Tuesday , April 23 2024
Cara Merawat CVT Motor NMAX Yamaha agar Awet dan Tips Mengatasi Suara Gredek

Cara Merawat CVT Motor NMAX Yamaha agar Awet dan Tips Mengatasi Suara Gredek

Cara Pasang CVT NMAX Motor Yamaha Yang Benar. CVT (Continuously Variable Transmission) pada sepeda motor Yamaha NMAX adalah sistem transmisi otomatis yang mengatur perpindahan gigi secara otomatis dan terus-menerus tanpa terputus-putus. Sistem ini menggunakan sabuk dan pulley untuk mengubah rasio transmisi secara terus-menerus, sehingga memberikan akselerasi yang lebih halus dan responsif serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

CVT pada sepeda motor Yamaha NMAX menggunakan teknologi Blue Core yang dikembangkan oleh Yamaha. Teknologi tersebut merupakan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang, dan meningkatkan performa mesin.

Agar CVT NMAX awet memang perlu dirawat secara berkala sebab terdapat sistem CVT yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara (air-cooled) yang membuat suhu mesin tetap stabil. Ketika CVT bunyi grek-grek, gredek dan tidak nyaman maka perlu di service.

CVT NMAX juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Y-Connect, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan sepeda motor melalui aplikasi smartphone, dan Stop & Start System, yang secara otomatis mematikan mesin saat berhenti pada lampu merah untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Baca Juga:

Untuk harga Paket CVT Nmax Yamaha lengkap mulau dari kampas ganda, pulley bubut modif racing baru paket komplit berkisar Rp840.000 yang bisa di beli secara online di marketplace. Sedangkan harga CVT Grease KIT dibandrol 150 ribuan.

Jadwal Servis CVT NMAX

Sebagai bagian penting dari sistem transmisi sepeda motor, CVT NMAX harus mendapatkan perawatan secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan tahan lama. Berikut adalah beberapa saran kapan sebaiknya melakukan servis CVT pada sepeda motor Yamaha NMAX:

  1. Servis CVT pertama: Biasanya dilakukan setelah sepeda motor menempuh jarak sekitar 1.000 km atau setelah 1 bulan pemakaian pertama. Servis ini bertujuan untuk memeriksa kondisi CVT, termasuk sabuk CVT, roller, dan filter udara, serta melakukan penggantian oli CVT jika diperlukan.
  2. Servis CVT berkala: Setelah melakukan servis pertama, sebaiknya melakukan servis berkala setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung dari kondisi pemakaian sepeda motor. Servis ini meliputi pemeriksaan kondisi sabuk CVT, roller, filter udara, dan penggantian oli CVT.
  3. Servis CVT khusus: Selain servis CVT berkala, sepeda motor NMAX juga memerlukan servis khusus CVT setiap 20.000 km atau 2 tahun sekali. Servis ini meliputi pemeriksaan kondisi CVT secara menyeluruh, termasuk penggantian sabuk CVT, roller, dan filter udara jika diperlukan, serta penggantian oli CVT.

Namun, jadwal servis yang disarankan dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi pemakaian sepeda motor dan faktor lingkungan yang mempengaruhi kinerja CVT. Oleh karena itu, sebaiknya mengacu pada buku manual pemilik untuk mengetahui jadwal servis yang disarankan untuk sepeda motor Yamaha NMAX Anda.

Biaya Servis CVT NMAX

Bagi Anda yang masih belum tahu dan ragu mengenai biaya servis CVT untuk NMAX hanya sekitar Rp 90 ribu, yang tentunya sangat terjangkau.

Sementara itu, untuk servis ringan Yamaha All New NMAX, biayanya sedikit lebih mahal sekitar Rp 120 ribu. Namun, biaya ini masih tergolong wajar mengingat kebutuhan perawatan berkala pada sepeda motor yang tidak boleh diabaikan.

Meskipun biaya servis CVT NMAX tidak sampai Rp 100 ribu, hal ini justru membuktikan bahwa Yamaha NMAX old merupakan salah satu sepeda motor matic yang sangat terjangkau dan ekonomis. CVT NMAX juga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar, sehingga dapat menghemat pengeluaran bahan bakar Anda.

Baca Juga:

Cara Merawat CVT NMAX

Sebagai salah satu bagian penting dari sistem transmisi pada sepeda motor, CVT NMAX membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga kinerjanya tetap optimal dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips perawatan CVT NMAX yang dapat Anda lakukan:

1. Periksa Sabuk CVT Secara Berkala

Sabuk CVT adalah salah satu komponen utama pada CVT NMAX. Seiring dengan waktu, sabuk CVT akan mengalami keausan dan perlu diganti. Sebaiknya, periksa kondisi sabuk CVT setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali dan ganti jika diperlukan.

2. Ganti Oli CVT Secara Berkala

Oli CVT berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen dalam CVT NMAX. Oli CVT perlu diganti secara berkala, biasanya setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali. Pastikan untuk menggunakan oli CVT yang direkomendasikan oleh produsen.

3. Periksa Roller

Roller adalah komponen yang berfungsi untuk memindahkan daya dari sabuk CVT ke pulley. Roller perlu diperiksa secara berkala dan diganti jika ditemukan kerusakan.

4. Periksa Filter Udara

Filter udara pada CVT NMAX berfungsi untuk menyaring udara sebelum masuk ke dalam CVT. Pastikan untuk membersihkan filter udara secara berkala atau menggantinya jika sudah kotor atau rusak.

5. Hindari Overheat

CVT NMAX sangat rentan terhadap overheat, khususnya saat digunakan dalam kondisi yang ekstrem atau di bawah beban yang berat. Hindari pemakaian sepeda motor dalam kondisi seperti itu untuk menjaga kinerja CVT.

Baca Juga:

Melakukan perawatan secara berkala pada CVT NMAX, Anda dapat memastikan bahwa sepeda motor Anda selalu dalam kondisi yang baik dan siap digunakan kapan saja. Selain itu, perawatan berkala juga dapat membantu mencegah kerusakan dan memperpanjang umur CVT NMAX.