Tuesday , April 23 2024
Cara Makeup Tahan Lama & Fresh

4 Cara Makeup Tahan Lama dan Fresh Seharian

Tampil cantik seharian tentu menjadi keinginan setiap Wanita, baik itu pekerja kantoran maupun pekerja di lapangan. Dengan tampil cantik tentunya dapat menambah rasa percaya diri ketika ketemu dengan bos, teman kerja ataupun klien.

Salah satu cara agar wajah tetap cantik adalah dengan menggunakan makeup, namun bagi yang belum tau cara makeup tahan lama pasti akan cepat luntur.

Cara Makeup Tahan Lama dan Fresh

Nah, berikut ini ARSIPUMUM.COM akan mencoba berbagi tips makeup fresh dan tahan lama yang dapat Anda coba di rumah.

1. Memakai Pelembab

Ketua Komunitas Makeup Artist Terhits (KMT) yaitu Cha Zhyulyana berkata bahwa hal pertama yang harus diperhatikan supaya riasan lebih tahan lama adalah kondisi wajah. Selain wajah harus dalam keadaan bersih dan sehat, wajah juga harus diberi pelembab sebelum melakukan makeup.

“Jangan lupa menggunakan moisturizer atau base makeup sebagai dasar sebelum menggunakan foundation agar kulit wajah kita itu bisa kuat menerima produk yang akan dipakai selanjutnya,” ujar Cha.

2. Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Jenis kulit juga menjadi salah satu factor makeup tahan lama, pasalnya ada beberapa jenis kulit, entah itu normal, berminyak atau kering. Sehingga pemilihan produk makeup pun sangat berpengaruh untuk ketahanan riasan.

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan foundation dengan hasil akhir matte, ditambah bedak tabur, dan diakhiri dengan menggukanan bedak padat supaya lebih maksimal.

Sedangkan bagi Anda yang mempunyai kulit normal atau kering tentu langkah-langkahnya berbeda. Cha Zhyulyana juga berkata kalau tidak perlu terlalu berlebihan untuk lapisan foundation dan bedaknya, jadi yang simpel saja.

3. Memakai Setting Spray

Tips lainnya adalah dengan menggunakan setting spray sebelum atau setelah makeup. Jika tidak mempunyai setting spray, cara lainnya adalah dengan memasukkan air dingin ke dalam botol, kemudian semprotkan air tersebut ke wajah.

Metode lainnya sebagai pengganti setting spray adalah penggunaan es batu. “Setelah dibersihkan wajahnya, pakai es batu ke area wajah. Baru pakai base make up, foundation, dan bedak,” kata Cha.

4. Pemilihan Warna Makeup

Agar tampil lebih fresh Anda harus pintar memilih warna makeup. Menurut Cha Zhyulyana, riasan yang menjadi tren saat ini salah satunya adalah makeup sunset, yang menampilkan warna-warna oranye dengan kesan segar.

“Warna eyeshadow oranye soft, ditambah sedikit gliter di tengah kelopak mata, lalu penggunaan eyeliner dan bulu mata yang tipis bisa membantu lebih fresh pada saat hari raya nanti,” ujar Cha.

Untuk terlihat fresh juga sangat cocok dengan menggunakan blush on di bawah mata atau menyambung dari tulang pipi kanan ke kiri menyebrangi hidung. Tidak lupa juga untuk menambahkan sedikit warna shimering lagi di blush on yang diterapkan.