Friday , June 21 2024
Daftar Harga GRC Per Lembar Semua Ukuran Terbaru Fungsi, Keunggulan dan Cara Pasang

Daftar Harga GRC Per Lembar Semua Ukuran Terbaru Juni 2024, Fungsi, Keunggulan dan Cara Pasang

Harga GRC Per Lembar Semua Ukuran di Pasaran. GRC atau Glass-fiber Reinforced Cement merupakan produk pracetak dari beton yang dicampur dengan serat kaca, sehingga memiliki bobot yang ringan, kuat, dan tahan terhadap cuaca.

GRC banyak digunakan untuk keperluan interior dan eksterior bangunan, seperti plafon, dinding partisi, ornamen, cladding, dan lain-lain. Berapa harga GRC ecer di toko bangunan?

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan GRC untuk proyek bangunan Anda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai informasi penting tentang GRC, seperti fungsi, keunggulan, kelemahan, cara pasang, dan tentu saja harga GRC per lembar berbagai ukuran.

Lihat Juga: Harga aluminium foil semua ukuran terbaru.

Fungsi GRC

GRC memiliki banyak fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain bangunan Anda. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari GRC:

1. Plafon

GRC dapat digunakan sebagai plafon dalam ruangan maupun luar ruangan. GRC memiliki kelebihan dibandingkan plafon gypsum atau triplek, yaitu lebih tahan terhadap kelembaban, rayap, api, dan benturan. Selain itu, GRC juga mudah dibentuk sesuai dengan model plafon yang Anda inginkan, baik itu minimalis, klasik, modern, atau lainnya.
Sebagai Dinding Partisi

2. Partisi

GRC dapat digunakan sebagai dinding partisi untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian. GRC memiliki kelebihan dibandingkan dinding bata atau beton, yaitu lebih ringan, tipis, dan mudah dipasang. Selain itu, GRC juga dapat diaplikasikan sebagai dinding berlubang atau cladding untuk memberikan efek estetika pada bangunan Anda.

3. Ornament

GRC dapat digunakan sebagai ornamen untuk menghias bangunan Anda. GRC memiliki kelebihan dibandingkan ornamen dari kayu atau logam, yaitu lebih tahan terhadap cuaca dan korosi. Selain itu, GRC juga dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan motif yang unik dan menarik, seperti kubah, relief, ukiran, patung, atau lainnya.

Keunggulan GRC

GRC memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya sebagai material konstruksi bangunan yang berkualitas dan efisien. Berikut adalah beberapa keunggulan dari GRC:

1. Ringan

Bobot GRC per lembar berkisar antara 10-20 kg saja, tergantung pada ketebalan dan ukurannya. Hal ini membuat GRC lebih mudah diangkut dan dipasang tanpa memerlukan alat berat atau tenaga ekstra.
Kuat

Kekuatan GRC per lembar mencapai 7-10 MPa1, tergantung pada komposisi dan proses pembuatannya. Hal ini membuat GRC mampu menahan beban dan tekanan yang tinggi tanpa mudah retak atau patah.

2. Tahan Cuaca

GRC tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban udara yang ekstrem. Hal ini membuat GRC tidak mudah mengembang atau menyusut akibat panas atau dingin. Selain itu, GRC juga tahan terhadap sinar UV2, hujan asam3, garam4, jamur5, dan serangga.

3. Mudah Dibentuk

GRC dapat dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan dengan menggunakan cetakan khusus. Hal ini membuat GRC dapat menghasilkan produk yang bervariasi dan unik sesuai dengan selera Anda.

4. Ramah Lingkungan

GRC merupakan material yang ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan berbahaya seperti asbestos atau formaldehida. Selain itu, GRC juga dapat didaur ulang dan digunakan kembali untuk keperluan lain.

Simak Juga: Harga papan kayu semua jenis, ukuran dan kualitas terbaru di Indonesia.

Kelemahan GRC

Meskipun memiliki banyak keunggulan, GRC juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai material konstruksi bangunan Anda. Berikut adalah beberapa kelemahan dari GRC:

1. Mahal

Harga GRC per lembar cukup mahal dibandingkan dengan material lain seperti gypsum, triplek, atau kayu. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan GRC yang membutuhkan teknologi dan bahan baku yang berkualitas tinggi.

2. Kurang fleksibel

GRC memiliki sifat yang kaku dan tidak elastis, sehingga kurang cocok untuk digunakan pada bangunan yang membutuhkan fleksibilitas, seperti bangunan gempa atau bangunan bergerak.

3. Membutuhkan Perawatan

GRC membutuhkan perawatan secara berkala untuk menjaga kualitas dan keindahannya. Hal ini meliputi pembersihan, pengecatan, pelapisan, atau penggantian jika terjadi kerusakan.

Cara Pasang GRC

Cara pasang GRC tergantung pada jenis dan fungsi produk yang Anda gunakan. Namun, secara umum, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memasang GRC dengan baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapan

Langkah ini meliputi pengukuran luas dan bentuk area yang akan dipasang GRC, pemilihan jenis dan ukuran GRC yang sesuai, serta penyediaan alat dan bahan pendukung seperti rangka, sekrup, paku, lem, cat, kuas, gergaji, bor, meteran, waterpass, dan lain-lain.

2. Pemasangan Rangka

Langkah ini meliputi pemasangan rangka dari kayu atau baja ringan pada area yang akan dipasang GRC. Rangka berfungsi sebagai penyangga dan penopang GRC agar tidak mudah bergeser atau jatuh. Rangka harus dipasang dengan rapat dan rata sesuai dengan ukuran dan bentuk GRC yang akan dipasang.

3. Pemasangan GRC

Langkah ini meliputi pemasangan GRC pada rangka yang sudah dipasang sebelumnya. GRC harus dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan dengan menggunakan gergaji. Kemudian, GRC harus dipasang pada rangka dengan menggunakan sekrup, paku, atau lem sesuai dengan jenis produknya. Pastikan GRC dipasang dengan rapi dan presisi agar tidak ada celah atau retakan.

4. Finishing

Langkah ini meliputi finishing pada hasil pemasangan GRC agar terlihat lebih indah dan rapi. Finishing dapat berupa pengecatan, pelapisan, pengamplasan, atau penghiasan sesuai dengan selera Anda.

Harga GRC Per Lembar Semua Ukuran

Harga GRC per lembar bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, ketebalan, kualitas, dan merek produknya. Berikut adalah daftar harga GRC per lembar semua ukuran yang kami rangkum dari berbagai sumber:

JenisUkuranKetebalanHarga
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm3.5 mmRp43.000
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm6 mmRp82.000
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm8 mmRp127.000
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm10 mmRp155.000
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm15 mmRp280.000
GRC Aplus1200 mm x 2400 mm20 mmRp530.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm4 mmRp600.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm6 mmRp90.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm8 mmRp120.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm10 mmRp150.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm12 mmRp180.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm15 mmRp225.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm18 mmRp270.000
GRC Versaboard1200 mm x 2400 mm20 mmRp300.000

Harga di atas adalah harga rata-rata yang kami dapatkan dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar. Harga juga dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi, ketersediaan, dan kualitas produk. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk melakukan survei dan perbandingan harga sebelum membeli GRC untuk proyek bangunan Anda.

Demikianlah artikel tentang harga GRC per lembar semua ukuran 2023, fungsi, keunggulan, dan cara pasang yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam memilih material konstruksi bangunan yang berkualitas dan efisien.