Saturday , February 24 2024
Daftar Harga Beras Ketan Per Kg Terbaru, Cara Menanam dan Manfaat

Daftar Harga Beras Ketan Per Kg Terbaru Februari 2024, Cara Menanam dan Manfaat

Harga Beras Ketan Per 1 Kilo (kg) Hari ini di Pasar, Cara Menanam dan Manfaat untuk Kesehatan. Beras ketan adalah jenis beras yang terbuat dari bahan dasar ketan, yaitu tepung yang dihasilkan dari pemecahan kulit ketan. Beras ketan memiliki tekstur yang lembut dan agak lengket, sehingga sering digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai jenis masakan, seperti nasi kuning, kue-kue, dan masakan-masakan lainnya.

Beras ketan juga memiliki rasa yang lezat dan gurih, sehingga banyak digemari oleh orang-orang di seluruh dunia. Beras ketan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Beras ketan juga mengandung rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Untuk Harga beras ketan per kilo bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti musim, kualitas, dan daerah asal. Harga beras ketan juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebijakan pemerintah, permintaan pasar, dan faktor-faktor lainnya. Orang biasanya membeli beras ketan 1 liter, beras ketan 25kg, beras ketan 1 kg dan 1 karung.

Sedangkan harga beras ketan hitam dan putih 500 gram, harga terbaru beras ketan hitam 1 kg di Indonesia dapat mengalami perbedaan di setiap pasar dan pemasoknya. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membuat artikel mengenai harga kacang mete/mede mentah per kilo Wonogiri yang mungkin Anda bisa membacanya.

Cara Menanam Beras Ketan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menanam beras ketan:

1. Siapkan Lokasi

Cari lokasi yang memiliki cukup sinar matahari, tanah yang subur, dan tidak terlalu lembab. Beras ketan tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim sedang hingga dingin.

2. Persiapkan bibit

Cari bibit beras ketan yang sehat dan kualitasnya bagus. Pastikan bibit tersebut telah disiapkan dengan baik, seperti diberi pupuk dan diberi perlakuan khusus agar tumbuh dengan baik.

3. Persiapkan Tanah

Siapkan tanah dengan menggali dan menyisir tanah hingga kedalaman sekitar 15 cm. Kemudian tambahkan pupuk kandang atau pupuk organik ke dalam tanah agar tanah menjadi subur.

Baca Juga:

4. Tanam Bibit

Setelah tanah siap, tanam bibit beras ketan ke dalam tanah dengan jarak antar bibit sekitar 15 cm. Pastikan bibit tersebut tertanam dengan benar dan dalam keadaan sejajar dengan tanah.

5. Tambahkan Air

Setelah bibit tertanam, tambahkan air secukupnya agar tanah terasa lembab. Pastikan tidak terlalu lembab atau terlalu kering

6. Pemupukan

Pemupukan bisa menggunakan pupuk orea atau tsp sesuai takaran tanaman. Agar takarannya pas, Anda bisa bertanya ke petani lain atau toko pertanian.

7. Penyemprotan

Langkah selanjutnya adalah penyemprotan dilakukan untuk menghindari hama, menyembukan penyakit atau juga meningkatkan hasil produksi.

8. Panen

Penen bisa dilakukan ketika gabah pada batang pagi telah padat terisi dan batang mulai menunduk. Ciri saat beras ketan sudah siap dipanen adalah watrnanya menjadi kekuningan atau tua.

Baca Juga:

Manfaat Beras Ketan untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat beras ketan untuk kesehatan:

Manfaat Beras Ketan

Mengandung Banyak Nutrisi

Beras ketan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rendah Kalori

Beras ketan mengandung rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Beras ketan mengandung serat yang cukup tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beras ketan mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengatasi Anemia

Beras ketan mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu mengatasi anemia dengan meningkatkan produksi hemoglobin.

Mengatasi Masalah Kulit

Beras ketan mengandung vitamin E yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti keriput dan flek hitam.

Baca juga:

Harga Beras Ketan Per Kilo Terbaru

Untuk harga beras ketan putih 1 kg saat ini memang bervariasi mengingat perpindahan tahun dari 2022 ke 2023, harga beras ketan putih dan hitam ada perbedaan.

Daftar Harga Beras Ketan Per Kg

Jenis ProdukHarga
Harga Beras Ketan Super GradeRp11.600
Harga Beras Ketan Putih Premium 1KGRp17.600
Harga Beras Ketan Putih 1kgRp14.500
Harga Beras Ketan Putih Paris Premium / Super 1 KgRp28.000
Harga Beras Ketan Putih Super per 1 kgRp19.000
Harga beras ketan putih 1kg termurahRp8.300
Harga BERAS KETAN PUTIH SUBANG 1KGRp15.000
Harga Beras Ketan putih import 1 KG repackRp14.000

Harga Beras Ketan di Pasaran Indonesia

Di pasar-pasar tradisional di Indonesia, harga beras ketan per kg bisa berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000, tergantung pada faktor-faktor tersebut. Sedangkan di pasar modern, harga beras ketan per kg bisa lebih tinggi, bisa mencapai Rp 30.000 atau lebih per kilogramnya.

Lihat Juga:

Namun, harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan pasar. Jadi, sebaiknya Anda mengecek harga terkini di pasar yang Anda inginkan sebelum membeli beras ketan.