Wednesday , February 21 2024
Cara Menjinakkan Burung Perkutut dengan Mudah

Cara Menjinakkan Burung Perkutut dengan Mudah dan Cara Merawat agar Sering Berbunyi

Bagaimana cara menjinakkan burung Perkutut yang cepat? Burung Perkutut yang merupakan burung yang unik dan sangat populer di Indonesia yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun, bagi pemula yang baru memelihara burung Perkutut, seringkali mengalami kesulitan dalam menjinakkan burung tersebut.

Terkadang burung perkutut yang baru dipelihara cenderung masih liar dan sulit untuk dijinakkan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar burung perkutut menjadi lebih jinak, salah satunya adalah dengan memberikan terapi daun pandan yang bisa Anda baca caranya di artikel ini. Namun, sebelumnya mari kita baca dulu tips mudah memelihara burung perkutut agar sehat.

Tips Memelihara Burung Perkutut

Burung Perkutut adalah burung yang sering dipelihara oleh banyak orang karena suaranya yang khas dan merdu. Namun, memelihara burung Perkutut bukanlah hal yang mudah, terutama bagi pemula yang baru saja memelihara burung ini. Berikut ini adalah beberapa tips memelihara burung Perkutut agar tetap sehat dan merasa nyaman:

Baca Juga: Syarat & Jadwal Pencairan KIP Kuliah Semester Genap Cair

1. Mencari Penjual Burung Terpercaya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari penjual burung Perkutut yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa burung Perkutut yang dibeli dalam kondisi sehat dan berasal dari peternak yang memenuhi standar kesehatan.

2. Menyediakan Kandang yang Tepat

Burung Perkutut membutuhkan kandang yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kandang sebaiknya dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, serta dilengkapi dengan tempat makan dan minum, serta tempat bermain. Pastikan juga kandang terbuat dari bahan yang aman dan tidak membahayakan kesehatan burung.

3. Memberikan Makanan yang Sehat

Burung Perkutut membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi, seperti biji-bijian dan sayuran. Pastikan makanan yang diberikan segar dan tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya. Hindari memberikan makanan yang berlebihan, karena dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Status Pencairan KIP Kuliah Semester Genap Maret 2023 Sudah Cair dan Masuk Rekening Mahasiswa!

4. Rutin Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang secara rutin merupakan salah satu hal yang penting dalam memelihara burung Perkutut. Kandang yang kotor dan berantakan dapat menyebabkan burung merasa tidak nyaman dan berpotensi terkena penyakit. Selain itu, pastikan pula peralatan makan dan minum selalu bersih dan terjaga kebersihannya.

5. Rajin Melatih dan Merawat

Burung Perkutut perlu dilatih dan dirawat dengan baik agar tetap sehat dan jinak. Lakukan latihan rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran burung, seperti dengan memberikan mainan yang dapat memacu keaktifan burung. Selain itu, jangan lupa memberikan perhatian dan kasih sayang kepada burung Perkutut Anda.

Baca Juga: Penetapan 1 Ramadhan 2023 Menurut Muhammadiyah dan NU

Cara Menjinakkan Burung Perkutut

Anda bisa menggunakan cara ini yang terbukti cukup mudah dan efektif untuk menjinakan burung Perkutut yang giras.

  1. Siapkan sebanyak 1 baskom air bersih serta daun pandan secukupnya. Kemudian potong kecil daun pandan dan campurkan ke dalamnya, lalu remas daun pandan hingga sari daun pandannya keluar.
  2. Ambil burung Perkutut secara perlahan, lalu siram menggunakan daun pandan secara perlahan sampai burung basah secara keseluruhan.
  3. Setelah proses mandi selesai, kembalikan burung Perkutut ke sarangnya, kemudian daun pandan yang telah diperas dapat diletakkan di dalam sangkar burung Perkutut.

Daun pandan memiliki bau yang menyengat, namun terbukti mampu memberikan efek rileks pada burung Perkutut. Sehingga, Perkutut yang awalnya giras dan liar dapat dengan mudah dan cepat jinak.

Memelihara burung Perkutut memang memerlukan kesabaran dan ketulusan, terutama dalam melatih burung tersebut agar jinak. Namun, dengan memberikan terapi daun pandan, proses penjinakan burung Perkutut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

Baca Juga:

Bagi Anda yang baru saja memelihara burung perkutut, jangan ragu untuk mencoba terapi daun pandan ini agar burung Perkutut menjadi lebih jinak dan merasa nyaman di lingkungan baru.