Sunday , May 19 2024
Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat Penuhi Asupan Cairan

6 Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat, Penuhi Asupan Cairan!

Vertigo adalah kondisi medis yang menyebabkan seseorang merasa hilang keseimbangan. Agar penyakit ini tidak kambuh lagi, solusinya adalah dengan memahami cara mengatasi vertigo.

Adapun salah satu cara mengobati vertigo secara alami adalah mengelola stres dengan baik agar tidak menimbulkan sakit kepala.

Nah, untuk mengetahui cara mengatasi vertigo tanpa obat lainnya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

Vertigo adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya merasa pandangannya berputar-putar dan hilang keseimbangan.

Vertigo dapat kambuh secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa mual, sehingga penderitanya pun menjadi tidak nyaman.

Pada umumnya, penyakit ini bisa diatasi dengan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Namun, terdapat beberapa cara menangani vertigo secara alami yang bisa dilakukan saat sedang kambuh.

Adapun sejumlah cara mengobati vertigo secara alami adalah sebagai berikut.

1. Mengelola Stres

Salah satu cara mengatasi vertigo tanpa obat adalah dengan mengelola stres. Pasalnya, stres dan rasa tertekan diketahui bisa memicu kambuhnya vertigo.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin mengalami sensasi pandangan berputar-putar secara tiba-tiba, penderita vertigo harus menghindari hal-hal yang dapat memicu stres.

Misalnya adalah dengan menulis jurnal, melakukan meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

2. Memenuhi Asupan Cairan

Cara mengatasi vertigo secara alami selanjutnya adalah dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh, seperti mengonsumsi air mineral.

Sebab, air mineral bisa membantu menjaga keseimbangan cairan serta kadar elektrolit dalam tubuh, sehingga gejala vertigo tidak semakin parah.

Adapun asupan cairan yang harus dipenuhi oleh tubuh setiap harinya adalah minimal sebanyak 8 gelas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terhidrasi, sehingga vertigo pun tidak mudah kambuh.

3. Mengonsumsi Vitamin D

Cara mengobati vertigo secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D.

Berdasarkan data penelitian yang tercantum dalam Medical Hypotheses Journal, mengonsumsi vitamin D bisa membantu meredakan gejala BPPV atau gangguan vertigo berulang-ulang.

Adapun sejumlah sumber vitamin D yang baik adalah kuning telur, sereal, susu, ikan salmon, jamur, daging merah, serta keju.

4. Melakukan Manuver

Cara mengatasi vertigo tanpa obat selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan atau manuver.

Adapun beberapa jenis manuver yang bisa membantu mengatasi vertigo adalah sebagai berikut:

Manuver Epley, yaitu suatu latihan yang dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan sekitar 45 derajat. Setelah itu, baringkan tubuh secara telentang dengan kepala menggantung dan tahan posisi tersebut selama 1 menit.

Manuver Brandt-Daroff, yaitu gerakan yang dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan telinga. Caranya adalah dengan menggerakkan kepala ke kiri sekitar 45 derajat, lalu membaringkan tubuh ke samping kanan selama 30 detik.

Manuver Semont, yaitu gerakan yang dilakukan dengan duduk sembari memutar kepala ke kanan sekitar 45 derajat dan membaringkan tubuh ke samping kiri. Posisi ini perlu dipertahankan selama 1 menit, lalu ulangi gerakan yang sama pada sisi berlawanan.

5. Menghentikan Aktivitas dan Bersikap Tenang

Cara mengatasi vertigo secara alami berikutnya adalah dengan menghentikan aktivitas sejenak dan bersikap tenang. Sebab, vertigo bisa datang secara tiba-tiba di tengah aktivitas.

Maka dari itu, jika kondisi tersebut terjadi, penderita vertigo perlu bersikap tenang terlebih dahulu serta menghentikan aktivitas untuk sementara waktu.

Setelah itu, coba untuk duduk dengan posisi nyaman dan memejamkan mata sejenak sembari mengatur pernapasan.

Cara ini diperlukan agar gejala vertigo dapat lekas mereda dan penderitanya bisa melanjutkan aktivitas kembali.

Nah, sebagai catatan, apabila hendak melanjutkan kegiatan kembali, sebaiknya lakukan secara hati-hati dan hindari aktivitas yang berat agar vertigo tidak kambuh lagi.

6. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Cara mengobati vertigo secara alami yang terakhir adalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan tubuh.

Di samping itu, sebaiknya lampu ruangan juga dimatikan agar sensasi berputar yang timbul akibat vertigo bisa segera hilang.

Demikian sederet informasi tentang cara mengatasi vertigo secara alami, mulai dari mengelola stres, hingga tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.

Nah, apabila berbagai upaya di atas masih belum membantu mengatasi vertigo, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

 

Referensi
https://www.alodokter.com/6-cara-mengatasi-vertigo-tanpa-obat-yang-efektif
https://www.alodokter.com/penanganan-vertigo-secara-mandiri
https://linksehat.com/artikel/pertolongan-pertama-saat-vertigo-kambuh
https: //ciputrahospital.com/cara-mengatasi-vertigo-kambuh