Saturday , July 20 2024
Cara Menghilangkan Vignette pada LCD Kamera

Cara Mudah Menghilangkan Vignette pada LCD Kamera DSLR Canon, Nikon dan FUJIFilm

Selamat datang kembali di laman ArsipUmum.com yang kali ini akan membahas seputar tips mengatasi Vignet pada LCD Kamera. Bagi para fotografer pro maupun pemula pasti pernahmengalamihal ini. Memang dari beberapa masalah kamera DSLR adalah Vignette pada LCD Kamera.

Apalagi bagi pemula, mendapatkan hasil jepretan kurang puas karena buram akan sering terjadi. Seiring dengan belajar dan belajar Anda akan tahu penyebab Vignet pada LCD Kamera dan cara mengatasinya. Pada kesempatan sebelumnya kami juga membahas mengenai Rekomendasi VPN Online Gratis Terbaik, Aman, Cepat dan Akses Internet Terbatas.

Apa itu Vignette pada LCD Kamera?

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan vignette pada LCD kamera, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu vignette.

Vignette adalah efek gelap di sudut-sudut layar LCD kamera yang dapat membuat hasil foto terlihat buram dan kurang tajam. Biasanya efek ini terlihat pada foto yang diambil menggunakan lensa dengan aperture lebar, terutama pada foto yang diambil pada kecepatan rana yang rendah.

Meskipun efek vignette ini dapat dihilangkan pada tahap editing, namun ada beberapa cara sederhana untuk menghindari efek ini terjadi pada hasil foto langsung di LCD kamera.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Autofocus pada Kamera DSLR Canon

Cara Menghilangkan Vignette pada LCD Kamera

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan vignette pada LCD kamera:

1. Ganti Lensa

Jika Anda sering mengalami efek vignette pada hasil foto, maka Anda dapat mencoba untuk mengganti lensa pada kamera Anda. Pilihlah lensa dengan aperture yang lebih kecil, karena aperture kecil dapat mengurangi efek vignette pada hasil foto.

Anda juga dapat mencoba lensa dengan focal length yang lebih pendek, karena lensa tersebut cenderung tidak menimbulkan efek vignette. Namun, perlu diingat bahwa memilih lensa dengan focal length pendek dapat memperpendek jarak kerja kamera Anda.

2. Periksa Pengaturan Kamera Anda

Cobalah untuk memeriksa pengaturan kamera Anda. Pastikan bahwa pengaturan kamera Anda sudah diatur secara benar, seperti pengaturan kecepatan rana, aperture, ISO, dan lainnya. Pengaturan yang salah dapat memperburuk efek vignette pada hasil foto.

Anda juga dapat mencoba untuk mengatur kamera Anda pada mode aperture priority atau manual mode. Mode ini akan memberikan kontrol penuh kepada Anda untuk mengatur aperture kamera, sehingga efek vignette dapat dihindari dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya

3. Gunakan Hood Lensa

Hood lensa atau lens hood adalah aksesoris yang digunakan untuk melindungi lensa kamera dari cahaya yang tidak diinginkan, serta untuk mengurangi efek vignette pada hasil foto. Gunakan hood lensa pada kamera Anda untuk menghindari efek vignette.

Jika Anda tidak memiliki hood lensa, Anda dapat mencoba membuat hood sederhana menggunakan bahan karton atau bahan lainnya yang mudah didapat. Cukup gunakan bahan tersebut untuk membentuk cincin hood, lalu pasang pada lensa kamera Anda.

4. Gunakan Filter Polarizer

Filter polarizer adalah aksesoris kamera yang dapat mengurangi efek vignette pada hasil foto. Filter ini juga dapat membantu mengurangi cahaya yang tidak diinginkan pada foto yang diambil pada kondisi yang cerah.

Anda dapat memilih filter polarizer yang sesuai dengan lensa kamera Anda, lalu pasang filter tersebut pada lensa kamera sebelum mengambil foto. Filter polarizer akan membantu meminimalkan efek vignette pada hasil foto Anda.

5. Gunakan Tripod

Jika Anda sering mengalami efek vignette pada hasil foto yang diambil pada kecepatan rana yang rendah, maka gunakanlah tripod saat mengambil foto. Dengan menggunakan tripod, Anda dapat menjaga kamera agar tetap stabil, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya efek vignette pada hasil foto.

Baca Juga: Rekomendasi Kamera Canon DSLR Terbaik untuk Fotografi Portrait Outdoor

Anda juga dapat menggunakan remote shutter atau self-timer saat mengambil foto dengan tripod, sehingga mengurangi getaran pada kamera dan memperkecil kemungkinan terjadinya efek vignette.

6. Edit Foto dengan Software

Jika Anda masih mengalami efek vignette pada hasil foto meskipun sudah mencoba beberapa cara di atas, maka Anda dapat mengedit foto menggunakan software editing foto. Software editing foto seperti Adobe Photoshop atau Lightroom memiliki fitur untuk menghilangkan efek vignette pada hasil foto.

Cara menghilangkan efek vignette pada software editing foto biasanya cukup mudah. Anda hanya perlu memilih alat penghilang vignette, lalu menghapus efek vignette pada sudut-sudut foto yang terlihat gelap.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Noise pada Kamera DSLR Canon

Perlu diingat bahwa setiap kamera memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga cara yang tepat untuk menghilangkan vignette pada kamera Anda mungkin berbeda dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan efek vignette pada LCD kamera. Anda bisa menghasilkan foto yang lebih tajam dan jelas tanpa efek vignette yang mengganggu dengan beberapa tips diatas.