Friday , June 21 2024
Cara Membuat Donat Kentang Empuk, Renyak dan Mengembang Sempurna

Peluang Bisnis! Cara Membuat Donat Kentang Empuk, Renyak dan Mengembang Sempurna

Bahan Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lembut. Siapa yang tidak suka dengan donat? Makanan yang lezat dan populer ini dapat dinikmati oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Donat kentang adalah varian donat yang terbuat dari kentang yang diproses menjadi adonan donat.

Donat kentang empuk, renyah dan mengembang sempurna adalah hasil yang diinginkan setiap orang ketika membuat donat kentang. Anda dapat dengan mudah membuat donat kentang sendiri di rumah, dan artikel ini akan memberi tahu Anda cara melakukannya.

Resep donat kentang memang di rahasiakan sebab bisa menjadi peluang bisnis. Kebanyakan orang mencoba membuat donat kentang mengeras alias “bantet” orang jawa menyebutnya. Untuk itu, ArsipUmum.com akan memberikan bahan dan resep membuat donat kentang empuk dan mengembang yang bisa dijadikan ladang bisnis.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat donat kentang, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Anda akan memerlukan 500 gram kentang yang sudah dihaluskan, 150 gram tepung terigu protein tinggi, 2 butir telur, 50 gram mentega yang sudah dicairkan, 50 gram gula pasir, 1 sdt garam, dan 11 gram ragi instan. Selain itu, Anda juga membutuhkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng donat.

Baca Juga: Cara Membuat Slime yang Aman untuk Anak-Anak Lengkap dengan Bahan

Cara Membuat Donat Kentang

Berikut ini beberapa langkah-langkah membuat kentang Empuk, Renyah dan Mengembang Sempurna.

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama, campurkan tepung terigu, gula, dan ragi instan dalam mangkuk besar. Kemudian tambahkan kentang yang sudah dihaluskan, telur, mentega cair, dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang lembut dan elastis. Setelah itu, tutup mangkuk dengan kain bersih dan biarkan adonan mengembang selama kurang lebih 1 jam.

Langkah 2: Menggiling Adonan

Setelah adonan mengembang, giling adonan dengan rolling pin hingga setebal 1 cm. Setelah itu, gunakan cetakan donat untuk membentuk adonan menjadi donat. Letakkan donat di atas loyang dan biarkan mengembang selama 30-45 menit.

Langkah 3: Menggoreng Donat

Setelah donat mengembang, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng donat selama 2-3 menit hingga kecoklatan. Setelah itu, balik donat dan goreng sisi lainnya hingga kecoklatan. Angkat donat dan tiriskan dari minyak.

Baca Juga: Aplikasi Jual Foto Penghasil Uang, Dapatkan Penghasilanmu Lewat Ponsel

Tips dan Trik

Agar donat kentang empuk, renyah dan mengembang sempurna, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda ikuti:

  1. Jangan terlalu sering mengaduk adonan karena akan membuat gluten di dalam tepung terigu menjadi terlalu kuat dan membuat donat jadi keras.
  2. Biarkan adonan mengembang selama waktu yang cukup untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan mengembang. Pastikan tempat pengembangan adonan cukup hangat dan tidak terkena angin dingin agar adonan tidak kempes.
  3. Gunakan tepung terigu protein tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Protein tinggi dapat membuat donat lebih kenyal dan elastis.
  4. Goreng donat dalam minyak yang cukup panas, namun jangan terlalu panas sehingga donat tidak terlalu cepat kecoklatan dan masih matang merata di dalamnya.
  5. Setelah digoreng, tiriskan donat di atas kertas minyak atau tisu dapur agar minyak yang menempel bisa terserap.
  6. Tambahkan topping favorit Anda, seperti gula halus, keju parut, atau coklat leleh untuk meningkatkan cita rasa dan tampilan donat kentang Anda.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat donat kentang empuk, renyah dan mengembang sempurna. Dengan mengikuti resep dan tips yang telah dijelaskan, Anda dapat membuat donat kentang yang lezat di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman. Baca Juga: Cara Mudah Membuat Slime dengan Bahan Rumahan