Tuesday , April 23 2024
Harga Blewah per Kg di Pasar, Jenis, Manfaat, Resep dan Cara Budidaya

Harga Blewah per Kg Terbaru April 2024, Jenis, Manfaat, Resep dan Cara Budidaya

Info terbaru harga Blewah per 1 Kg (kilo) di pasar buah lengkap dengan jenis, manfaat, resep dan cara budidaya. Blewah adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di Indonesia. Buah ini memiliki bentuk yang bulat dan permukaan kulitnya yang licin. Blewah merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi, terutama vitamin C, kalium, dan serat.

Buah ini juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan kanker. Blewah juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Buah ini biasanya tersedia di pasar-pasar di Indonesia pada musim panen, yaitu sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Harga blewah di pasar terdekat saat ini memang dibilang masih di jual dengan harga di angka stabil. Sedangkan untuk tempat jual blewah terdekat bisa datang ke pasar terdekat di tempat tinggal Anda.

Blewah merupakan buah yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah penghasil blewah tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah tropis seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Blewah sering kali dimanfaatkan untuk dibuat es blewah di campur dengan buah lainya. Selain blewah, jenih tumbuhan lain yang bisa dipanen masuk musim seperti talas, labu kuning, melon dan ganyong.

Blewah juga tumbuh di daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Daerah-daerah di Indonesia yang memiliki iklim yang cocok untuk pertumbuhan blewah biasanya memiliki curah hujan yang tinggi dan suhu udara yang cukup tinggi sepanjang tahun.

Jenis Blewah

Harga Blewah per Kg di Pasar, Jenis, Manfaat,

Blewah terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, tergantung pada varietasnya. Beberapa jenis blewah yang umum ditemukan di Indonesia adalah:

  • Blewah Merah: Buah ini memiliki warna kulit yang merah cerah dan daging buahnya yang putih. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar.
  • Blewah Kuning: Buah ini memiliki warna kulit yang kuning dan daging buahnya yang putih. Buah ini memiliki rasa yang manis dan lembut.
  • Blewah Hijau: Buah ini memiliki warna kulit yang hijau dan daging buahnya yang putih. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar.
  • Blewah Cokelat: Buah ini memiliki warna kulit yang cokelat dan daging buahnya yang putih. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar.

Baca Juga:

Semua jenis blewah tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Blewah dan Kandungan

Blewah merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kandungan yang terdapat pada blewah:

1. Kaya akan Vitamin C

Blewah mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, membantu penyerapan zat besi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Kaya Akan Serat

Blewah mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Kaya akan antioksidan

Blewah mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Kaya akan Mineral

Blewah mengandung mineral seperti kalium, fosfor, dan magnesium yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan otot dan sistem saraf.

Baca Juga:

5. Kaya akan Flavonoid

Blewah mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah terjadinya inflamasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Usaha dan Cara Budidaya Blewah

Harga Blewah per Kg di Pasar

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memulai budidaya blewah:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Blewah tumbuh terbaik di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, sinar matahari yang cukup, dan suhu udara yang cukup tinggi.

2. Pilih Bibit yang Tepat

Bibit yang digunakan harus berkualitas, sehat, dan sudah terbiasa tumbuh di daerah tersebut.

3. Persiapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan harus berkualitas, lembab, dan memiliki pH yang sedikit asam.

4. Tanam Bibit

Bibit ditanam di media tanam yang telah disiapkan, dengan jarak tanam yang cukup besar untuk memberikan ruang yang cukup bagi pertumbuhan blewah.

Baca Juga:

5. Perhatikan Kelembaban Tanah

Kelembaban tanah harus terjaga dengan baik agar bibit tidak kekurangan air.

6. Pemupukan

Pemberian pupuk harus dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan blewah.

7. Perawatan

Blewah perlu dilakukan perawatan secara berkala, seperti penyiangan, pemangkasan, dan pemberantasan hama dan penyakit.

8. Panen

Blewah biasanya siap dipanen setelah tumbuh selama 3-4 bulan. Buah yang siap dipanen biasanya terlihat lebih menggembung dan berwarna cerah.

Olahan Blewah

Berikut ini adalah beberapa olahan yang dapat dilakukan dari blewah:

1. Jus Blewah

Blewah dapat diolah menjadi jus dengan cara diblender bersama dengan beberapa bahan lain seperti apel, wortel, atau jeruk. Jus blewah dapat menjadi minuman segar yang kaya akan nutrisi.

2. Kue Blewah

Blewah dapat diolah menjadi kue dengan cara dicampur dengan tepung terigu, telur, dan margarin. Blewah juga dapat ditambahkan sebagai isian kue atau pai.

3. Kue Ranginang

Kue ranginang adalah makanan tradisional yang terbuat dari blewah yang diparut, dicampur dengan tepung terigu, garam, dan air, lalu dibentuk menjadi bentuk bulat kecil dan digoreng. Kue ranginang dapat disajikan dengan saus kacang atau saus cabe.

Baca Juga:

4. Es Blewah

Blewah dapat diolah menjadi es dengan cara diblender bersama dengan air, gula, dan beberapa bahan lain seperti susu, coklat, atau vanilla. Es blewah dapat menjadi minuman segar yang cocok untuk disajikan saat musim panas.

5. Kripik Blewah

Blewah dapat diolah menjadi kripik dengan cara diparut, dicampur dengan garam dan rempah-rempah lain, lalu dibakar sampai kering. Kripik blewah dapat disajikan sebagai camilan atau penambah rasa pada makanan lain.

Harga Blewah Per Kilo

BlewahRp19.890
Buah Blewah Per Pcs TermurahRp51.000
Buah Blewah Segar Per Pcs TermurahRp86.000
buah blewah 1 buah / buah ramadhan / buah buka puasaRp18.000

Baca Juga:

Harga blewah dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti musim, lokasi pasar, dan kualitas buah. Sebagai informasi, harga blewah dapat bervariasi antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per kilo, tergantung pada faktor-faktor tersebut. Namun, harga ini dapat berubah setiap waktu sesuai dengan keadaan pasar.