Sunday , February 25 2024
Biaya Suntik Keloid Terbaru, Apa Saja Manfaat dan Risikonya

Biaya Suntik Keloid Terbaru Februari 2024: Apa Saja Manfaat dan Risikonya?

Biaya Mengilangkan Keloid. Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan di kulit akibat luka atau trauma. Keloid dapat mengganggu penampilan dan kesehatan kulit, serta menimbulkan rasa nyeri atau gatal. Untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk melakukan suntik keloid. Lalu, dimana suntik keloid terdekat?

Suntik keloid adalah prosedur medis yang melibatkan penyuntikan obat tertentu ke area kulit yang mengalami keloid. Tujuannya adalah untuk meratakan permukaan kulit dan mengurangi ukuran keloid. Suntik keloid dapat dilakukan di rumah sakit, klinik suntik keloid terdekat, atau bahkan di rumah.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan suntik keloid harus berapa kali, ada baiknya Anda mengetahui biaya , pengalaman suntik keloid, manfaat, prosedur, dan efek samping suntik keloid yang mungkin terjadi. Artikel ini akan membahas semua hal tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami oleh anak muda termasuk apakah suntik keloid sakit.

Manfaat Suntik Keloid

Suntik keloid memiliki beberapa manfaat, baik untuk menghilangkan bekas luka maupun untuk mengobati beberapa penyakit kulit. Berikut adalah beberapa manfaat suntik keloid yang perlu Anda ketahui:

  • Menghilangkan bekas luka. Suntik keloid dapat membantu menghilangkan bekas luka akibat goresan, jerawat, cacar, operasi, atau tindik. Suntik keloid dapat meratakan permukaan kulit dan mengurangi ukuran keloid sehingga bekas luka menjadi kurang terlihat.
  • Mengatasi vitiligo. Vitiligo adalah kondisi kulit yang ditandai dengan hilangnya pigmen warna pada beberapa bagian kulit. Suntik keloid dapat membantu mengembalikan pigmen warna pada kulit dengan menyuntikkan obat yang merangsang produksi melanin.
  • Mengatasi alopecia areata. Alopecia areata adalah kondisi rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba dan berbentuk bercak-bercak. Suntik keloid dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru dengan menyuntikkan obat yang merangsang folikel rambut.
  • Mengatasi psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah bersisik yang gatal dan nyeri. Suntik keloid dapat membantu mengurangi peradangan dan pembentukan sisik dengan menyuntikkan obat anti-inflamasi dan imunosupresan.
  • Mengatasi pyoderma gangrenosum. Pyoderma gangrenosum adalah penyakit kulit langka yang ditandai dengan munculnya luka bernanah yang besar dan dalam. Suntik keloid dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan menyuntikkan obat antibiotik dan kortikosteroid.
  • Mengatasi lichen simplex. Lichen simplex adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak tebal dan kasar akibat garukan berlebihan. Suntik keloid dapat membantu mengurangi gatal dan mencegah garukan dengan menyuntikkan obat antihistamin dan anestesi lokal.
  • Mengatasi jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang besar, meradang, dan berisi nanah. Suntik keloid dapat membantu mengempiskan jerawat batu dengan menyuntikkan obat kortikosteroid yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.
  • Mengatasi hidradenitis suppurativa. Hidradenitis suppurativa adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan bernanah di daerah lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, atau bokong. Suntik keloid dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi dengan menyuntikkan obat antibiotik dan anti-inflamasi.

Baca Juga:

Prosedur Suntik Keloid

Suntik keloid adalah prosedur medis yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Prosedur suntik keloid biasanya dilakukan secara rawat jalan, artinya Anda tidak perlu menginap di rumah sakit atau klinik. Berikut adalah langkah-langkah prosedur suntik keloid yang umum dilakukan:

  1. Konsultasi. Sebelum melakukan suntik keloid, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda, menanyakan riwayat kesehatan Anda, dan menentukan jenis obat dan dosis yang sesuai untuk Anda. Dokter juga akan menjelaskan manfaat, risiko, dan biaya suntik keloid kepada Anda.
  2. Persiapan. Sebelum melakukan suntik keloid, dokter akan membersihkan area kulit yang akan disuntik dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri pada saat atau setelah prosedur. Dokter juga akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit pada saat penyuntikan.
  3. Penyuntikan. Setelah area kulit dibersihkan dan dibius, dokter akan menyuntikkan obat ke dalam jaringan parut atau keloid menggunakan jarum suntik yang steril. Obat yang disuntikkan biasanya berupa kortikosteroid, seperti triamcinolone acetonide atau betamethasone. Obat ini dapat menghambat pertumbuhan jaringan parut dan merangsang penyerapan kolagen. Penyuntikan biasanya dilakukan beberapa kali dengan jarak beberapa milimeter antara satu titik suntik dengan titik suntik lainnya.
  4. Pemulihan. Setelah melakukan suntik keloid, dokter akan menutup area kulit yang disuntik dengan perban steril. Perban ini berfungsi untuk melindungi luka dari kotoran dan infeksi. Dokter juga akan memberikan resep obat-obatan yang perlu Anda minum di rumah, seperti obat anti-inflamasi atau antibiotik. Dokter juga akan memberikan saran-saran tentang perawatan luka dan pencegahan keloid kembali tumbuh.

Biaya Suntik Keloid Terbaru

Biaya suntik keloid di klinik terdekat bervariasi tergantung tempat dan obat yang digunakan. Biaya suntik keloid di rumah sakit biasanya lebih mahal daripada biaya suntik keloid di klinik kecantikan. Hal ini karena rumah sakit memiliki fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap dan profesional daripada klinik kecantikan.

