Tuesday , April 23 2024
Perawatan Onderdil Motor yang Benar Supaya Tetap Awet

Perawatan Onderdil Motor yang Benar Supaya Tetap Awet

Cara merawat onderdil motor memang harus diketahui olehmu. Apalagi jika kamu menggunakan kendaraan roda dua ini untuk keseharian. Pasti harus benar-benar bisa merawat onderdil motor agar kondisinya tetap dalam keadaan baik. Merawat motor sebenarnya sangatlah mudah, dimana ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu ikuti.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk merawat motor tidaklah sulit. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu ikuti. Di mana bisa dipastikan bahwa keadaan onderdil motor tetap baik dan tidak mudah rusak. Cara merawat onderdil dari motor yang benar adalah sebagai berikut ini:

1. Selalu Panaskan Mesin Setiap Hari

Cara pertama untuk merawat motor yang benar adalah dengan selalu panaskan mesin setiap harinya. Memanaskan motor adalah cara yang sangat sederhana untuk menjaga motor tetap dalam keadaan baik. Sangat disarankan untuk memanaskan motor sebelum digunakan setidaknya 15 menit saja.

Meski, motor jarang digunakan pun kamu tetap harus memanaskan mesinnya setiap hari. Ini untuk mencegah kerusakan pada motor yang terlalu parah. Alasan lain kenapa motor harus dipanaskan setiap hari adalah agar mesin tidak kaget saat digunakan. Sehingga, motor bisa dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

2. Membersihkan dan Mencuci Motor

Salah satu cara sederhana untuk merawat onderdil motor adalah dengan membersihkan dan mencuci motor. Debu dan kotoran yang menempel pada onderdil atau mesin motor adalah penyebab dari karat. Jika tidak dibersihkan, jelas akan membuat keadaan mesin menjadi semakin parah.

Kamu dapat membersihkan bagian-bagian motor setelah selesai digunakan dengan menggunakan lap basah dan keringkan secara langsung. Kamu juga harus mencuci motor setidaknya seminggu sekali agar semua debu dan kotoran bisa lepas dari onderdil.

3. Service dan Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Cara sederhana selanjutnya agar tetap membuat onderdil motor tetap dalam keadaan yang awet adalah dengan service serta mengganti oli mesin secara rutin. Service motor adalah hal yang harus kamu lakukan minimal setiap bulan. Saat motor di service, maka akan dilakukan pengecekan terhadap kondisi mesin. Sehingga ketika ada kerusakan dapat segera diperbaiki.

Mengganti oli juga menjadi salah satu yang harus kamu lakukan secara rutin. Motor membutuhkan oli mesin agar mencegah panas saat dikendarai serta gesekan pada mesin tidak membuat rusak. Ganti oli mesin biasanya dilakukan sesuai dengan berapa jarak yang sudah ditempuh atau minimal 1 bulan sekali.

Dengan cara menjaga agar onderdil motor awet di atas adalah yang paling sederhana. Dimana memang sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala. Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait dengan motor, maka Suryanation adalah tempat untuk bergabung.