Friday , June 21 2024
Daftar Harga Kentang Per Kg Terbaru, Manfaat dan Tips Memilih yang Bagus

Daftar Harga Kentang Per Kg Terbaru Juni 2024, Manfaat dan Tips Memilih yang Bagus

Kisaran harga Kentang Per 1 Kilo hari ini di pasar terbaru dan manfaat. Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kentang tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim sedang hingga dingin, dan biasanya tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Ciri pohon kentang memiliki daun yang hijau dan tebal, serta batang yang bercabang. Kentang memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Kentang memiliki rasa yang lezat dan gurih, dan sering digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis masakan.

Nutrisi kentang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kentang juga mengandung rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Harga kentang per kilogram bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti musim, kualitas, dan daerah asal. Harga kentang juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebijakan pemerintah, permintaan pasar, dan faktor-faktor lainnya.

Kentang Dieng adalah jenis kentang yang berasal dari daerah Dieng, yaitu sebuah daerah pegunungan di Jawa Tengah, Indonesia yang cukup terkenal. Kentang dieng memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kentang biasa, dengan warna kulit yang lebih gelap.

Pada kesempatan sebelumnya kami telah membuat artikel mengenai harga kacang mete/mede mentah per kilo Wonogiri dan harga beras ketan per kilo hari ini yang mungkin Anda bisa membacanya.

Kentang dieng memiliki rasa yang lebih gurih dan sedikit asin dibandingkan dengan kentang biasa. Kentang dieng mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Jenis kentang dieng juga mengandung rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kentang dieng biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kentang biasa, karena terbatasnya produksi dan daerah asal yang terbatas.

Tips Memilih Kentang yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kentang yang bagus:

Daftar Harga Kentang Per Kg Terbaru

  • Pilih kentang yang memiliki ukuran yang sama: Kentang yang memiliki ukuran yang sama akan memasak dengan rata, sehingga akan lebih mudah untuk diolah menjadi masakan.
  • Pilih kentang yang memiliki warna kulit yang cerah: Kentang yang memiliki warna kulit yang cerah biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kentang yang memiliki warna kulit yang gelap.
  • Pilih kentang yang tidak memiliki cekungan atau lubang: Kentang yang memiliki cekungan atau lubang biasanya telah terpapar sinar matahari dan telah mulai mengering, sehingga tidak segar lagi.
  • Pilih kentang yang tidak memiliki bau yang tidak enak: Kentang yang memiliki bau yang tidak enak biasanya telah mulai mengalami proses penyusutan, sehingga tidak segar lagi.
  • Pilih kentang yang tidak memiliki bintik-bintik putih: Kentang yang memiliki bintik-bintik putih biasanya telah terpapar sinar matahari dan telah mulai layu.

Baca Juga:

Manfaat dan Kandungan Kentang

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang:

Kandungan Karbohidrat

Kentang mengandung tinggi karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat yang terdapat pada kentang terdiri dari glukosa, fruktosa, dan pati.

Kandungan Protein

Kentang mengandung protein yang cukup tinggi, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein juga dapat membantu menjaga kesehatan otot dan tulang.

Kandungan Lemak

Kentang mengandung lemak yang cukup rendah, yang terdiri dari lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak tidak jenuh dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan Vitamin

Kentang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin B6 bermanfaat untuk metabolisme energi, dan vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan Mineral

Kentang mengandung banyak mineral, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang, fosfor bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, dan zat besi bermanfaat untuk produksi hemoglobin.

Baca Juga:

Kandungan Serat

Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes.

Harga Kentang Per Kilo Hari IniDaftar Harga Kentang Dieng Super Per Kg Terbaru

Dibawah ini adalah list harga kentang hari ini, sebelumnya harga kentang per kilo di Indonesia lebih murah. Namun, seiring perpindahan tahun tahun dari 2022 ke 2023, harganya mengalami perubahan.

  • Kentang kuning sedang 1 kg : Rp. 15.000
  • Kentang putih 1 kg : Rp. 20.000
  • Kentang hitam 1 kg : Rp. 90.000
  • Kentang Dieng ukuran kecil 1 kg : Rp. 13.300
  • Kentang merah 1 kg : Rp. 19.000 – 45.000
  • Kentang Dieng super 1kg : Rp. 15.800 – 18.000

Daftar Harga Kentang di Pasaran Indonesia

Selanjutnya adalah list tabel harga kentang dengan berbagai produk yang dijual di marketplace Tokopedia Indonesia.

Harga kentang 1 kgRp17.000
Harga Kentang BARTS Shoestring 1kg (belgia French Fries)Rp34.990
Harga FIESTA French Fries Shoestring 1kg KENTANGRp33.000
Harga GOLDEN FARM french fries kentang goreng shoestring 1kgRp38.500
Harga Kentang Goreng / French Fries NZ Regular Fries (Qty. 1 kg)Rp42.500
Harga Kentang AB 1 kgRp16.000
Harga Lambweston Twister Curly French Fries Kentang Goreng Import USA 1 kgRp77.000
Harga Kentang Goreng Potato Wedges Repack 1kgRp29.990
Harga Kentang Goreng Shoestring Frozen ( Mydibel 1Kg )Rp34.500

Lihat Juga:

Di pasar-pasar tradisional di Indonesia, harga kentang per kg bisa berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000, tergantung pada faktor-faktor tersebut. Sedangkan di pasar modern, harga kentang per kg bisa lebih tinggi, bisa mencapai Rp 40.000 atau lebih per kilogramnya. Namun, harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan pasar. Jadi, sebaiknya Anda mengecek harga terkini di pasar yang Anda inginkan sebelum membeli kentang.