Nama Klinik KecantikanBiaya Suntik Keloid
Amnion ClinicRp585.000
BIMC Hospital Nusa Dua BaliRp750.000
Dayu The Skin & Dental ClinicRp580.000
Infinite Beauty ClinicRp150.500
Kamaniya Skin ClinicRp250.000
Klinik Estetik Ambrosia Pondok ArenRp309.000
Klinik OriskinRp333.000
Queen Beauty ClinicRp500.000

Berikut adalah perkiraan biaya suntik keloid yang kami kutip dari beberapa tempat:

  • Rumah Sakit. Biaya suntik keloid di rumah sakit berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per sesi. Biaya ini belum termasuk biaya konsultasi, obat-obatan, dan perawatan luka. Biaya ini juga tergantung dari ukuran, lokasi, dan jumlah keloid yang disuntik.
  • Klinik Kecantikan. Biaya suntik keloid di klinik kecantikan berkisar antara Rp250.000 hingga Rp500.000 per sesi.

Baca Juga: Harga Perawatan Calysta Skin Care, Alamat Klinik, Treatment dan Promo

Risiko Suntik Keloid

Suntik keloid tidak selalu memberikan hasil yang sempurna. Ada beberapa risiko atau efek samping yang mungkin terjadi setelah melakukan suntik keloid, seperti:

  • Infeksi. Suntik keloid dapat menyebabkan infeksi bakteri pada kulit yang disuntik, terutama jika jarum suntik tidak steril atau perawatan luka tidak dilakukan dengan baik. Infeksi dapat ditandai dengan munculnya nanah, kemerahan, bengkak, atau demam.
  • Perdarahan. Suntik keloid dapat menyebabkan perdarahan pada kulit yang disuntik, terutama jika jarum suntik menusuk pembuluh darah. Perdarahan dapat ditandai dengan munculnya memar, bintik-bintik merah, atau darah yang keluar dari luka.
  • Atrofi kulit. Suntik keloid dapat menyebabkan atrofi kulit, yaitu kondisi di mana kulit menjadi tipis dan lemah akibat penggunaan kortikosteroid jangka panjang. Atrofi kulit dapat ditandai dengan munculnya garis-garis halus, keriput, atau stretch mark.
  • Hipopigmentasi. Suntik keloid dapat menyebabkan hipopigmentasi, yaitu kondisi di mana kulit menjadi lebih terang atau putih akibat penghambatan produksi melanin oleh kortikosteroid. Hipopigmentasi dapat ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih pada kulit.
  • Telangiectasia. Suntik keloid dapat menyebabkan telangiectasia, yaitu kondisi di mana pembuluh darah kecil menjadi melebar dan tampak di permukaan kulit akibat penggunaan kortikosteroid jangka panjang. Telangiectasia dapat ditandai dengan munculnya jaringan-jaringan merah pada kulit.
  • Alergi. Suntik keloid dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang yang sensitif terhadap obat yang disuntikkan. Alergi dapat ditandai dengan munculnya ruam, gatal-gatal, bengkak, atau sesak napas.
  • Rekurensi. Suntik keloid dapat menyebabkan rekurensi, yaitu kondisi di mana keloid kembali tumbuh setelah disuntik. Rekurensi dapat terjadi karena proses penyembuhan luka yang tidak sempurna atau karena faktor genetik.

Lihat juga:

Untuk mengurangi risiko atau efek samping suntik keloid, Anda harus memilih dokter yang berpengalaman dan profesional dalam melakukan prosedur ini. Anda juga harus mengikuti saran dan petunjuk dokter tentang perawatan luka dan pencegahan keloid setelah suntik keloid.

Cara Mencegah Keloid

Selain melakukan suntik keloid, Anda juga bisa mencegah keloid dengan cara-cara berikut:

  • Menghindari luka pada kulit. Luka pada kulit adalah salah satu faktor penyebab keloid. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas yang berisiko melukai kulit, seperti olahraga, memasak, atau berkebun. Jika terjadi luka pada kulit, segera bersihkan dan tutup luka dengan perban steril untuk mencegah infeksi dan pertumbuhan jaringan parut.
  • Menghindari operasi atau tindikan jika tidak perlu. Operasi atau tindikan adalah salah satu faktor penyebab keloid. Oleh karena itu, Anda harus menghindari operasi atau tindikan jika tidak perlu atau tidak mendesak. Jika Anda harus menjalani operasi atau tindikan, mintalah dokter untuk memberikan obat kortikosteroid untuk mencegah keloid.
  • Mengoleskan gel silikon pada bekas luka. Gel silikon adalah salah satu obat keloid yang dapat mengurangi ukuran dan warna keloid. Anda bisa mengoleskan gel silikon pada bekas luka setelah luka sembuh. Gel silikon dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah pertumbuhan jaringan parut.
  • Menggunakan kompres dingin pada bekas luka. Kompres dingin adalah salah satu cara alami untuk mengatasi keloid. Anda bisa menggunakan kompres dingin pada bekas luka setelah luka sembuh. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit.
  • Menggunakan bawang putih pada bekas luka. Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang dapat mengatasi keloid. Anda bisa menggunakan bawang putih pada bekas luka setelah luka sembuh. Bawang putih dapat membantu menghambat pertumbuhan jaringan parut dengan cara menghambat produksi fibroblast, yaitu sel yang bertanggung jawab dalam pembentukan kolagen.

Baca Juga:

Biaya suntik keloid bervariasi tergantung tempat dan obat yang digunakan. Suntik keloid memiliki beberapa manfaat, tetapi juga memiliki beberapa risiko atau efek samping yang perlu diwaspadai. Untuk mencegah keloid, Anda harus menghindari luka pada kulit, operasi atau tindikan jika tidak perlu, dan menggunakan obat atau bahan alami yang dapat mengurangi pertumbuhan jaringan parut.