Tuesday , April 23 2024

5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Penyebabnya

Pernahkan mengalamai gusi bengkak? Banyak orang mengalami gusi bengkak yang mampu menimbulkan ketidaknyamanan di mulut. Hal ini apabila tidak sedera diatasi dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan tulang yang menopang gigi Anda.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas apa saja penyebab dan bagaimana langkah antisipasinya. Kemudian, kita akan sampaikan juga bagaimana cara mengatasi gusi bengkak ini yang kami kutip dari berbagai sumber website kesehatan.

Tahukan kamu, jika gusi bengkak ini sering ditandai gusi memerah, bengkak kemudian mengeluarkan darah. Bagi yang sudah pernah mengalaminya tentu sudah paham ya. Ketika menggosok gigi dan merasakan sakit saat disikat itulah tanda gusi Anda sedang bengkak.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika gusi bengkak biasanya timbul beberapa gejala diantaranya mulai dari nanah di bawah gusi atau gigi, bau napas tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut. Kondisi ini disebut periodontitis.

Penyebab Gusi Bengkak

Kenali beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gusi bengkak yang bisa Anda simak dibawah ini:

  1. Penumpukan plak pada gigi akibat tidak rajin menggosok gigi
    Kebiasaan merokok
  2. Infeksi virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis)
  3. Kehamilan
  4. Kekurangan vitamin C
  5. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antiepilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dan obat penghambat saluran kalsium
  6. Selain itu, gusi bengkak juga dapat dipicu oleh gusi yang terlalu sensitif terhadap penggunaan pasta gigi atau obat kumur, serta pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lainnya yang tidak tepat.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Setelah membaca mengenai beberapa penyebab yang bisa menyebab gusi bengkak mari kita baca langkah antisipasi dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak antara lain:

  1. Rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss)
  2. Mengompres area pipi yang mengalami gusi bengkak dengan menggunakan air hangat atau dingin
  3. Mengganti pasta gigi atau obat kumur yang dapat menyebabkan senstivitas pada gusi
  4. Melakukan prosedur scalling untuk membersihkan plak gigi, serta root planning untuk membersihkan area akar gigi dan sela gusi, sekaligus menghilangkan bakteri
  5. Bila gusi bengkak diduga muncul akibat efek samping obat, konsultasikan dulu ke dokter yang meresepkannya, agar dokter dapat memutuskan apakah perlu mengganti atau menghentikan penggunaan obat tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi gusi yang bengkak yang diakibatkan karena kurang menjaga pola hidup. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat membantu meringanakan penderita gusi yang bengkak.