Saturday , February 24 2024
Harga Kenari Loper Terbaru, Kenali Ciri, Warna, Kelebihan dan Perbedaan dengan KenaiAf

Harga Kenari Loper Terbaru Februari 2024: Kenali Ciri, Warna, Kelebihan dan Perbedaan dengan KenaiAf

ArsipUmum.com – Kenari loper bisa dibilang salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung kicau mania. Artikel ini akan membahas segala hal tentang harga kenari loper online maupun offline, ciri, warna, kelebihan, hingga perbedaannya dengan kenari af.

Kenari loper adalah singkatan dari kenari lokal super, yaitu hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari af. Kenari af sendiri adalah hasil persilangan antara kenari f1 dengan kenari lokal. Kenari f1 adalah hasil persilangan antara kenari impor dengan kenari lokal.

Kenapa disebut lokal super? Karena kenari loper memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan panjang dari kenari lainnya. Selain itu, kenari loper juga memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi. Tidak heran jika kenari loper menjadi salah satu jenis burung kicau yang paling dicari oleh para penghobi burung khususnya penggemar lomba.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau memelihara kenari loper, ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak tentang burung cantik ini. Arsipumum.com akan membahas beberapa hal penting tentang kenari loper, seperti harga kenari loper murah, ciri, warna paling dicari, kelebihan, dan perbedaannya kenari loper dengan kenari af. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kenari Loper

Apa Itu Kenari Loper

Kenari loper adalah salah satu jenis burung kicau yang berasal dari hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari af. Kenari lokal adalah burung kenari yang sudah lama ditangkarkan atau dikembangbiakan di Indonesia. Sedangkan kenari af adalah burung kenari yang berasal dari hasil persilangan antara kenari f1 dengan kenari lokal.

Kenapa disebut loper atau lokal super? Karena kenari loper memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan panjang dari kenari lainnya. Kenari loper memiliki leher yang lebih panjang, kepala yang lebih besar, dan paruh yang suka membuka-buka. Kenari loper juga memiliki perilaku yang lebih aktif dan lincah dibandingkan dengan kenari lainnya.

Baca Informasi:

Selain itu, kenari loper juga memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi. Kenari loper dapat mengeluarkan suara kicau yang keras, cempreng, ngerol, ngeplong, atau isian dari burung lain. Suara kicau kenari loper sangat disukai oleh para pecinta burung karena dapat menambah semangat dan suasana di sekitarnya.

Ciri Kenari Loper

Ciri Kenari Loper

Kenari loper memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan kenari lainnya. Berikut adalah beberapa ciri kenari loper yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki leher yang lebih panjang dari jenis burung kenari lainnya. Leher yang panjang ini membuat kenari loper dapat mengeluarkan suara kicau yang lebih bervariasi dan merdu.
  • Memiliki kepala yang lebih besar dari jenis burung kenari lainnya. Kepala yang besar ini membuat kenari loper terlihat lebih gagah dan menarik.
  • Memiliki paruh yang suka membuka-buka dan leher yang bergerak-gerak. Paruh yang membuka-buka ini menunjukkan bahwa kenari loper sedang bernyanyi atau berkomunikasi dengan burung lain. Leher yang bergerak-gerak ini menunjukkan bahwa kenari loper sedang aktif dan lincah.
  • Memiliki warna bulu yang hampir sama dengan jenis burung kenari lainnya. Warna bulu kenari loper tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan jenis burung ini. Kenari loper dapat memiliki warna bulu yang beragam, seperti kuning, putih, merah, hitam, biru, hijau, atau campuran.
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan panjang dari jenis burung kenari lainnya. Ukuran tubuh kenari loper berkisar antara 12 hingga 15 cm. Ukuran tubuh yang besar ini membuat kenari loper terlihat lebih kuat dan sehat.

Warna Kenari Loper Yang Bagus

Warna Kenari Loper Yang Bagus

Warna kenari loper yang bagus adalah warna yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Tidak ada warna kenari loper yang paling bagus atau paling jelek, karena setiap warna memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Namun, ada beberapa warna kenari loper yang lebih populer dan diminati oleh para pecinta burung. Berikut adalah beberapa warna kenari loper yang bagus:

1. Kenari Loper Kuning

Warna kuning adalah warna klasik dan standar untuk burung kenari. Warna kuning ini membuat burung terlihat cerah dan menarik. Warna kuning juga mudah dikenali dan dicintai oleh banyak orang.

2. Kenari Loper Putih

Warna putih adalah warna elegan dan mewah untuk burung kenari. Warna putih ini membuat burung terlihat bersih dan cantik. Warna putih juga jarang ditemukan di alam liar, sehingga membuat burung lebih eksklusif dan langka.

3. Kenari Loper Merah

Warna merah adalah warna berani dan menawan untuk burung kenari. Warna merah ini membuat burung terlihat gagah dan bersemangat. Warna merah juga melambangkan keberuntungan dan kesuksesan di beberapa budaya.

Baca Informasi:

4. Kenari Loper Hitam

Warna hitam adalah warna misterius dan unik untuk burung kenari. Warna hitam ini membuat burung terlihat beda dan menonjol di antara burung lainnya. Warna hitam juga melambangkan kekuatan dan ketegasan di beberapa budaya di beberapa daerah di negara kita.

