Monday , June 24 2024
Update Harga Brokoli Per Kg di Pasaran, Manfaat dan Efek Samping

Harga Brokoli Per Kg Terbaru Juni 2024, Manfaat dan Efek Samping

Update Harga Brokoli Per Kg di Pasaran, Manfaat dan Efek Samping. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi di seluruh dunia. Brokoli tumbuh dari tanaman yang memiliki batang tegak dan daun yang berwarna hijau tua. Brokoli memiliki bunga yang berwarna hijau keunguan dan sering digunakan dalam masakan seperti tumis, rebus, atau diolah menjadi sayur asem.

Brokoli memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin C, vitamin K, kalium, dan serat.

Brokoli merupakan tanaman yang tumbuh di daerah-daerah dengan iklim yang sejuk dan lembab, seperti di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Beberapa negara penghasil brokoli terbesar di dunia adalah China, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Brokoli biasanya dipanen pada bulan Oktober hingga April, tergantung pada lokasi dan iklim. Namun, brokoli juga tersedia di pasaran sepanjang tahun karena dapat dipanen di daerah-daerah dengan iklim yang lebih hangat atau dapat dikembangbiakkan secara hidroponik.

Brokoli memiliki rasa yang segar dan lembut, dengan sedikit rasa pahit. Rasa pahit tersebut biasanya lebih terasa pada bagian daun brokoli, sedangkan bagian bunga brokoli memiliki rasa yang lebih lembut dan segar.

Brokoli sering dikombinasikan dengan bahan lain dalam masakan seperti tumis, rebus, atau diolah menjadi sayur asem, yang dapat membantu mengurangi rasa pahitnya.

Nutrisi Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dalam brokoli terdiri dari:

  • Vitamin C: 135% dari asupan harian yang dianjurkan (RDA)
  • Vitamin K: 92% dari RDA
  • Kalsium: 4% dari RDA
  • Zat besi: 3% dari RDA
  • Folat: 12% dari RDA
  • Potassium: 9% dari RDA
  • Serat: 2% dari RDA

Baca Juga:

Brokoli juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mencegah perkembangan kanker.

Brokoli juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan kadar seroton in dalam otak, yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Manfaat dan Khasiat Brokoli

Brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah Anemia

Brokoli kaya akan zat besi, yang dapat mencegah anemia dengan menjaga kadar hemoglobin yang normal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli kaya akan kalsium, yang dapat menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan kekuatan tulang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli kaya akan vitamin A, yang dapat menjaga kesehatan mata dengan mencegah degenerasi makula dan katarak.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Brokoli mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

5. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mencegah perkembangan kanker. Brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Brokoli kaya akan serat, folat, dan potassium yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Efek Samping Brokoli

Sebagian besar orang dapat mengonsumsi brokoli tanpa mengalami efek samping apapun. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi brokoli, seperti gatal-gatal, bengkak, dan sesak napas. Jika Anda merasa mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi brokoli, segera hubungi dokter.

Brokoli juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare, mulas, atau perut kembung, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebagai tambahan, brokoli dapat meningkatkan efek samping beberapa obat, seperti obat antikoagulan (untuk mencegah pembekuan darah) dan obat antiplatelet (untuk mencegah pembentukan bekuan darah).

Baca Juga:

Sebaiknya hindari mengonsumsi brokoli dalam jumlah yang berlebihan dan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi brokoli jika Anda sedang mengonsumsi obat.

Daftar Harga Brokoli per Kg

Berikut adalah daftar harga brokoli dipasaran dengan berbagai produk:

Sayur Brokoli Hijau Segar Fresh 1kgRp30.000
Sayur ABOVE (A Box Of Vegetables) Brokoli [1 kg]Rp46.700
Lumbung Padi Fresh Brokoli Sayuran [1 kg]Rp42.000
Sayur Farmer Friends – Brokoli Potong (1 kg)Rp71.800
BROKOLI BROCOLI IMPORT FROZEN 1 KGRp50.500
Brokoli 1 kg freshRp46.400
HarvestMoon Brokoli Import 1kgRp72.500
BROKOLI SAYURAN SEGAR SAYUR BROKOLI SAYUR HIJAU 1KGRp35.000
kembang kol 500grRp17.500
Brokoli Frozen (1 KG)Rp35.000

Lihat Juga:

Harga brokoli di pasar-pasar di luar Indonesia bisa saja berbeda. Sebaiknya lakukan pencarian terlebih dahulu untuk mengetahui harga brokoli di pasar terdekat Anda.