Thursday , June 13 2024
Kenali Sederet Chip Snapdragon Baru yang Dikeluaran Qualcomm

Kenali Sederet Chip Snapdragon Baru yang Dikeluaran Qualcomm

Nama Qualcomm pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Qualcomm Incorporated atau Qualcomm adalah sebuah perusahaan publik yang bergerak di industri komunikasi, perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat. Atau lebih tepatnya markas pusat perusahaan yang dipimpin oleh CEO Steven M. Mollenkopf ini terletak di 5775 Morehouse Dr., San Diego, California.

Perusahaan ini terkenal dengan Chip Snapdragon yang banyak digunakan oleh smartphone. Kini Qualcomm resmi mengumumkan sederet chip Snapdragon keluaran terbaru mereka di seluruh jajaran produk tingkat menengah dan pemula.

Chip Snapdragon Baru

Beberapa chip Snapdragon tersebut adalah mulai dari Snapdragon 778 Plus, 695, 680, dan 480 Plus, dimana menawarkan lebih banyak pilihan kepada produsen perangkat dalam hal pemilihan prosesor terbaik untuk ponsel. Selain itu juga menguntungkan bagi pelanggan yang bisa bebas memilih ketika membeli smartphone.

1. Snapdragon 695

Dari deretan chip snapdragon diatas, Snapdragon 695 merupakan chip yang paling menonjol. Berbeda dengan versi Snapdragon 690, chip Snapdragon 695 yang menjadi penggantinya ini tentunya sangat berbeda dengan model terdahulunya.

Dimana Snapdragon 695 ini telah mendukung versi 5G mmWave dan sub-6GHz, hal ini tentunya akan membantu meningkatkan kecepatan data bahkan pada ponsel yang lebih murah sekalipun.

Selain itu, versi ini juga mengalami peningkatan yang cukup besar, bahkan Qualcomm sendiri telah menjanjikan peningkatan sekitar 15% dalam kinerja CPU, kemudian rendering grafis lebih cepat hingga 30% dibandingkan dengan versi snapdragon 690.

2. Snapdragon 680

Selain versi diatas, terdapat juga tambahan dari model Snapdragon 680. Dimana pada versi ini telah ditambahkan SoC LTE-only baru yang dibangun di atas proses 6nm yang sama dan lebih modern seperti chip Snapdragon 695.

Memang ini tidak setara dengan chip 5G bau yang telah diumumkan oleh Qualcomm. Namun hal ini ditujukan agar dapat membantu mengisi kesenjangan dalam jajaran Qualcomm untuk perusahaan yang masih mencari perangkat khusus 4G.

3. Snapdragon 778G Plus & Snapdragon 480 Plus

Ada dua chip lagi yang mengalami pembaharuan, yaitu Snapdragon 778G Plus yang merupakan chip suksesor dari model standar 778G, tentunya chip yang telah diumumkan perusahaan pada awal tahun ini telah disempurnakan. Selain itu juga ada chip Snapdragon 480 Plus yang juga telah ditingkatkan dari Snapdragon 480 yang sudah ada.

Kedua model yang memiliki nama plus ini telah menawarkan peningkatan kinerja dibandingan dengan model non-plus mereka, meskipun keuntungannya terbilang kecil.

Sebut saja chip snapdragon 778G Plus mengalami peningkatan pada CPU-nya yang beralih dari 2.4GHz ke 2.5GHz. Sedangkan untuk versi chip snapdragon 480 Plus ini mengalami peningkatan kecepatan clock dari 2.0GHz ke 2.2GHz.

Diharapkan keempat platform chip baru ini nanti akan diluncurkan pada kuartal empat 2021. Banyak sekali mira yang tertarik dengan keluaran terbaru Qualcomm ini, paling tidak beberapa chip Snapdragon baru. Sebut saja mitra yang tertarik adalah HMD, Honor, Motorola, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.