Kelebihan Kenari Loper

Kelebihan Kenari Loper

Kenari loper memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi burung kicau yang istimewa dan berkualitas. Berikut adalah beberapa kelebihan kenari loper yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi. Kenari loper dapat mengeluarkan suara kicau yang keras, cempreng, ngerol, ngeplong, atau isian dari burung lain. Suara kicau kenari loper sangat disukai oleh para pecinta burung karena dapat menambah semangat dan suasana di sekitarnya.
  • Memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang. Kenari loper memiliki leher yang lebih panjang, kepala yang lebih besar, dan paruh yang suka membuka-buka. Kenari loper juga memiliki perilaku yang lebih aktif dan lincah dibandingkan dengan kenari lainnya.
  • Memiliki mental yang kuat dan gacor. Kenari loper memiliki karakter yang lincah, berani, dan tidak mudah stres. Kenari loper juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak takut dengan burung lain. Kenari loper juga cepat gacor dan rajin bunyi.
  • Memiliki warna bulu yang indah dan langka. Kenari loper dapat memiliki warna bulu yang beragam, seperti kuning, putih, merah, hitam, biru, hijau, atau campuran. Warna bulu kenari loper tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan jenis burung ini. Namun, warna bulu kenari loper dapat menambah nilai estetika dan keunikan burung ini.
  • Memiliki keturunan yang berkualitas. Kenari loper merupakan hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari af. Kenari af sendiri merupakan hasil persilangan antara kenari f1 dengan kenari lokal. Kenari f1 merupakan hasil persilangan antara kenari impor dengan kenari lokal. Dengan demikian, kenari loper memiliki keturunan yang berasal dari berbagai jenis kenari berkualitas.

Lihat Informasi : Ide Desain Rumah di Lereng Bukit yang Bikin Betah

Perbedaan Kenari Loper Dan Af

Perbedaan Kenari Loper Dan Af

Kenari loper dan af merupakan dua jenis burung kicau yang berasal dari hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari lainnya. Namun, ada beberapa perbedaan antara kenari loper dan af yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa perbedaan kenari loper dan af:

  • Kenari loper merupakan hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari af. Sedangkan kenari af merupakan hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari f1.
  • Kenari loper memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan panjang dari kenari af. Kenari loper memiliki leher yang lebih panjang, kepala yang lebih besar, dan paruh yang suka membuka-buka. Sedangkan kenari af memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan kenari impor atau mbarong.
  • Kenari loper memiliki suara kicau yang lebih bervariasi dari kenari af. Kenari loper dapat mengeluarkan suara kicau yang keras, cempreng, ngerol, ngeplong, atau isian dari burung lain. Sedangkan kenari af memiliki suara kicau yang lebih monoton atau kurang bervariasi.
  • Kenari loper memiliki warna bulu yang hampir sama dengan jenis burung kenari lainnya. Warna bulu kenari loper tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan jenis burung ini. Sedangkan kenari af memiliki warna bulu yang lebih spesifik atau khas dari jenis burung ini.
  • Kenari loper memiliki harga yang lebih tinggi dari kenari af. Kenari loper memiliki harga yang berkisar antara 500 ribu hingga 5 juta rupiah, tergantung pada kualitas dan kondisi burung. Sedangkan kenari af memiliki harga yang berkisar antara 300 ribu hingga 2 juta rupiah, tergantung pada kualitas dan kondisi burung .

Harga Kenari Loper Jantan Dewasa

Harga Kenari Loper Jantan Dewasa

Harga kenari loper dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan kondisi burung tersebut. Umumnya, harga kenari loper jantan yang sudah jadi atau dewasa berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Sedangkan harga kenari loper betina biasanya lebih tinggi, yakni berkisar antara 1,5 juta hingga 5 juta rupiah.

Harga tersebut juga dapat berbeda-beda tergantung pada daerah tempat Anda membeli burung tersebut. Misalnya, harga kenari loper di Jakarta mungkin berbeda dengan harga kenari loper di Bandung atau Surabaya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan survei dan perbandingan harga sebelum membeli burung ini.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi harga kenari loper, seperti warna bulu, suara kicau, postur tubuh, usia, jenis kelamin, dan kesehatan burung. Semakin bagus dan langka warna bulu burung, semakin tinggi pula harganya. Demikian pula dengan suara kicau yang merdu dan bervariasi akan membuat burung lebih mahal dibandingkan dengan suara kicau yang monoton atau kurang bagus.

Baca Juga: 

Akhir Kata

Kenari loper adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Kenari loper memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang, suara kicau yang merdu dan bervariasi, warna bulu yang indah dan langka, mental yang kuat dan gacor, dan keturunan yang berkualitas. Kenari loper merupakan hasil persilangan antara kenari lokal dengan kenari af. Kenari loper memiliki beberapa perbedaan dengan kenari af, seperti bentuk tubuh, suara kicau, warna bulu, dan harga. Kenari loper memiliki harga yang lebih tinggi dari kenari af, tergantung pada kualitas dan kondisi burung.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang kenari loper. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang burung kicau yang cantik dan berkualitas ini. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai.