Sunday , June 23 2024
Harga Jamur Kuping per Kg, Cara Budidaya, Manfaat, Resep Olahan dan Agen Pengepul

Harga Jamur Kuping per Kg Terbaru Juni 2024, Cara Budidaya, Manfaat, Resep Olahan dan Agen Pengepul

Info terbaru harga Jamur Kuping  basah dan kering per 1 kilo (kg) di pasar dan online lengkap dengan ciri, cara budidaya, manfaat, resep olahan serta agen pengepul jamur di Indonesia. Jamur kuping adalah sejenis jamur yang berasal dari famili Auriculariaceae. Jamur ini tumbuh di hutan-hutan di seluruh dunia dan memiliki bentuk yang mirip dengan telinga.

Jamur kuping terkenal sebagai salah satu jenis jamur yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama karena kandungan protein, lemak, serat, dan vitamin yang tinggi. Berapa harga jamur kuping basah dan kering di pasar? Orang sering membeli jamur dalam jumlah tertentu seperti beli jamur kuping 100 gram , 1 ons, 1 kilo di pasar. Jika membeli jumlah banyak Anda bisa menanyakan harga harga jamur kuping kering dan basah langsung ke pengpul.

Selain itu, jamur kuping juga mengandung beberapa zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti polisakarida, asam amino, dan asam lemak. Jamur kuping biasanya digunakan sebagai bahan makanan, namun juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Ciri Jamur Kuping

Ciri Jamur Kuping

1. Bentuk

Jamur kuping memiliki bentuk yang mirip dengan telinga, dengan lebar sekitar 2-10 cm dan tinggi sekitar 3-15 cm. Bagian atas jamur kuping berwarna coklat muda hingga coklat kemerahan, sementara bagian bawah berwarna putih hingga krem.

2. Tekstur

Jamur kuping memiliki tekstur yang lembut dan lunak, dengan bagian bawah yang lebih padat.

3. Aroma

Jamur kuping memiliki aroma yang khas, yaitu segar dan harum.

3. Rasa

Jamur kuping memiliki rasa yang lezat, gurih, dan sedikit asin.

4. Habitat

Jamur kuping tumbuh di hutan-hutan di seluruh dunia, terutama di kawasan dengan iklim yang lembab. Jamur kuping biasanya tumbuh di pohon-pohon, ranting, atau batang yang sudah mati atau lapuk.

5. Musim

Jamur kuping biasanya tumbuh pada musim hujan, terutama di akhir musim hujan hingga awal musim dingin. Namun, jamur ini juga dapat tumbuh pada musim lain dengan iklim yang sesuai.

Baca Juga:

Manfaat Jamur Kuping

Manfaat Jamur Kuping

Berikut ini beberapa manfaat jamur kuping bagi kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Jamur kuping mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Asam lemak tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Mencegah Diabetes

Jamur kuping juga mengandung polisakarida yang dapat membantu mengontrol gula darah. Polisakarida tersebut dapat memperlambat penyerapan gula dalam usus, sehingga dapat mencegah naiknya kadar gula darah secara drastis.

3. Mencegah Obesitas

Jamur kuping memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Protein tersebut dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah makan berlebihan.

4. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jamur kuping dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan polisakarida dan asam amino dalam jamur kuping dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, terutama pada sel kanker payudara dan usus besar.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Jamur kuping juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin tersebut termasuk vitamin C, D, dan E, serta mineral seperti selenium dan zat besi.

Baca Juga:

Baca Juga:

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Jamur kuping juga mengandung beberapa mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Mineral tersebut dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Cara Budidaya Jamur Kuping

Cara Budidaya Jamur Kuping

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memulai budidaya jamur kuping:

1. Persiapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk memulai budidaya jamur kuping, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti baglog (media tanam), bahan pembenah tanah, benih jamur kuping, dan alat-alat seperti pisau, garpu, dan sebagainya.

2. Siapkan Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk budidaya jamur kuping adalah baglog, yaitu campuran serbuk gergaji, kotoran ayam, dan pupuk kandang. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1 dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam wadah yang telah disediakan.

3. Benihkan Jamur Kuping

Setelah media tanam siap, selanjutnya Anda bisa menanam benih jamur kuping. Caranya adalah dengan menyebarkan benih secara merata di atas media tanam. Kemudian tekan benih tersebut dengan lembut agar terbenam di dalam media tanam.

4. Beri Air

Setelah benih terbenam di dalam media tanam, selanjutnya Anda bisa memberi air secukupnya. Jangan sampai media tanam terlalu basah atau terlalu kering, karena dapat mengganggu pertumbuhan jamur.

