listrik menunjukkan angka yang berbeda dengan sisa pulsa yang Anda beli? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui tentang batas minimal token listrik mati.

Batas minimal token listrik mati adalah jumlah sisa daya yang ditentukan oleh PLN sebagai batas terendah sebelum listrik diputus. Jika sisa daya di meteran listrik mencapai batas minimal ini, maka listrik akan mati secara otomatis. Batas minimal ini berbeda-beda untuk setiap pelanggan, tergantung pada jenis tarif dan daya yang digunakan.

Cara Mengetahui Batas Minimal Token Listrik Mati

Untuk mengetahui batas minimal token listrik mati, Anda bisa melihatnya di layar meteran listrik. Caranya adalah dengan menekan tombol biru di meteran listrik sampai muncul kode 030. Kode 030 menunjukkan jumlah sisa daya dalam satuan kWh. Angka yang muncul setelah kode 030 adalah batas minimal token listrik mati Anda.

Misalnya, jika layar meteran listrik menunjukkan 030 005.0, maka artinya batas minimal token listrik mati Anda adalah 5 kWh. Jika sisa daya di meteran listrik turun di bawah 5 kWh, maka listrik akan mati.

Cara Mengubah Batas Minimal Token Listrik Mati

Apakah Anda bisa mengubah batas minimal token listrik mati? Jawabannya adalah bisa, tetapi tidak disarankan. Mengubah batas minimal token listrik mati berarti mengubah pengaturan standar yang telah ditetapkan oleh PLN. Hal ini bisa berdampak pada kinerja meteran listrik dan keamanan listrik Anda.

Jika Anda tetap ingin mengubah batas minimal token listrik mati, Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut:

  1. Tekan tombol biru di meteran listrik sampai muncul kode 016.
  2. Masukkan kode rahasia yang terdiri dari 12 digit. Kode rahasia ini bisa Anda dapatkan dari petugas PLN atau dari internet.
  3. Tekan tombol biru lagi sampai muncul kode 030.
  4. Masukkan angka yang Anda inginkan sebagai batas minimal token listrik mati. Misalnya, jika Anda ingin mengubah batas minimal menjadi 10 kWh, maka masukkan angka 010.0.
  5. Tekan tombol biru lagi untuk menyimpan pengaturan.

Setelah Anda mengubah batas minimal token listrik mati, Anda harus memastikan bahwa sisa daya di meteran listrik selalu di atas batas minimal tersebut. Jika tidak, maka listrik akan mati dan Anda harus mengisi ulang token.

Cara Isi Ulang Token Listrik

Cara isi ulang token listrik adalah sebagai berikut:

  1. Beli token listrik sesuai dengan jenis tarif dan daya yang Anda gunakan. Anda bisa membeli token listrik di loket pembayaran PLN, minimarket, ATM, internet banking, atau aplikasi mobile.
  2. Catat nomor token listrik yang terdiri dari 20 digit.
  3. Tekan tombol biru di meteran listrik sampai muncul kode 000.
  4. Masukkan nomor token listrik yang Anda beli.
  5. Tekan tombol biru lagi untuk mengonfirmasi.
  6. Tunggu sampai layar meteran listrik menunjukkan angka 8888. Ini berarti token listrik berhasil dimasukkan.
  7. Cek sisa daya di meteran listrik dengan menekan tombol biru sampai muncul kode 030.

Demikian artikel tentang batas minimal token listrik mati, cara mengubah batas minimal sisa daya di meteran listrik, dan cara isi ulang token. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.