Tuesday , April 23 2024
Daftar Harga Oli Motor Matic Terbaru

Daftar Harga Oli Motor Matic Terbaru April 2024 Termasuk Pelumas Mesin dan Gardan

Oli motor adalah pelumas yang digunakan untuk menjaga mesin motor agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Oli motor berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak, seperti piston, katup, dan kruk as, agar terhindar dari gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, oli motor juga berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh mesin dan membersihkan debu serta kotoran yang terakumulasi di dalam mesin.

Oli motor terdiri dari bahan dasar oli (base oil), aditif, dan bahan pengencer (thinner). Bahan dasar oli bisa berupa minyak nabati atau minyak mineral, sedangkan aditif digunakan untuk meningkatkan sifat-sifat oli, seperti stabilitas, kekentalan, dan kemampuan membersihkan. Bahan pengencer digunakan untuk menurunkan viskositas oli agar lebih mudah mengalir di dalam mesin.

Untuk memilih oli motor yang tepat, perhatikan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan motor dan indeks viskositas yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor Anda. Jangan lupa untuk mengganti oli motor secara rutin sesuai dengan interval yang dianjurkan oleh pabrikan motor, agar mesin motor tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Cara Membedakan Oli Motor Asli dan Palsu

Ada beberapa cara untuk membedakan oli motor asli dan palsu, antara lain:

1. Periksa Kemasan

Oli motor asli biasanya memiliki kemasan yang rapi dan profesional, sementara oli motor palsu mungkin memiliki kemasan yang kurang rapi atau tidak sesuai dengan standar.

2. Periksa Tanda-tanda Autentikasi

Oli motor asli biasanya memiliki tanda-tanda autentikasi, seperti stempel resmi atau label yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah diuji dan disetujui oleh badan pengawas.

3. Periksa Harga

Oli motor asli biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada oli motor palsu. Jika harga terlalu murah, itu mungkin merupakan tanda bahwa produk tersebut palsu.

Baca Juga:

4. Periksa kualitas

Oli motor asli biasanya memiliki kualitas yang lebih baik daripada oli motor palsu. Jika oli yang Anda beli terasa tidak seperti biasanya atau tidak bekerja dengan baik, itu mungkin merupakan tanda bahwa produk tersebut palsu.

5. Baca ulasan

Jika Anda masih ragu tentang keaslian oli motor yang Anda beli, coba baca ulasan dari orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut. Ulasan dari pengguna lain dapat memberikan gambaran tentang kualitas dan keaslian produk.

Rekomendasi Oli Motor Honda, Yamaha dan Suzuki

Untuk motor Honda, Yamaha dan Suzuki menyarankan penggunaan oli pelumas yang sesuai dengan spesifikasi JASO MA atau API SG/SH/SJ/SL/SM. Oli pelumas yang sesuai dengan spesifikasi ini telah disetujui untuk digunakan pada motor Honda, Yamaha dan Suzuki dan telah lolos uji sesuai dengan standar industri.

Selain itu, Honda juga menyarankan penggunaan oli pelumas yang memiliki indeks viskositas yang sesuai dengan kebutuhan motor Honda Anda. Misalnya, untuk motor Honda yang memiliki mesin berkapasitas kecil, disarankan menggunakan oli pelumas dengan indeks viskositas 10W-30 atau 10W-40. Sedangkan untuk motor Honda, Yamaha dan Suzuki yang memiliki mesin berkapasitas besar, disarankan menggunakan oli pelumas dengan indeks viskositas 20W-50 atau 30W.

Anda juga dapat mengecek spesifikasi oli pelumas yang sesuai dengan motor Honda Anda di buku panduan atau manual pengguna yang disertakan saat membeli motor Honda, Yamaha dan Suzuki.

Lihat Juga:

Harga Oli Motor

Harga oli motor bervariasi tergantung pada merek dan tipe oli yang Anda pilih. Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi harga oli motor termasuk kelas kualitas oli, jenis mesin yang akan diolah, dan jumlah oli yang dibutuhkan untuk pengisian ulang.

Untuk memberikan gambaran umum, berikut adalah beberapa contoh harga oli motor yang mungkin ditemukan di pasaran:

  • Harga oli motor standar (minyak pelumas biasa): Rp 50.000 – Rp 100.000 per liter
  • Harga oli motor berkualitas tinggi (minyak pelumas sintetis): Rp 100.000 – Rp 200.000 per liter
  • Harga oli motor untuk mesin kustom atau racing: Rp 200.000 – Rp 500.000 per liter

Daftar Harga Oli Motor

Jenis OliHarga (Rp)
Oli Gardan Yamalube 100 ml17.000
Oli Gardan Yamalube 150 ml20.000
Oli Gardan AHM Oil17 .000
Enduro Matic 10W-3042 .000
Enduro Matic G 20W-4042 .000
Federal G MVX2 10W-3043 .000
AHM Oil MPX2 10W-3045 .000
AHM OIL SPX2 10W-3046 .000
Yamalube Matic Oil 20W-4045 .000
Yamalube Power Matic 10W-4048 .000
Yamalube Super Matic 10W-4055 .000
Castrol Power 1 Scooter 10W-4048 .000
Shell Advance AX7 Matic 10W-3045 .000

Baca Juga:

Harga tersebut hanya sebagai acuan dan dapat berbeda tergantung pada tempat dan waktu pembelian. Sebaiknya Anda membandingkan harga oli motor di beberapa toko atau distributor untuk mencari harga terbaik. Juga pastikan untuk memilih oli motor yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan motor Anda agar mesin motor Anda dapat berfungsi dengan baik.