Baca Juga:

5. Simpan di Tempat yang Hangat

Setelah benih terbenam dan terpasang, selanjutnya Anda bisa menyimpan wadah yang berisi media tanam di tempat yang hangat dan lembab. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan jamur kuping adalah sekitar 20-30 derajat Celsius.

6. Periksa Pertumbuhan

Setiap hari, Anda bisa memeriksa pertumbuhan jamur kuping dengan mengeluarkan wadah dari tempat penyimpanannya. Perhatikan apakah jamur sudah tumbuh dengan baik atau belum, serta apakah media tanam masih basah atau sudah kering. Jika sudah kering, Anda bisa memberi air secukupnya.

7. Panen

Setelah jamur tumbuh dengan baik, selanjutnya Anda bisa memanen jamur tersebut dengan menggunakan pisau atau garpu. Cuci jamur dengan bersih sebelum disimpan atau diolah menjadi makanan.

Olahan Jamur Kuping

Olahan Jamur Kuping

Ada banyak cara untuk mengolah jamur kuping menjadi makanan yang lezat. Berikut ini beberapa contoh olahan jamur kuping yang dapat Anda coba:

Oseng Jamur Kuping

Oseng jamur kuping adalah salah satu olahan jamur kuping yang paling populer. Caranya adalah dengan menumis jamur kuping yang sudah dicuci bersih bersama dengan bahan-bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe sesuai selera. Kemudian tambahkan sedikit air atau kaldu untuk memperbesar rasa, dan tambahkan garam sesuai selera. Oseng jamur kuping bisa disajikan bersama nasi putih atau nasi goreng.

Jamur Kuping Goreng

Jamur kuping goreng adalah olahan lain yang mudah dibuat dan lezat. Caranya adalah dengan menyiram jamur kuping dengan tepung dan kemudian menggorengnya hingga kering dan kecoklatan. Sajikan jamur kuping goreng bersama saus sambal atau saus keju sebagai pelengkap.

Sup Jamur Kuping

Untuk membuat sup jamur kuping, Anda bisa menggunakan jamur kuping segar atau jamur kuping kering. Rebus jamur kuping bersama dengan bahan-bahan lain seperti wortel, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

Kemudian tambahkan garam dan kaldu secukupnya, dan aduk hingga rata. Sup jamur kuping bisa disajikan bersama dengan nasi atau biskuit sebagai pelengkap.

Baca Juga:

Jamur Kuping Bakar

Untuk membuat jamur kuping bakar, Anda bisa menggunakan jamur kuping segar yang telah dicuci bersih. Kemudian bakar jamur kuping di atas bara api atau di dalam oven hingga matang. Sajikan jamur kuping bakar bersama saus bbq atau saus keju sebagai pelengkap.

Agen Jamur Kuping

Berikut adalah daftar agen pengepul jamur kuping di Semarang, Magetan, Karawang dan Magelang.

  • Jati Nikmat Jaka Makmur Jamur Tiram Semarang, Jl. Sukun I No.18, RT.002/RW.002, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263
  • Grosir Jamur Kuping Magetan, Desa, Wonosari, Poncol, Kec. Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63362
  • Distributor Jamur Tiram Pak Khoiri, Jl. Pengkol Raya, Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279
  • Jual-Beli Jamur Kuping,Jamur Putih,dan Aneka Rempah-Rempah Lainnya, Mojo, Wiru, Kec. Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50772 (HP) 085225869662
  • AGEN JAMUR MERANG JAMUR TIRAM JAMUR KUPING DAN JAMUR IMPORT, Cirejag, Kec. Jatisari, Karawang, Jawa Barat 41374
  • Jual Jamur Tiram & Bibit, Kerten 13/05, krincing.Secang, Krincing, Kec. Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56195

Harga Jamur Kuping per KG

Harga Jamur Kuping per KG

Jamur Kuping Hitam 1 KgRp87.000
Sayur Jamur Kuping Segar 1 KgRp21.600
Jamur Kuping Kering 1kgRp140.000
Jamur Kuping Keriting 1kgRp79.000
Jamur Kuping Segar Mushroom 250 gr / 1 kgRp5.899
Sayur Jamur Kuping Segar 1/2 KG – 500 GramRp10.800
Jamur Kuping Hitam Putih 1 kg Fortune White BlackRp90.000
Jamur kuping 1kg (1000g)Rp39.998
Jamur Kuping Hitam Putih 1kgRp90.000
 Jamur Kuping Segar 1/4 Kg – 250 GramRp6.000

Baca Juga:

Harga jamur kuping tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis jamur, ukuran, dan tempat penjualan. Di pasaran, tahun 2022 harga jamur kuping berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per kilogram. Namun, jelang memasuki tahun 2023, harga jamur kuping sebagai referensi bisa menggunakan tabel diatas.