Thursday , September 28 2023
Harga Buncis per kilo di Pasaran, Jenis, Manfaat dan Nutrisi

Harga Buncis per Kg Terbaru Oktober 2023, Jenis, Manfaat dan Nutrisi

Harga Buncis per kilo di Pasaran, Jenis, Manfaat dan Nutrisi. Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi di seluruh dunia. Buncis tumbuh dari tanaman yang memiliki batang tegak dan daun yang berwarna hijau tua. Harga buncis juga mungkin lebih mahal di daerah yang jarang menanam buncis, atau ketika ketersediaan buncis di pasar menurun.

Buncis memiliki buah yang berbentuk panjang dan pipih, dan sering digunakan dalam masakan seperti tumis, rebus, atau diolah menjadi sayur asem.

Buncis memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin K, vitamin C, kalium, dan serat.

Jenis Buncis

Terdapat beberapa jenis buncis yang tersedia di pasaran, di antaranya:

1. Buncis Jepang

Buncis jepang memiliki buah yang lebih panjang dan pipih daripada buncis biasa, dan sering digunakan dalam masakan seperti tumis atau rebus. Buncis jepang memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

2. Buncis Kuning

Buncis kuning memiliki buah yang berwarna kuning dan berbentuk panjang dan pipih, dan sering digunakan dalam masakan seperti tumis atau rebus. Buncis kuning memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

3. Buncis Ungu

Buncis ungu memiliki buah yang berwarna ungu dan berbentuk panjang dan pipih, dan sering digunakan dalam masakan seperti tumis atau rebus. Buncis ungu memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Buncis Batang

Buncis batang adalah jenis buncis yang memiliki buah yang berbentuk batang dan tumbuh dari tanaman yang memiliki batang tegak dan daun yang berwarna hijau tua. Buncis batang memiliki rasa yang segar dan lembut, dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:

Manfaat dan Kandungan Buncis

Buncis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buncis kaya akan serat, folat, dan potassium yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Mencegah Anemia

Buncis kaya akan zat besi, yang dapat mencegah anemia dengan menjaga kadar hemoglobin yang normal.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buncis kaya akan kalsium, yang dapat menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan kekuatan tulang.

4. Mencegah Kanker

Buncis mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mencegah perkembangan kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buncis kaya akan vitamin A, yang dapat menjaga kesehatan mata dengan mencegah degenerasi makula dan katarak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Buncis mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Baca Juga:

Kandungan Nutrisi Buncis

  • Vitamin C: 20% dari asupan harian yang dianjurkan (RDA)
  • Kalsium: 2% dari RDA
  • Zat besi: 2% dari RDA
  • Folat: 10% dari RDA
  • Vitamin K: 60% dari RDA
  • Potassium: 5% dari RDA
  • Serat: 4% dari RDA

Harga Buncis per Kg

Harga buncis di pasaran bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi pasar, musim, dan ketersediaan. Misalnya, harga buncis di pasar tradisional mungkin lebih murah daripada di toko kelontong, tergantung pada lokasi dan musimnya.

Buncis Lokal 500 Gram Rp8.900
Baby Buncis [250 gr] Rp6.500
Buncis Super – Bakoel Sayur Online Rp2.700
Rumah Sayur Alam Sutera Buncis Sayuran [250 gram] Rp4.025
Rumah Sayur Jakarta Utara Buncis [250 g] Rp4.025
buncis Rp4.000
Risoles Ragout Frozen (5 pcs) Rp32.300
Buncis [250 gr] Rp4.100
FreshBox Sayuran Buncis [1 kg] Rp18.800
Lumbung Padi Fresh Buncis Premium [250 g] Rp6.500

Update harga buncis lokal mengalami penurunan di tahun 2022. Buncis utuh (lanjaran) yang semula dibanderol Rp17.400, turun menjadi Rp16.000 per kg.

Baca Juga:

Sebagai acuan, harga buncis per ikat di pasar tradisional bisa mencapai Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000, tergantung pada lokasi dan musimnya. Namun, harga ini bisa berubah sesuai dengan faktor-faktor tersebut.

Berapa masa panen buncis?

Waktu panen buncis menggunakan interval 2 tipe buncis berbeda. Untuk jenis buncis tegak dapat dipanen saat berumur 40-45 hari pada kondisi optimum. Sedangkan, buncis merambat memerlukan waktu 10-20 hari lebih lama untuk dipanen dibandingkan dengan buncis tegak.