Wednesday , July 24 2024
Cara Meredakan Nyeri Haid Alami Tanpa Obat

Ketahui 6 Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

Cara meredakan nyeri haid pada perut banyak dicari oleh sejumlah wanita yang mengalami nyeri ketika sedang datang bulan. Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid ringan hingga gejala yang parah, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagi yang belum mengetahui, haid atau menstruasi adalah proses terjadinya perdarahan pada uterus, kemudian mengalir dari rahim lalu keluar melalui vagina. Kondisi ini normal terjadi setiap bulan pada tubuh wanita.

Menstruasi sendiri biasanya pertama kali dialami oleh anak perempuan pada usia 10 sampai 15 tahun. Pasalnya, haid merupakan sebagai tanda bawah seorang wanita telah memasuki masa remaja atau sering juga dikenal dengan pubertas.

Sudah menjadi hal yang wajar jika menjelah menstruasi, seorang perempuan mengalami beberapa gejala, seperti sakit kepala, nyeri atau kram perut ringan. Bahkan ada juga yang mengalami keluhan psikologis, seperti gelisah, merasa cemas, mood berubah, hingga menjadi mudah emosi.

Nah, gejala-gejala tersebut sering dikenal dengan PMS (premenstrual syndrome). Sedangkan di dalam dunia medis, gejala yang muncul mendekati datang bulan, seperti nyeri haid ini disebut dengan istilah dismenore.

Cara Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami

Penyebab nyeri haid bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kontraksi otot pada rahim hingga zat prostaglandin dalam tubuh yang meningkat.

Biasanya Anda akan merasakan nyeri yang lebih berat apabila Anda sedang menderita penyakit tertentu, seperti fibroid, endometriosis, dan radang panggul.

Nyeri haid memang menjadi hal yang sudah wajar, biasanya akan terjadi dalam beberapa hari dan akan menghilang dengan sendirinya.

Kendati demikian, banyak yang merasa terganggu dengan gejala tersebut. Sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya Anda mencoba beberapa tips menghilangkan nyeri haid berikut ini.

1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Air Hangat

Cara meredakan nyeri haid yang pertama adalah mengompres perut dengan menggunakan botol berisi air hangat. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menempelkan botol air hangat yang dibalut waslap setiap kali perut Anda terasa nyeri.

Suhu panas air dalam botol tersebut dipercaya dapat membantu melemaskan otot rahim yang tegang. Cara ini terbilang cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping apa pun.

2. Berendam di Air Hangat

Selain mengompres dengan botol berisi air hangat, Anda juga bisa mencoba meredakan nyeri haid dengan berendam atau mandi air hangat saat haid.

Tidak hanya mengurangi nyeri, mandi dengan air hangat juga bisa membantu tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Bahkan juga dapat membantu mengendurkan otot-otot di kaki, punggung, dan perut.

3. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab terjadi nyeri atau kram otot termasuk di perut adalah karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat dilakukan dengan minum air putih. Dengan begitu kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dan kram perut saat haid bisa hiang.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Cara menghilanglan nyeri haid pada perut yang selanjutnya adalah dengan rutin berolahrga, tidak usah olahraga yang berat-berat, melainkan cukup dengan olahrga ringan saja. Hal ini lebih positif daripada Anda bermalas-malasan di tempat tidur ketika sedang haid.

Dengan berolahraga, maka peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Anda bisa melakukan olahraga ringan yang aman dilakukan saat haid, seperti senam aerobik atau jogging ringan. Lakukan olahraga secara teratur, baik itu sebelum dan selama haid.

5. Pijat Lembut Perut Anda

Cara meredakan nyeri haid yang berikutnya adalah melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri. Lakukan pijatan tersebut paling tidak selama lima menitan.

Ketika memijat, Anda bisa mengombanasikan dengan pemberian kompres hangat. Anda bisa memanfaatkan campuran minyak jojoba atau minyak kelapa dengan minyak esensial, seperti, cengkeh, kayu manis, dan lavender.

Penggunaan minyak tersebut untuk diklaim dapat membantu meredakan nyeri haid. Hal ini dikarenakan campuran minyak tersebut memiliki kandungan sifat antiradang dan antinyeri alami.

6. Menghindari Makanan & Minuman Tertentu

Cara alami menghilangkan nyeri haid yang terakhir adalah menghindari makanan dan minuman tertentu, seperti makanan tinggi garam, makanan bergula, makanan berlemak, serta minuman beralkohol, dan minuman soda.

Kenapa harus dihindari? Hal ini dikarenakan gula, lemak, garam, dan alkohol dapat meyebabkan penumpukan air dalam tubuh dan membuat perut Anda kembung. Tentu saja ini dapat membuat nyeri haid menjadi lebih parah.

Selain alkohol, Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, soda, cokelat, dan teh. Pasalnya, kandungan kafein pada minuman tersebut dapat memperparah nyeri otot dan kram perut.

Demikianlah info seputar tips mengatasi nyeri haid secara alami. Apabila beberapa cara diatas tidak dapat menghilangkan nyeri haid pada perut Anda, maka barulah Anda bisa minum obat pereda nyeri.

Namun sebelum minum obat pereda nyeri, alangkah baiknya jika Anda melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter agar bisa mengetahui dosis yang tepat untuk Anda.