Wednesday , July 24 2024
Destinasi Wisata Pantai di Belitung yang Istimewa Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga dan Rekomendasi Jasa Tour Terpercaya

Destinasi Wisata Pantai di Belitung yang Istimewa Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga dan Rekomendasi Jasa Tour Terpercaya

Pulau Belitung yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menawarkan destinasi wisata pantai dan beragam pengalaman seru bagi seluruh anggota keluarga.

Dikenal dengan keindahan pantai pasir putih, gugusan batu granit berukuran besar, dan suasana yang tenang, Belitung adalah tempat yang sempurna untuk berkunjung bersama keluarga.

Sebelum Anda memutuskan berwisata ke Pulau Laskar Pelangi salah satunya, silahkan baca informasi mengenai beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan tips liburan ke Belitung bersama keluarga ini.

Destinasi Wisata di Belitung yang Istimewa dan Wajib Dikunjungi

Berikut ada lima destinasi wisata di Belitung yang istimewa dan patut untuk dikunjungi bersama keluarga:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pertama ada Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai terkenal di Belitung karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Pantai ini sangat terkenal karena bebatuan granit yang besar-besar yang tersebar di sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang sangat eksotis sehingga cocok untuk pengambilan spot foto.

Disamping itu, pantai ini memiliki keelokan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sempurna untuk berenang dan berjemur. Selain itu, ada juga pulau-pulau kecil di dekat pantai yang bisa Anda jelajahi menggunakan perahu.

Pantai Tanjung Tinggi juga menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film “Laskar Pelangi” yang sangat terkenal.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai yang menakjubkan ini bersama keluarga Anda sehingga menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Pulau Lengkuas

Lokasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat ke Belitung adalah Pulau Lengkuas atau yang sering Anda lihat terdapat pulau kecil yang terkenal dengan mercusuar bersejarahnya.

Mercusuar ini sudah dibangun ratusan tahun lalu yang memiliki 313 tangga. Ketika Anda naik ke atas, Anda akan disajikan pemandangan pantai yang indah dan air laut yang biru kehijauan yang jernih.

Kegiatan apa yang bisa Anda lakukan di pulau ini? Anda dapat melakukan snorkeling di sekitar pulau ini dan menikmati kehidupan bawah laut yang indah. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk mendaki ke puncak mercusuar untuk menikmati pemandangan laut yang indah.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai di Belitung yang memiliki keindahan tiada tara selanjutnya adalah Tanjung Kelayang. Pantai yang diberkahi pasir putih yang indah dan laut yang tenang. Pantai ini menawarkan pemandangan laut biru dan batu granit yang besar-besar yang tersebar di sekitarnya.

Bakal dapat pengalaman yang tak terlupakan saat berwisata di pantai Tanjung untuk menikmati sunset atau matahari terbenam yang indah. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu tradisional untuk menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar pantai ini.

Kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di pantai Tanjung Kelayang adalah berenang, bersantai, dan menikmati keindahan alam bersama keluarga sambil bermain air laut.

4. Pulau Batu Berlayar

Keempat ada Pulau Batu Berlayar merupakan pulau yang memiliki batu besar yang menyerupai perahu layar. Pulau ini menjadi ikon dari pariwisata Belitung dan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kegiatan apa yang bisa Anda lakukan di tempat ini? Anda bisa menikmati pantai sambil berjalan-jalan di atas bebatuan granit yang unik. Pulau Batu Berlayar juga menjadi tempat yang bagus untuk spot snorkeling dan menyelam.

5. Pulau Pasir

Memang tidak ada habisnya membahas serpihan surga yang jatuh di Bumi Belitung. Terdapat pulau Pasir yang bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya yang tak boleh dilewatkan.

Pulau Pasir atau pulau kecil yang terletak di tengah-tengah laut dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pulau ini hanya muncul saat air laut surut dan menjadi tujuan wisata yang populer di Belitung.

Anda dapat melakukan kegiatan berjalan-jalan di sekitar pulau ini, berjemur di atas pasir putih, dan menikmati pemandangan laut yang indah. Pulau Pasir menjadikan Anda merasa seperti berada di tengah laut yang luas.

Setelah membahas mengenai beberapa destinasi pantai yang ada di Belitung diatas, tentu ada beberapa hal yang tak boleh dilewatkan ketika akan berwisata ke tempat tersebut yakni mengetahui beberapa tips liburan ke Belitung agar perjalanan wisata makin berkesan.

