Wednesday , February 21 2024

Tips Memilih Sepatu yang Tepat, Nyaman dan Sehat di Kaki

Sebagian besar orang memilih sepatu hanya mementingkan modis dan terlihat cantik saja. Perlu Anda ketahui hal ini tentunya tidak disarankan, karena bisa saja akan mengorbankan kesehatan dan bentuk kaki Anda. Maka dari itu berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan kala memilih sepatu yang tepat, nyaman dan tentunya sehat untuk kaki Anda semua.

Namun sebelum Anda mengetahui tetang tata cara atau tips yang pas dalam memilih sepatu, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dulu bagaimana sepatu dapat memengaruhi kesehatan bagi kaki kita. Sepatu dengan bentuk dan ukuran yang tidak sesuai pada kaki Anda dapat memberikan tekanan pada sendi dan gesekan pada kulit kaki. Lihat juga tips memilih sepatu santai pria yang telah kami hadirkan sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sering melakukan gerakan ringan sampai ekstrim. Mulai dari aktifitas sehari-hari hingga kegitan berjalan sampai berlari. Oleh sebab itu, memilih sepatu yang nyaman menjadi hal yang harus diprioritaskan.

Tips Memilih Sepatu

Memilih sepatu yang tepat tentunya akan menghindarkan Anda dari cedera. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan jika sedang mencari sepatu yang pas dan sehat untuk kaki.

1. Ukuran Sepatu

Hal pertama yang wajib Anda ketahui ialah ukuran sepatu harus mengikuti jari kaki yang memiliki diameter lebih panjang. Sangat disarankan untuk menghindari ukuran sepatu yang ngepas di kaki. Lebih baik Anda memilih sepatu dengan ukuran berdasarkan jari kaki yang diameternya paling panjang. Pada dasarnya ukuran sepatu yang proposional mengikuti bentauk kaki dan jari terpanjang sehingga jari kaki Anda tidak mungkin akan kepentok apalagi terlipat.

2. Jenis Sepatu

Sebelum memilih sepatu pastinya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis sepatu yang sedang Anda butuhkan. Seperti yang kita ketahui bahwa sepatu itu sendiri memiliki begitu banyak jenis dan karakterisik nya. Seperti contohnya sepatu sport atau fashion, sepatu ini tentu memiliki fitur-fitur yang berbeda. Jika untuk olahraga sangat tidak pas jika memakai sepatu jenis fashion, sebaliknya jika untuk kebutuhan fashion sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu jenis sport.

Nah sedangkan untuk tips memilih sepatu jenis sport makan pillihlah sepatu yang memiliki karakter ringan dan anti slip. sedangkan untuk sepatu fashion Anda bisa memilih sesuka hati, namun tetap diperhatikan bentuk kaki dan diameter jari kaki Anda.

3. Waktu yang Tepat

Pasti banyak yang bertanya kenapa membeli sepatu harus memilih waktu yang tepat dan pas. Sebaiknya jika Anda ingin membeli sepatu pilihlah waktu yang tepat, Anda sangat direkomendasikan membeli sepatu pada waktu yang tepat ialah pada saat sore hari ataupun malam hari. Kenapa seperti itu, karena alasanya pada saat sore maupun malam hari kaki Anda akan menjadi sedikit membesar dibandingkan pada saat pagi dan siang hari.

4. Bentuk Dasar Sepatu

Tips selanjutnya yang wajib Anda perhatikan ialah mencermati bentuk dasar sepatu yang hendak di pinang. Perhatikan apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik atau tidak. Menurut ahli memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membuat Anda dalam posisi yang nyaman. Dalam hal ini dapat menghindari kecenderungan terjadinya nyeri lutut, nyeri pinggang, dan nyeri punggung.

5. Pakai Kaos Kaki

TIps ini juga sangat disarankan pada saat memilih sepatu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sepatu Anda tidak terlalu pas atau bahkan sempit saat menggunakan kaos kaki, terutama saat berjalan atau berlari. Bawalah kaos kaki yang selalu Anda gunakan dan cobalah dengan sepatu yang Anda ingin beli.

Lihat Juga: Daftar Harga Tas Dior Asli Semua Jenis Terbaru

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai tips memilih sepatu yang tepat, aman, nyaman dan tentunya memperhatikan kesehatan kaki Anda. Jangan sampai memilih sepatu yang akan mengakibatkan kesehatan Anda terganggu.