Saturday , June 15 2024
Harga Kemiri Per KG Terbaru

Harga Kemiri Per KG Terbaru Juni 2024, Ciri dan Manfaatnya

Harga Kemiri Per KG Terbaru Juni 2024, Ciri dan Manfaatnya. Kemiri adalah pohon yang berasal dari wilayah tropis di Indonesia, dan biasanya tumbuh di daerah yang memiliki iklim lembab. Kemiri merupakan pohon yang memiliki tinggi yang bervariasi, mulai dari pohon kecil hingga pohon yang tinggi.

Kemiri memiliki ciri daun yang hijau dan tebal, serta buah yang berwarna merah muda atau coklat kehitaman. Kemiri memiliki aroma yang khas dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan minyak goreng, sabun, dan parfum.

Kandungan dalam kemiri biasanya terdapat utrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Namun, perlu diingat bahwa kemiri juga mengandung kandungan lemak trans yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Kegunaan Kemiri

Kemiri merupakan salah satu komoditas yang penting bagi keberlangsungan industri kemasan, parfum, dan obat-obatan di Indonesia. Kemiri merupakan salah satu bahan baku pembuatan minyak goreng yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kemiri juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, kosmetik, dan parfum. Selain itu, kemiri juga merupakan salah satu bahan pangan yang digunakan dalam masakan tradisional di Indonesia, seperti sambal kemiri dan nasi uduk. Kemiri juga diperdagangkan di pasar-pasar tradisional maupun di pasar modern, dan juga merupakan salah satu bahan pangan yang diekspor ke negara-negara lain.

Baca Juga: Harga Kembang Kol Per 1 Kilo di Pasaran dan Manfaatnya

Manfaat dan Kandungan Kemiri

Berikut ini adalah kandungan dan manfaat kemiri per 100 gram:

  • Energi: 573 kkal
  • Protein: 15,6 gram
  • Lemak: 60,7 gram
  • Karbohidrat: 15,6 gram
  • Serat: 13,3 gram
  • Vitamin E: 4,2 mg
  • Vitamin K: 41,7 µg
  • Kalsium: 89 mg
  • Fosfor: 366 mg
  • Zat besi: 3,3 mg

Selain itu, kemiri juga mengandung beberapa jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Kemiri juga mengandung mineral seperti magnesium, seng, dan kalium. Kemiri mengandung tinggi lemak, terutama lemak jenuh, sehingga perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya agar tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun, kemiri juga mengandung zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti tokoferol dan karotenoid, yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Manfaat Kemiri

Berikut ini adalah beberapa manfaat kemiri:

Sumber Lemak Baik

Kemiri merupakan sumber lemak yang baik, dan mengandung tinggi asam lemak tak jenuh yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam lemak tak jenuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Sumber Protein

Kemiri mengandung tinggi protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein juga dapat membantu menjaga kesehatan otot dan tulang.

Baca Juga:

Vitamin dan Mineral

Kemiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, dan zat besi. Vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber Antioksidan

Kemiri mengandung zat antioksidan seperti tokoferol dan karotenoid, yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Cara Budidaya Kemiri

Berikut ini adalah beberapa langkah dasar dalam budidaya kemiri:

1. Persiapkan lahan yang sesuai

Lahan yang cocok untuk budidaya kemiri adalah lahan yang memiliki ketinggian antara 500-900 meter dpl, dengan iklim sedang hingga tropis lembab. Lahan yang terlalu kering atau terlalu lembab tidak cocok untuk budidaya kemiri.

2. Pilih bibit yang tepat

Bibit kemiri biasanya dijual di toko benih atau dijual oleh petani yang sudah memiliki pohon kemiri. Bibit kemiri harus memiliki umur yang masih muda, sekitar 3-4 bulan, dan harus memiliki tinggi sekitar 20-30 cm.