Tips Liburan Ke Belitung Menyenangkan

Sebelum memulai perjalanan ke Belitung, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan:

1. Buat Jadwal Perjalanan

Maksudnya, buatlah jadwal perjalanan yang detail agar Anda dapat mengunjungi seluruh destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi di Belitung. Jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu tempuh antar lokasi dan berikan waktu yang cukup untuk setiap kegiatan yang ingin Anda lakukan.

2. Pilih Jasa Tour Terpercaya

Setelah menentukan jadwal, jika Anda ingin liburan yang lebih terorganisir dan nyaman, alangkah baiknya menggunakan jasa tour dapat menjadi pilihan. Jasa tour seperti Billitone Capture dapat membantu Anda merencanakan dan mengatur seluruh perjalanan Anda di Belitung, termasuk akomodasi, transportasi, dan kegiatan wisata.

Billitone Capture adalah perusahaan yang menyediakan paket trip belitung dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang terbaik. Mereka menawarkan paket tour yang terdiri dari penginapan, transportasi, dan berbagai aktivitas wisata yang menarik.

Menawarkan berbagai paket wisata Belitung dengan berbagai pilihan katagori, lokasi destinasi dan durasi waktu perjalanan. Anda dapat menjelajahi destinasi wisata di Belitung dengan lebih nyaman dan tanpa repot.

3. Siapkan Anggaran yang Cukup

Pastikan Anda memiliki anggaran yang mencukupi untuk transportasi, akomodasi, makanan, dan kegiatan wisata di Belitung. Perhatikan juga harga-harga di daerah tersebut agar Anda tidak kehabisan uang selama berlibur.

4. Pilih Waktu Liburan yang Tepat

Pertimbangkan waktu liburan Anda dengan baik. Cuaca dan jumlah wisatawan di Belitung dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keseruan liburan Anda. Kapan waktu terbaik pas untuk Ke Belitung? Belitung memiliki dua musim utama, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Namun, terlepas dari musimnya, Belitung dapat dikunjungi sepanjang tahun. Berikut detail mengenai waktu terbaik untuk mengunjungi Belitung:

Musim Kemarau (April-Agustus)

Pada periode ini, cuaca di Belitung cenderung cerah dengan sedikit hujan. Suhu udara hangat dan angin sepoi-sepoi membuat kondisi pantai menjadi lebih menyenangkan untuk dikunjungi. Ini adalah waktu yang ideal untuk menjelajahi pantai-pantai indah Belitung dan menikmati aktivitas air seperti snorkeling, diving, atau berwisata pulau.

Musim Hujan (September-Maret)

Meskipun curah hujan lebih tinggi pada musim ini, tetapi Anda masih bisa menikmati liburan di Belitung. Musim hujan di Belitung tergolong ringan, dengan hujan yang biasanya berlangsung tidak terlalu lama. Selain itu, musim hujan juga menawarkan suasana yang lebih sejuk dan pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung.

Namun, perlu diingat bahwa kondisi cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca terbaru sebelum berangkat.

Sebelum berkunjung ke Belitung, penting untuk memahami kondisi cuaca di Belitung agar Anda dapat merencanakan kegiatan liburan dengan baik dengan memantau di laman BMKG terkini. Penting untuk selalu memperbarui informasi cuaca terkini sebelum melakukan perjalanan ke Belitung agar Anda dapat mengantisipasi kondisi cuaca dan menyesuaikan rencana liburan Anda.

5. Persiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Memang terlihat rempong, namun saat berlibur ke Belitung, ada beberapa barang yang perlu Anda siapkan agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa barang yang wajib Anda bawa saat berlibur di Belitung:

Pakaian

Siapkan pakaian untuk keluarga yang sesuai dengan cuaca di Belitung. Bawalah pakaian ringan dan nyaman, seperti kaos, celana pendek, serta baju renang. Jika Anda berkunjung saat musim hujan, sebaiknya bawa juga jas hujan atau payung untuk melindungi diri dari hujan.

Tabir Surya dan Topi

Karena cuaca di Belitung cenderung panas, penting untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Bawa tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi dan topi yang bisa melindungi kepala Anda dari sinar matahari langsung.

