Saturday , June 15 2024
Harga Jamur Tiram Per Kg Terbaru, Ciri, Manfaat, Resep Olahan dan Cara Budidaya

Harga Jamur Tiram Per Kg Terbaru Juni 2024, Ciri, Manfaat, Resep Olahan dan Cara Budidaya

Info terbaru harga jamur tiram per 1 kilogram (kg) di pasar dan ciri, manfaat, resep olahan serta cara budidaya. Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang sering digunakan sebagai bahan masakan di berbagai negara. Jamur tiram biasa disebut juga dengan nama jamur kepiting atau jamur keju. Jamur tiram memiliki bentuk yang besar dan berwarna putih atau krem, dengan daging yang lembut dan sedikit bertekstur.

Jamur tiram memiliki rasa yang lezat dan umumnya digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, sauté, atau makanan panggang. Selain itu, jamur tiram juga kaya akan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin. Jamur tiram juga merupakan sumber asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan.

Untuk memastikan harga jamur tiram 1 kilogram (kg) terbaru, Anda bisa mengecek di pasar atau toko-toko yang menjual jamur tiram. Anda juga bisa mengecek harga jamur tiram melalui situs-situs belanja online atau melalui aplikasi penjualan online. Namun perlu diingat, harga yang tercantum di situs atau aplikasi tersebut mungkin tidak selalu sesuai dengan harga pasar yang sebenarnya.

Ciri Jamur Tiram

Berikut ini adalah ciri-ciri jamur tiram yang dapat Anda ketahui:

1. Bentuk

Jamur tiram memiliki bentuk yang besar dan bulat, dengan ukuran yang bervariasi antara 4-10 cm. Daging jamur tiram berwarna putih atau krem dan teksturnya lembut.

2. Tumbuh di Tempat yang Lembab

Jamur tiram tumbuh di tempat yang lembab, seperti di dasar pohon, di tanah yang basah, atau di antara rumput yang basah.

3. Berdaging Putih atau Krem

Daging jamur tiram berwarna putih atau krem, dengan tekstur yang lembut dan sedikit bertekstur.

4. Aroma yang Khas

Jamur tiram memiliki aroma yang khas, yaitu aroma yang sedikit menyengat dan menyegarkan.

Baca Juga:

5. Memiliki Daun yang Kecil

Jamur tiram memiliki daun yang kecil dan terletak di bagian bawah tubuhnya. Daun jamur tiram berwarna putih atau keabu-abuan, dengan tekstur yang kasar.

Manfaat Jamur Tiram dan Kandungan

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat jamur tiram dan kandungannya:

1. Kandungan Protein

Jamur tiram memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 3-4 gram per 100 gram jamur tiram. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membantu pertumbuhan otot.

2. Kandungan Serat

Jamur tiram juga mengandung serat yang cukup tinggi, sekitar 1-2 gram per 100 gram jamur tiram. Serat merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan pencernaan dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Kandungan Vitamin B6

Jamur tiram mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi, sekitar 0,3-0,4 mg per 100 gram jamur tiram. Vitamin B6 merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengatur metabolisme protein dan karbohidrat, serta menjaga kesehatan sistem imun.

4. Kandungan Vitamin B12

Jamur tiram juga mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi, sekitar 0,4-0,7 mg per 100 gram jamur tiram. Vitamin B12 merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Baca Juga:

5. Kandungan Asam Folat

Jamur tiram mengandung asam folat yang cukup tinggi, sekitar 100-200 mcg per 100 gram jamur tiram. Asam folat merupakan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan sel dan juga dapat membantu mencegah anemia.

Usaha Budidaya Jamur Tiram

Usaha Budidaya Jamur Tiram

Usaha budidaya jamur tiram merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan, karena permintaan akan jamur tiram yang tinggi, terutama di pasar luar negeri. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai usaha budidaya jamur tiram:

1. Persiapkan Bahan Baku

Bahan baku yang dibutuhkan untuk budidaya jamur tiram adalah benih jamur tiram, bahan media tanam, seperti sekam padi atau arang sekam, dan bahan pakan, seperti kompos atau pupuk kandang.

2. Persiapkan Tempat Budidaya

Tempat budidaya jamur tiram harus memenuhi persyaratan seperti cukup cahaya, udara yang segar, serta suhu dan kelembapan yang sesuai. Anda bisa memanfaatkan ruangan tertutup, seperti rumah kaca atau gudang, atau menggunakan tempat budidaya jamur tiram yang sudah tersedia di pasaran.