3. Persiapkan media tanam

Media tanam yang cocok untuk budidaya kemiri adalah tanah yang subur dan lembab, serta tingkat pH yang netral atau sedikit asam. Anda bisa mencampurkan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Baca Juga:

4. Tanam bibit kemiri

Bibit kemiri harus ditanam pada jarak tanam yang cukup besar, sekitar 3-4 meter, agar pohon kemiri nanti tidak saling bersinggungan. Bibit kemiri harus ditanam dengan cara menggali lubang tanam yang cukup besar, sekitar 30 cm x 30 cm, kemudian masukkan bibit kemiri ke dalam lubang tersebut.

5. Perawatan

Setelah bibit kemiri ditanam, perlu dilakukan perawatan secara teratur, seperti penyiraman, pemupukan, dan penyiangan. Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia, sesuai dengan kebutuhan pohon kemiri.

Penyiraman harus dilakukan secara teratur, terutama saat musim kemarau, agar pohon kemiri tidak kekurangan air. Penyiangan harus dilakukan secara teratur untuk menghilangkan gulma atau tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan pohon kemiri.

6. Panen

Tanaman kemiri ditanam dalam bentuk tanaman reboisasi yang banyak di daerah Jawa. Buah kemiri paling sering digunakan untuk bumbu masak di daput dan hasil minyaknya juga digunakan untuk kebutuhan lainny.

Tanaman kemiri sebaiknya dibudidayakan pada ketinggian 0 – 800 meter dpl pada curah hujan 1 500 – 2 400 mm per tahun. Tanaman ini juga bisa di kembang biakkan dengan cara generatif dan avegetatif. Tanaman kemiri bisa muncul hasilnya dengan baik saat umur 3 – 4 tahun. Itupun ketika benih dari biji (generatif). Sedangkan dengan cara vegetatif lebih cepat pada umumr 2 tahun siap dipanen.

Lihat Juga:

Harga Kemiri Per Kg

Harga Kemiri Per 1 KG

Harga kemiri per kg bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti musim, kualitas, dan daerah asal. Harga kemiri juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebijakan pemerintah, permintaan pasar, dan faktor-faktor lainnya.

  • Kemiri / Biji Kemiri / Kemiri Kwalitas Premium : Rp8.000
  • FARMINDO SUPERMARKET Biji Kemiri [100 g/ Pack] :Rp. 6.000
  • biji kemiri bulat :Rp. 67.000
  • biji kemiri bulat :Rp. 62.000
  • biji kemiri bulat :Rp. 64.000
  • biji kemiri bulat :Rp. 7.350
  • Biji Kemiri Pecah 1 kg :Rp. 49.500
  • BIJI KEMIRI PREMIUM BUMBU MASAK :Rp. 6.550 – Rp25.000
  • Biji Kemiri Batok 1 kg :Rp. 86.000
  • Kemiri Biji 100G :Rp. 4.500

Harga Kemiri 1 Kg Murah Terbaru

Di pasar-pasar tradisional di Indonesia, harga kemiri per kg tahun 2022 bisa berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 90.000, tergantung pada faktor-faktor tersebut. Sedangkan di pasar modern, harga kemiri per kg bisa lebih tinggi, bisa mencapai Rp 100.000 atau lebih per kilogramnya.

Pertanyaan

Berapa hasil 1 kg kemiri yang bisa dihasilkan?

Untuk hasil minyak kemiri yang baik akan menghasilkan sekitar 15%. Jadi, dari 1 kg biji kemiri Anda bisa memperoleh 0,15 kg minyak dan 0,85 kg bungkil.

Di mana daerah penghasil kemiri?

Indonesia adalah daerah penghasil kemiri terbaik. Daerah yang mampu memberikan hasil panen kemiri terbaik adalah Nangroe Aceh Darusalam, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung.

Kemudian daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Lombok, Nusa Tenggara Timu, Sulawesi Selatan, Sulawesi

Ekspor Kemiri Indonesia kemana?

Pada tahun 2022, salah satu owner dan petani kemiri mampu eksport kemiri sebanyak 3000 Kg Komoditas Kemiri asal Kabupaten Pinrang ke Hongkong.

Baca Juga:

Harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan pasar. Jadi, sebaiknya Anda mengecek harga terkini di pasar yang Anda inginkan sebelum membeli kemiri.