Monday , May 20 2024
Cara Mengganti Filter Oli NMAX Motor Yamaha

Cara Mengganti Filter Oli NMAX Motor Yamaha, Perhatikan Letak dan Posisinya

Cara Ganti Filter Oli NMAX Motor Yamaha. Filter Oli NMAX adalah sebuah komponen yang digunakan dalam sistem pelumasan pada sepeda motor Yamaha NMAX. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam oli mesin, sehingga dapat menjaga kebersihan dan kinerja mesin secara optimal.

Filter Oli NMAX old biasanya terbuat dari bahan kertas atau non-woven yang dilipat menjadi beberapa lapisan, sehingga memiliki area permukaan yang lebih besar dan dapat menangkap lebih banyak partikel. Filter ini umumnya perlu diganti secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan yang disarankan oleh pabrik.

Waktu yang tepat untuk mengganti filter oli NMAX new pada sepeda motor Yamaha NMAX dapat bervariasi tergantung pada kondisi pemakaian dan lingkungan penggunaan sepeda motor tersebut. Namun, secara umum, disarankan untuk mengganti filter oli bersamaan dengan pergantian oli mesin pada setiap interval perawatan berkala, yaitu sekitar setiap 4.000-5.000 km atau setiap 4-6 bulan sekali tergantung pada kondisi pemakaian.

Baca Juga: Cara Pasang Aki Motor NMAX Yamaha

Letak dan posisi filter oli motor Nmax old perlu perhatikan saat menggantinya supaya tidak salah. Untuk mendapatkan filter oli motor Yamaha NMAX yang berkualitas, pastikan untuk membeli filter oli dari sumber yang terpercaya dan menggunakan filter oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Yamaha NMAX. Harga filter oli motor NMAX di dealer yamaha saat ini memang dijual dengan harga masih cukup tinggi namun mempunyai kualitas terbaik.

Akibat Filter Oli Nmax Tidak Diganti Secara Berkala

Jika filter oli pada sepeda motor Yamaha NMAX tidak diganti secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan yang disarankan, maka akan terjadi beberapa akibat yang dapat memengaruhi kinerja dan umur mesin. Beberapa akibat tersebut adalah:

  1. Menurunnya kualitas oli: Filter oli yang sudah kotor dan tersumbat tidak dapat menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil dengan baik, sehingga kualitas oli akan menurun dan tidak efektif lagi dalam melumasi mesin.
  2. Kerusakan pada komponen mesin: Partikel-partikel kecil yang tidak terfilter dapat masuk ke dalam komponen mesin, seperti crankshaft, bearing, piston, dan sebagainya, yang dapat menyebabkan keausan pada komponen tersebut dan memperpendek umur mesin.
  3. Performa mesin menurun: Kualitas oli yang menurun dan kerusakan pada komponen mesin dapat memengaruhi performa mesin, seperti menurunnya akselerasi, daya, dan efisiensi bahan bakar.

Untuk itu, sangat penting untuk mengganti filter oli secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan yang disarankan oleh pabrik agar mesin dapat berjalan dengan baik dan tahan lama.

Baca Juga:

Cara Mengganti Filter Oli NMAX

Berikut adalah cara mengganti filter oli pada sepeda motor Yamaha NMAX:

  1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin, lalu angkat sepeda motor menggunakan standar tengah atau posisi berdiri agar mudah diakses.
  2. Siapkan peralatan dan kunci yang diperlukan, seperti kunci pas, kain lap, stoples oli baru, dan filter oli baru.
  3. Lepaskan baut penutup filter oli yang terletak di bagian bawah mesin, biasanya di sebelah kanan. Lepaskan juga penutup filter oli beserta filter oli yang lama.
  4. Bersihkan area sekitar filter oli dan lubangi filter oli yang lama dengan kain lap bersih dan kering.
  5. Pasang filter oli baru ke dalam lubang filter oli dengan cara memasukkannya ke dalam lubang dan menekannya dengan lembut hingga terpasang dengan kokoh.
  6. Pasang kembali penutup filter oli baru beserta baut penguncinya. Pastikan baut terpasang dengan baik dan kencang namun tidak terlalu berlebihan.
  7. Isi mesin dengan oli mesin baru melalui lubang pengisian oli pada sisi kanan atas mesin. Pastikan untuk mengikuti jumlah dan jenis oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrik dan jangan melebihi batas maksimum.
  8. Nyalakan mesin dan biarkan selama beberapa menit untuk memastikan bahwa oli mesin mengalir dengan baik ke seluruh bagian mesin. Periksa kembali tingkat oli mesin dan tambahkan jika diperlukan.

Setelah selesai mengganti filter oli dan mengisi oli mesin yang baru, pastikan untuk membuang oli bekas dengan cara yang aman dan tidak mencemari lingkungan. Jangan lupa untuk menggunakan filter oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Yamaha NMAX.