3. Persiapkan Media Tanam

Bahan media tanam yang dipakai untuk budidaya jamur tiram biasanya adalah sekam padi atau arang sekam yang telah dicuci dan dikeringkan. Kemudian, bahan media tanam tersebut dapat dicampur dengan bahan pakan, seperti kompos atau pupuk kandang, sesuai dengan kebutuhan jamur tiram.

4. Tanam Benih Jamur Tiram

Setelah media tanam siap, Anda dapat menanam benih jamur tiram di atas media tanam tersebut. Caranya adalah dengan menebarkan benih jamur tiram secara merata di atas media tanam, kemudian ditutup dengan media tanam yang sama.

Baca Juga:

5. Perlakuan Setelah Tanam

Setelah menanam benih jamur tiram, Anda perlu memberikan perawatan yang sesuai, seperti menyiram media tanam secara teratur, menjaga kelembapan dan suhu media tanam, serta memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan jamur tiram.

6. Panen

Setelah beberapa saat, jamur tiram akan tumbuh dan siap dipanen. Anda bisa memanen jamur tiram dengan mengambil daging jamur tiram yang masih segar dan terlihat sehat. Kemudian, jamur tiram tersebut bisa langsung dijual atau diolah menjadi makanan olahan.

Resep Jamur Tiram

Resep Jamur Tiram

Berikut ini adalah beberapa resep jamur tiram yang bisa Anda coba:

Jamur Tiram Goreng

Bahan: 200 gram jamur tiram, 100 gram tepung terigu, 1 butir telur, garam, merica, minyak goreng

Cara membuat:

  1. Potong-potong jamur tiram sesuai selera.
  2. Kocok telur dan campur dengan tepung terigu, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Celupkan potongan jamur tiram ke dalam adonan tepung terigu.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng jamur tiram hingga kecoklatan.
  5. Angkat dan tiriskan. Sajikan jamur tiram goreng dengan saus sambal atau saus keju.

Jamur Tiram Balado

Bahan: 200 gram jamur tiram, 4 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 1 ruas kencur, 2 buah cabe merah, 2 buah cabe rawit, garam, gula, minyak goreng

Cara membuat:

  1. Potong-potong jamur tiram sesuai selera.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, cabe merah, dan cabe rawit.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  4. Masukkan potongan jamur tiram ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk hingga jamur tiram tercampur rata dengan bumbu balado.
  6. Sajikan jamur tiram balado dengan nasi hangat.

Jamur Tiram Saus Tiram

Bahan: 200 gram jamur tiram, 1 siung bawang putih, 1 sdt margarin, 1 sdt tepung terigu, 1 sdt saus tiram, 1 sdt kecap manis, garam, gula, minyak goreng

Cara membuat:

  1. Potong-potong jamur tiram sesuai selera.
  2. Haluskan bawang putih.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan potongan jamur tiram ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur dengan bawang putih.
  5. Tambahkan margarin, tepung terigu, saus tiram, kecap manis, garam, dan gula sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Sajikan jam

Harga Jamur Tiram per Kilo

Harga jamur tiram per kilo tergantung dari berbagai faktor seperti jenis, kualitas, dan tempat penjualan. Namun secara umum, harga jamur tiram per kilo tahun 2022 biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000. Harga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar dan kebiasaan di masing-masing daerah.

Sayur Jamur Tiram Segar 1/2 KG – 500 GramRp10.800
Jamur Tiram 1kg / 1000 gramRp30.000
Jamur Tiram 1/2 kgRp14.998
Jamur Tiram / Jamur Kipas 1 Kg Sayuran Segar FreshRp30.900
Jamur Tiram 1/4 kg (250G)Rp9.998
Sayur Jamur Tiram Segar 1/4 Kg – 250 GramRp6.000
JAMUR TIRAM (1 kg)Rp29.400
Sayur Jamur Tiram Segar 1 KgRp21.600
JAMUR TIRAM FRESH PER 1/2 KGRp17.100
Jamur Tiram 1 kgRp24.998

Baca Juga:

Sedangkan harga jamur tiram putih segar per kilo tahun 2023 belum menandakan kenaikan dan penurutan signifikan. Jamur tiram murah dapat dibeli dengan harga Rp7.000/200 gram. Dengan demikian, harga jamur tiram putih organik per kg dibandrol Rp35.000 saja.