Monday , June 17 2024
Harga Jamur Enoki per Kg Terbaru, Cara Budidaya, Olahan dan Manfaat

Harga Jamur Enoki per Kg Terbaru Juni 2024, Cara Budidaya, Olahan dan Manfaat

Info terbaru harga jamur Enoki per 1 Kg (kilogram) di pasar lengkap dengan cara budidaya, olahan dan manfaatnya. Jamur enoki (Flammulina velutipes) merupakan jenis jamur yang berasal dari Jepang dan Korea Selatan. Jamur ini dikenal dengan nama lain seperti enokitake, winter mushroom, atau velvet foot.

Jamur enoki tumbuh di kayu yang sudah mati, terutama pada pohon oak, beech, atau poplar. Jamur enoki memiliki bentuk yang unik dengan tiga bagian yaitu ujung yang runcing, tengah yang lebih tebal, dan dasar yang lebih lebar.

Jamur enoki memiliki rasa yang segar dan sedikit asam, serta tekstur yang kenyal dan lembut. Jamur ini sering ditambahkan ke dalam masakan sup, salad, atau saus. Selain itu, jamur enoki juga dianggap sebagai makanan yang sehat karena memiliki kandungan protein, serat, dan vitamin yang tinggi.

Saat ini, beli jamur di supermarket, superindo, Alfamart, Indomaret maupun online di shopee banyak diminati. Namun, untuk harga jamur Enoki per 1 kilo bisa saja berbeda mengingat dari kwalitas dan promo yang tersedia.

Jamur enoki juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga:

Usaha dan Cara Budidaya Jamur Enoki

Usaha dan Cara Budidaya Jamur Enoki

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai budidaya jamur enoki:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Anda akan membutuhkan alat seperti kantong plastik, pisau, sprayer, dan spuit untuk memulai budidaya jamur enoki. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan bahan seperti substrat (misalnya media tanam yang terbuat dari kayu, kulit pohon, atau serbuk gergaji), jamur enoki, dan cairan nutrisi (misalnya air kelapa muda atau air tebu).

2. Siapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan untuk budidaya jamur enoki harus terbuat dari kayu yang sudah mati, seperti pohon oak, beech, atau poplar. Anda dapat memotong kayu yang sudah mati ke ukuran yang sesuai, kemudian mengeringkan kayu tersebut selama beberapa hari hingga kadar airnya turun hingga kurang dari 40%. Setelah itu, Anda dapat memotong kayu tersebut ke ukuran yang sesuai dan memasukkannya ke dalam kantong plastik.

3. Tambahkan Jamur Enoki

Setelah media tanam siap, selanjutnya Anda dapat menambahkan jamur enoki ke dalam kantong plastik. Anda dapat menggunakan jamur enoki yang telah dibeli di pasar atau yang telah ditanam sebelumnya. Pastikan bahwa jamur enoki tersebar merata di seluruh bagian media tanam.

4. Tambahkan Cairan Nutrisi

Setelah jamur enoki ditanam, selanjutnya Anda dapat menambahkan cairan nutrisi ke dalam kantong plastik. Cairan nutrisi yang dapat digunakan antara lain air kelapa muda atau air tebu. Pastikan bahwa cairan nutrisi tersebut tersebar merata di seluruh bagian media tanam.

5. Tutup Kantong Plastik

Setelah jamur enoki dan cairan nutrisi ditanam, selanjutnya Anda dapat menutup kantong plastik dengan rapat. Pastikan bahwa udara masih dapat masuk ke dalam kantong plastik agar jamur enoki dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga:

6. Biarkan Jamur Tumbuh dan di Panen

Setelah kantong plastik ditutup, selanjutnya Anda dapat membiarkan jamur enoki sendiri bisa dipanen setelah usia 20 sampai 30 hari. Ada pula pemanenan jamur enoki yang dilakukan di usia tanaman mencapai 14 hari.

Olahan Jamur Enoki

Olahan Jamur Enoki

Berikut ini beberapa olahan jamur enoki yang dapat Anda coba:

1. Sup Jamur Enoki

Untuk membuat sup jamur enoki, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti air, daging ayam, wortel, bawang putih, jahe, garam, dan gula. Rebus semua bahan tersebut hingga daging ayam empuk, kemudian tambahkan jamur enoki ke dalam rebusan tersebut. Aduk rata dan masak hingga jamur enoki empuk. Sajikan sup jamur enoki bersama dengan nasi hangat.

2. Saus Jamur Enoki

Untuk membuat saus jamur enoki, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti mentega, bawang putih, jahe, garam, gula, dan air. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, kemudian tambahkan mentega dan masak hingga mentega meleleh.

