Sunday , July 21 2024
Cara Melumasi Mesin Jahit Typical dan Juki Yang Benar

Cara Melumasi Minyak Mesin Jahit  Typical dan Juki

Cara Memberi Minyak Pada Mesin Jahit  Typical dan Juki. Mempunyai mesin jahit sendiri sangat berguna untuk membuat atau memperbaiki pakaian, tas, sepatu, dan barang-barang lain yang berbahan kain. Namun, mesin jahit juga membutuhkan perawatan agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Salah satu perawatan yang penting untuk mesin jahit Typical dan Juki adalah melumasi atau memberikan minyak pelumas pada bagian-bagian tertentu. Melumasi mesin jahit bisa membantu mengurangi gesekan, suara berisik, panas berlebih, dan kerusakan pada mesin jahit. Lalu, bagaimana cara mengisi minyak mesin jahit typical? Berikut adalah beberapa tahapan-tahapan yang bisa Anda lakukan:

Baca juga: Tips Merawat Bulu Kucing Persia yang Lebat dan Indah

Cara Melumasi Mesin Jahit

Inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan dirumah untuk melumasi mesin jahit dengan baik dan benar.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum melumasi mesin jahit portable maupun besar, Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan adalah kain bersih, kuas kecil, obeng, dan pinset. Bahan yang dibutuhkan adalah minyak pelumas khusus untuk mesin jahit. Jangan menggunakan minyak pelumas sembarangan, karena bisa merusak mesin jahit. Pilihlah minyak pelumas yang sesuai dengan merek dan jenis mesin jahit Anda. Anda bisa membeli minyak pelumas di toko alat jahit atau online.

2. Bersihkan Mesin Jahit

Sebelum melumasi mesin jahit, Anda harus membersihkan mesin jahit dari debu, serpihan benang, atau kotoran lain yang menempel. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Matikan dan lepaskan mesin jahit dari sumber listrik.
  2. Lepaskan jarum, benang atas, benang bawah, bobbin case, dan presser foot dari mesin jahit.
  3. Gunakan kain bersih untuk membersihkan permukaan mesin jahit dari debu atau kotoran.
  4. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan bagian dalam mesin jahit dari debu atau serpihan benang. Jika perlu, gunakan obeng untuk membuka tutup atau pelat mesin jahit agar bisa membersihkan bagian dalamnya dengan lebih mudah.
  5. Gunakan pinset untuk mengeluarkan serpihan benang atau kotoran yang sulit dijangkau oleh kuas.
  6. Setelah semua bagian mesin jahit bersih, pasang kembali jarum, benang atas, benang bawah, bobbin case, dan presser foot.

Baca Juga:

3. Lumasi Mesin Jahit

Setelah membersihkan mesin jahit, Anda bisa melumasi mesin jahit dengan cara berikut:

  1. Buka tutup atau pelat mesin jahit yang menutupi bagian-bagian yang perlu dilumasi. Biasanya, bagian-bagian yang perlu dilumasi adalah hook atau shuttle race (tempat bobbin case berputar), feed dog (gigi-gigi yang mendorong kain), needle bar (batang jarum), presser bar (batang presser foot), take up lever (tuas pengambil benang atas), dan tension discs (cakram penegang benang atas).
  2. Gunakan kuas kecil untuk mengoleskan minyak pelumas secara tipis dan merata pada bagian-bagian tersebut. Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak pelumas, karena bisa menimbulkan noda pada kain atau menyumbat lubang jarum.
  3. Setelah mengoleskan minyak pelumas, putar roda tangan beberapa kali untuk memastikan minyak pelumas meresap ke seluruh bagian mesin jahit.
  4. Tutup kembali tutup atau pelat mesin jahit yang telah dibuka.
  5. Gunakan kain bersih untuk membersihkan kelebihan minyak pelumas yang menetes atau menempel pada permukaan mesin jahit.

Baca Juga:

Itulah beberapa tips tentang cara melumasi mesin jahit typical dan juki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin merawat mesin jahit Anda agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Ingatlah bahwa melumasi mesin jahit adalah salah satu perawatan yang penting dan harus dilakukan secara rutin. Jangan lupa untuk selalu membersihkan mesin jahit sebelum dan sesudah melumasi.