Perlengkapan Mandi

Bawalah perlengkapan mandi pribadi seperti sabun, shampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Jika Anda berencana berenang di pantai, jangan lupa bawa handuk dan sandal karet.

Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki kondisi medis khusus, pastikan untuk membawa obat-obatan yang Anda perlukan selama liburan. Sediakan juga obat anti alergi jika Anda memiliki alergi makanan atau alergi lainnya.

Peralatan Snorkeling

Kegiatan paling asik di pantai adalah snorkeling di perairan Belitung, bawalah peralatan snorkeling Anda sendiri seperti kacamata renang, snorkel, dan pelampung. Namun, jika Anda tidak membawa peralatan snorkeling, Anda dapat menyewanya di tempat penyewaan alat snorkeling di Belitung yang tentunya menambah pengeluaran anggaran.

Power Bank dan Kamera

Tidak kalah pentingnya dari peralatan sebelumnya, jangan lupa membawa power bank untuk mengisi daya ponsel Anda saat sedang bepergian. Sediakan juga kamera atau smartphone dengan kualitas kamera yang baik atau sewa kamera untuk mengabadikan momen indah selama liburan di Belitung.

Uang Tunai

Pastikan untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, terutama jika Anda berkunjung ke daerah yang jauh dari pusat kota. Meskipun ada beberapa tempat yang menerima pembayaran dengan kartu, tetapi tidak ada salahnya membawa uang tunai sebagai cadangan.

Dokumen Penting

Penting sekali untuk membawa dokumen penting seperti kartu identitas, tiket, atau bukti pemesanan hotel. Simpan dokumen-dokumen ini di tempat yang aman dan mudah di jangkau.

6. Pelajari Budaya dan Adat Istiadat Lokal

Sebelum berkunjung ke Belitung, ada baiknya Anda mempelajari budaya dan adat istiadat lokal. Menghormati kebiasaan setempat dan etika yang berlaku dapat membuat perjalanan Anda lebih berkesan.

Mengenai Makanan Yang Banyak Seafood (Waspada Terhadap Yang Alergi)

Belitung terkenal dengan makanan lautnya yang lezat, terutama makanan seafood. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi seafood atau yang ingin berhati-hati terhadap alergi seafood, Anda perlu berhati-hati saat mencoba hidangan seafood di Belitung. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung seafood di Belitung antara lain:

  • Kepiting: Kepiting merupakan makanan seafood populer di Belitung. Ada berbagai jenis hidangan kepiting yang dapat Anda coba, seperti kepiting saus Padang atau kepiting saus tiram.
  • Ikan: Berbagai jenis ikan laut segar dapat ditemukan di Belitung, seperti ikan kakap, ikan bandeng, atau ikan teri. Ikan-ikan ini umumnya diolah menjadi hidangan khas Belitung seperti ikan bakar atau ikan goreng.
  • Udang: Udang adalah salah satu hidangan seafood yang paling umum dijumpai di Belitung. Anda dapat mencoba berbagai hidangan udang, seperti udang saus padang, udang telur asin, atau udang rebus.
  • Kerang: Di Belitung, Anda dapat menikmati kerang segar dengan berbagai olahan, mulai dari kerang panggang, kerang saus Padang, hingga kerang dingin yang disajikan dengan saus sambal.

Bagi mereka yang memiliki alergi seafood, penting untuk menjaga kewaspadaan saat mencoba hidangan-hidangan seafood di Belitung. Pastikan untuk bertanya kepada pelayan atau juru masak mengenai bahan dan kandungan seafood dalam hidangan sebelum memesan. Jika Anda memiliki alergi seafood yang serius, disarankan untuk membawa obat alergi dan menghindari konsumsi hidangan seafood.

Belitung adalah pulau yang menawarkan keindahan alam yang masih asli dan berbagai objek wisata menarik lengkap jenis kuliner yang sedap untuk di santap. Diatas telah kami rekomendasikan lima destinasi wisata di Belitung yang istimewa dan wajib dikunjungi bersama keluarga.

Kami juga merekomendasikan jasa tour di Billitone Capture untuk memudahkan perjalanan wisata Anda di Belitung. Lakukan pemesanan mudah dan cepat jasa tour Anda di Belitung di Billitone Capture di laman https://www.billitonecapture.com.

Selamat berlibur di Belitung bersama keluarga Anda!