Tambahkan jamur enoki dan aduk rata hingga jamur enoki terlihat basah. Kemudian tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera. Sajikan saus jamur enoki bersama dengan nasi hangat atau bahan lain yang Anda sukai.

3. Salad Jamur Enoki

Untuk membuat salad jamur enoki, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti jamur enoki, wortel, tomat, bawang bombai, bawang putih, jahe, garam, gula, dan saus salad. Iris-iris semua bahan tersebut kemudian campurkan dengan jamur enoki.

Tambahkan saus salad dan aduk rata hingga tercampur dengan sempurna. Sajikan salad jamur enoki sebagai hidangan penutup setelah makan.

Baca Juga:

4. Gorengan Jamur Enoki

Untuk membuat gorengan jamur enoki, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung roti, garam, gula, dan air. Campur tepung terigu, tepung roti, garam, dan gula dalam wadah.

Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang tidak terlalu kental. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian masukkan jamur enoki ke dalam adonan tersebut. Goreng jamur enoki hingga kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan. Sajikan gorengan jamur enoki bersama dengan saus sambal atau saus lain yang Anda sukai.

Manfaat Jamur Enoki dan Kandungan

Manfaat Jamur Enoki

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi jamur enoki:

1. Mencegah kanker

Jamur enoki mengandung senyawa yang disebut lentinan yang bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Lentinan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam menghancurkan sel-sel kanker yang terbentuk.

2. Menurunkan kolesterol

Jamur enoki juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat dapat mengikat kolesterol dalam tubuh dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jamur enoki mengandung asam amino yang disebut lisin yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Lisin dapat membantu mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Mengandung protein yang tinggi

Jamur enoki mengandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 40% dari beratnya. Protein merupakan zat yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan otot.

Baca Juga:

5. Mengandung vitamin yang tinggi

Jamur enoki juga mengandung vitamin yang tinggi, di antaranya vitamin B dan vitamin D. Vitamin B dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Harga Jamur Enoki di Superindo

Promo harga jamur enoki memang sering dilakukan di supermarket Superindo. Apalagi menjelang tahun baru, hari besar umat islam idul fitri. Harga jamur enoki memang selalu di update setiap harinya. Bagi warga yang tinggal di perkotaan, promo harga di Superindo khususnya jamur enoki memang selalu di tunggu-tunggu.

Harga Jamur Enoki di Alfamart

Berbeda dengan harga jamur Enoki di Superindo, orang juga mencari udpate promo jamur Enoki di Alfamart. Salah satu ritel terbanyak di Indonesia ini memang sangat mudah di jangkau. Apalagi untuk mendapatkan jamur Enoki fresh bisa langsung di cari di kulkas pendingin.

Di Alfamart, harga jamur Enoki terbilang cukup terjangkau bahkan sering ada promo harga jamur Enoki yang sering di selenggarakan pihak Alfamart.

Baca Juga:

Harga Jamur Enoki di Indomaret

Sama seperti Alfamart, minimarket Indomaret juga sering menyajikan promo harga Jamur Enoki dengan harga ekonomis. Stok jamur enoki di ritel Indomaret juga selalu baru. Untuk Anda yang mencari jamur Enoki fresh bisa langsung menuju Indomaret terdekat untuk membeli jamur Enoki.

Harga Jamur Enoki di Transmart

Berburu jamur Enoki di Transmart juga menjadi salah satu kegiatan ibu rumah tangga. Apalagi menjelang tanggal tua, biasanya pihak supermarket Transmart akan memberikan harga khusus Jamur Enoki dengan harga berbeda. Pastikan Anda membeli kebutuhan dapur dengan mencari yang fresh dan baru. Seperti harga jamur Enoki di Transmart menyediakan stok terbaru.

Harga Jamur Enoki per Kg

Harga Jamur Enoki Per Kg

Harga jamur enoki tergantung pada beberapa faktor seperti kualitas jamur, tempat pembelian, dan kondisi pasar. Namun, secara umum harga jamur enoki tahun 2022 memasuki tahun 2023 tidak mengalami perubahan signifikan di pasaran berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000 per ikat.

Jamur enoki 100grRp4.400
Jamur Enoki [0.1 kg/ Pack]Rp6.900
 Jamur Enoki di SurabayaRp4.500
Jamur enoki 100grRp4.400
Jamur Enoki Mushroom 1pack 100gr INSTAN(HANYA TAHAN 1 HARI DI LUAR KULKAS/DALAM PERJALANAN)Rp3.888
Jamur enoki 100grRp4.400
Jamur Enokidake Pack 100 GramRp4.900
Jamur Enoki RRC [100 g] GrosirRp3.600

Baca Juga:

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada faktor-faktor tersebut. Untuk memperoleh harga yang lebih tepat, Anda dapat mengecek harga jamur enoki di pasar atau toko kelontong terdekat.