Friday , June 21 2024

4 Cara Agar Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Bagi kamu yang rutin berkendara setiap hari tahukan kamu cara agar motor matik maupun sepeda motor bebek irit bahan bakar. Kelebihan mempunyai sepeda motor irit bahan bakar adalah mampu menekan biaya pengeluaran dan kita tidak perlu repot sering-sering isi BBM ke SPBU maupun pertamini.

Walaupun kendaraan modern saat ini terbilang irit namun rasanya masih belum puas. Artikel yang membahas mengenai cara mudah agar motor irit BBM ini sangat banyak dicari. Mungkin beragam faktor yang dapat mempengaruhi sedikit maupun banyak konsumsi bahan bakar pada motor anda adalah jenis teknologi maupun pola berkendara Anda.

Cara Agar Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Inilah empat langkah sederhana agar sepeda motor irit bahan bakar yang kami kutip dari berbagai sumber yang bisa Anda praktekan dirumah.

Kondisi Sepeda Motor

Tips pertama supaya motor irit bahan bakar yaitu perhatikan kondisi sepeda motor yang anda punya dalam keadaan prima. Faktor penting supaya motor bebek maupun matik irit adalah kondisi mesinnya. Cek secara rutin konponen-komponen penting pada motor kesayangan anda sebelum berkendara maupun bekerja.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya cek kondisi tekanan angin ban sesuai dengan takaran, jika memang ban kekurangan angin menyebabkan tarikan sepeda motor berat dan lamban sehingga membuar konsumsi BBM lebih boros. Lakukan penggantian oli dan pembersihan filter udara secara berkala untuk menjaga tensi tarikan mesin motor terjaga prima.

Pola Berkendara

Tips agar motor irit yang kedua adalah cara berkendara yang tepat. Supaya motor irit bahan bakar ternyata cukup simple yaitu memperhatikan pola berkendara. Salah satu penyebab motor cepat mengeluarkan BBM adalah seringnya para pengendara memutar gas dengan pola agresif.

Sebab konsumsi bahan bakar yang boros bisa disebabkan seringnya memutar dan menutup gas secara tidak teratur. Berkendaralah secara mormal dan lembur seperti memutar handle gas secara perlahan-lahan sesuai kebutuhan. Lakukan pengereman dengan stabil alias tidak mengerem secara mendadak kecuali dalam keadaan mendesak saja.

Memanfaatkan Fitur

Motor tahun 2000 keatas jaman sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Tipe motor tertentu telah dibekali dengan fitur-fitur canggih yang memang diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. Salah satu contoh fitur Stop & Start System pada motor Yamaha yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis jika sepeda motor berhenti dalam waktu lama. Dengan begitu, tidak ada bahan bakar yang terbuang percuma, sehingga dapat mengurangi konsumsi bensin.

Membawa Barang

Tips agar motor irit bahan bakar selanjutnya yaitu jangan membawa barang atau muatan melebihi kapasitas sepeda motor anda. Motor didesain dengan kapasitas bawaan yang telah disesuaikan dengan kamampuan masing-masing.

Baca Juga: Tips Memilih Busi yang Berkualitas

Membawa barang bawaan diluar kapasitas dapat membahayakan si pengendara karena keadaan laju sepeda motor tidak stabil. Dengan beban kerja yang semakin berat akan membuat energi yang dikeluarkan semakin banyak, akibatnya bahan bakar yang dikeluarkan juga semakin banyak.