Monday , June 17 2024
Harga Jamur Kancing per KG Terbaru

Harga Jamur Kancing per KG Terbaru Juni 2024, Manfaat, Olahan dan Usaha Budidaya

Info terbaru harga jamur kancing per 1 kg (kilogram) di pasar lengkap dengan manfaat, olahan dan cara budidaya. Jamur kancing adalah salah satu jenis jamur yang tergolong dalam keluarga Agaricaceae. Jamur ini biasanya tumbuh di tanah yang lembab dan di sekitar pohon-pohon yang sudah tua. Jamur kancing biasanya memiliki bentuk seperti kancing dengan ujung yang runcing dan warna putih keabu-abuan.

Jamur kancing dikenal memiliki rasa yang enak dan aroma yang kuat. Jamur ini sering diolah menjadi berbagai masakan seperti jamur goreng, sup jamur, atau ditambahkan ke dalam masakan lain sebagai bahan tambahan. Harga jamur kancing olahan cukup ekonomis sehingga bisa menjadi berbagai olahan rumahan.

Selain itu, jamur kancing juga dikenal memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jamur kancing jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Manfaat Jamur Kancing dan Kandungan

Manfaat Jamur Kancing

Berikut adalah beberapa manfaat jamur kancing dan kandungan yang terkandung di dalamnya:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Jamur kancing mengandung asam folat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Jamur kancing mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, seperti protein, vitamin D, dan mineral seperti zat besi dan kalium.

3. Mencegah Anemia

Jamur kancing juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi di dalam tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis

Jamur kancing mengandung kalsium yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis atau penipisan tulang yang sering terjadi pada orang tua.

Baca Juga:

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jamur kancing mengandung asam lovastatin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jamur kancing memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Jamur kancing juga dapat membantu mencegah penyakit jantung akibat kadar kolesterol yang tinggi.

8. Mencegah Diabetes

Jamur kancing mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Jamur kancing juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi collagen yang dapat menjaga kekenyalan kulit.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Jamur kancing juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan meningkatkan produksi keratin yang dapat memperkuat rambut.

Baca Juga:

Namun, perlu diingat bahwa meskipun jamur kancing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi jamur kancing secara berlebihan. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jamur kancing jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Usaha Jamur Kancing

Usaha budidaya jamur kancing merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai usaha budidaya jamur kancing:

1. Tentukan Lokasi

Pilihlah lokasi yang memiliki sinar matahari yang cukup, kelembaban yang tinggi, dan tidak terkena pengaruh polusi udara.

2. Siapkan Peralatan

Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti wadah, media tanam, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan.

3. Tanam Benih

Cari benih jamur kancing yang berkualitas dan tanam pada media tanam yang telah disiapkan.

4. Perawatan

Pastikan media tanam tetap lembab dan bersih serta sesekali memberikan pupuk organik untuk menjaga pertumbuhan jamur yang sehat.

5. Panen

Tunggu hingga jamur sudah tumbuh dengan sempurna, lalu panen dan siapkan untuk dijual.

6. Pasarkan

Carilah pasar yang tepat untuk menjual jamur kancing yang Anda tanam. Anda dapat menjualnya ke pasar tradisional atau melalui media online.

Baca Juga:

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti pelatihan budidaya jamur kancing yang diselenggarakan oleh lembaga terkait untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam menjalankan usaha ini.

Pastikan juga untuk memperhatikan aspek-aspek keamanan dan higienis dalam menjalankan usaha budidaya jamur kancing agar tidak menyebabkan masalah kesehatan bagi konsumen.

Harga Jamur Kancing per Kg

Jamur Kancing [1 kg/ Bandung]Rp65.000
Rendi Farm Jamur Kancing Sayuran [1 kg]Rp43.200
Jamur Kancing Fresh 1 KGRp41.200
Jamur Kancing Sayuran [1 kg]Rp43.200
IKPS Jamur Kancing 425 GramRp15.000
Sayur Farmer Friends – Jamur Champignon (1 kg)Rp49.000
Jamur Champignon Jamur Kancing Etira mushroom 1kg / BagRp69.800
Etira Jamur Kancing Fresh I Mushrooms Champignon Bag – 1 KgRp45.000

Harga jamur kancing tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis jamur, kualitas, dan lokasi pasar. Biasanya, harga jamur kancing di pasaran berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per 100 gram. Namun, harga tersebut bisa saja berbeda tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Baca Juga:

Sebagai contoh, harga jamur kancing yang berkualitas tinggi atau yang dijual di pasar ekspor mungkin akan lebih mahal dibandingkan dengan harga jamur kancing di pasar lokal. Jika Anda ingin membeli jamur kancing, sebaiknya pertimbangkan kualitas dan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.