Tuesday , April 23 2024
Harga Papan Kayu di Indonesia Terbaru

Harga Papan Kayu di Indonesia Terbaru April 2024: Jenis, Ukuran, dan Kualitasnya

List Harga Papan Kayu Jati, Meranti, Kamper Tebal. Papan kayu seringkali digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat furniture, lantai, plafon, dinding, pintu, jendela, pagar, tangga, dan lain-lain. Papan kayu memiliki kelebihan seperti kuat, tahan lama, mudah dibentuk, dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Namun, untuk mendapatkan papan kayu yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Salah satunya adalah harga papan kayu yang beredar di pasaran. Harga papan kayu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis, ukuran, kualitas, dan sumber kayu.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang harga papan kayu di Indonesia dari berbagai jenis, ukuran, dan kualitasnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Jenis Papan Kayu dan Harganya

Papan kayu ada banyak jenisnya, tergantung pada jenis kayu asalnya, cara pengolahannya, dan kegunaannya. Berikut adalah beberapa jenis papan kayu yang umum digunakan dan harganya:

1. Papan kayu solid

Papan kayu solid memiliki kualitas dan kekuatan yang tinggi, serta tampilan yang alami dan elegan. Papan kayu solid biasanya digunakan untuk membuat furniture, lantai, atau elemen arsitektur lainnya.

Harga papan kayu solid bervariasi tergantung pada jenis kayunya, seperti jati, mahoni, meranti, pinus, atau sengon. Harga papan kayu solid berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000 per meter kubik.

Baca Juga: 12 Daftar Harga Semen 1 Sak Terbaru

2. Papan kayu lapis

Papan kayu lapis memiliki kualitas dan kekuatan yang cukup baik, serta tampilan yang rata dan halus. Papan kayu lapis biasanya digunakan untuk membuat dinding, plafon, pintu, jendela, atau elemen arsitektur lainnya.

Harga papan kayu lapis bervariasi tergantung pada ketebalan dan kualitasnya. Harga papan kayu lapis berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per lembar.

3. Papan kayu partikel

Papan kayu partikel adalah papan kayu yang dibuat dari serbuk atau potongan kecil kayu yang dicampur dengan lem dan dipadatkan di bawah tekanan dan panas.

Papan kayu partikel memiliki kualitas dan kekuatan yang rendah, serta tampilan yang kasar dan berpori. Papan kayu partikel biasanya digunakan untuk membuat furniture murah, lapisan dinding, atau elemen arsitektur lainnya.

Harga papan kayu partikel bervariasi tergantung pada ketebalan dan kualitasnya. Harga papan kayu partikel berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 200.000 per lembar.

4. Papan kayu serat

Papan kayu serat dibuat dari serat-serat halus kayu yang dicampur dengan lem dan dipadatkan di bawah tekanan dan panas. Papan kayu serat memiliki kualitas dan kekuatan yang sedang, serta tampilan yang halus dan rapat.

Papan kayu serat biasanya digunakan untuk membuat furniture, lapisan dinding, atau elemen arsitektur lainnya. Harga papan kayu serat bervariasi tergantung pada ketebalan dan kualitasnya. Harga papan kayu serat berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 300.000 per lembar.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Minimalis Murah dan Berkualitas

Ukuran Papan Kayu dan Harganya

Papan kayu ada banyak ukurannya, tergantung pada kebutuhan dan penggunaannya. Berikut adalah beberapa ukuran papan kayu yang umum digunakan dan harganya:

Ukuran 1 x 2 cm

Ukuran ini biasanya digunakan untuk membuat rangka furniture, pintu, jendela, atau elemen arsitektur lainnya. Harga ukuran ini berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per batang.

Ukuran 2 x 3 cm

Ukuran ini biasanya digunakan untuk membuat rangka furniture, pintu, jendela, atau elemen arsitektur lainnya yang lebih kuat daripada ukuran sebelumnya. Harga ukuran ini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per batang.

Ukuran 3 x 4 cm

Ukuran ini biasanya digunakan untuk membuat rangka furniture, pintu, jendela, atau elemen arsitektur lainnya yang lebih kuat lagi daripada ukuran sebelumnya. Harga ukuran ini berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000 per batang.

Ukuran 4 x 6 cm

Ukuran ini biasanya digunakan untuk membuat rangka furniture, pintu, jendela, atau elemen arsitektur lainnya yang paling kuat daripada ukuran sebelumnya. Harga ukuran ini berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per batang.

Baca Juga:

Ukuran 120 x 240 cm

Ukuran ini biasanya digunakan untuk membuat dinding, plafon, atau elemen arsitektur lainnya yang membutuhkan papan kayu berukuran besar. Harga ukuran ini bervariasi tergantung pada ketebalan dan jenis papan kayunya, seperti papan kayu lapis, papan kayu partikel, atau papan kayu serat.

Daftar Harga Papan Kayu Terbaru

Berikut ini list Harga Papan Kayu Jati, Meranti, Kamper Tebal sebagai bahan referensi.

Jenis Papan KayuUkuranHarga Papan Kayu
Papan Kayu Meranti2 x 20 x 400 cmRp4.895.000
3 x 20 x 400 cmRp4.895.000
4 x 20 x 400 cmRp4.895.000
5 x 20 x 400 cmRp4.895.000
6 x 20 x 400 cmRp4.895.000
3 x 25 x 400 cmRp4.895.000
4 x 25 x 400 cmRp5.050.000
3 x 30 x 400 cmRp5.110.000
Papan Kayu Jati2,5 cm x 30 cm x 80 cmRp320.000
2,5 cm x 30 cm x 100 cmRp370.000
2,5 cm x 30 cm x 125 cmRp410.000
Papan Kayu Kamper4 x 30 x 400 cmRp660.000
4 x 20 x 400 cmRp825.000
3 x 30 x 400 cmRp1.050.000
4 x 25 x 400 cmRp1.250.000

Jenis Kualitas Papan Kayu

Papan kayu ada banyak kualitasnya, tergantung pada kriteria-kriteria seperti kekuatan, kehalusan, kerataan, kekeringan, dan kebersihan papan kayu. Berikut adalah beberapa kualitas papan kayu yang umum digunakan dan harganya:

Baca Juga:

Kualitas Tinggi

Kualitas ini adalah kualitas tertinggi dari papan kayu, yang memiliki kekuatan, kehalusan, kerataan, kekeringan, dan kebersihan yang sangat baik. Papan kayu kualitas ini biasanya digunakan untuk membuat furniture atau elemen arsitektur yang membutuhkan tampilan yang mewah dan elegan.

Harga papan kayu kualitas tinggi adalah harga tertinggi dari semua kualitas papan kayu, yaitu sekitar 20% lebih mahal daripada harga standar.

Kualitas Menengah

Kualitas ini adalah kualitas menengah dari papan kayu, yang memiliki kekuatan, kehalusan, kerataan, kekeringan, dan kebersihan yang cukup baik. Papan kayu kualitas ini biasanya digunakan untuk membuat furniture atau elemen arsitektur yang membutuhkan tampilan yang rapi dan bersih. Harga papan kayu kualitas menengah adalah harga standar dari semua kualitas papan kayu.

Kualitas Rendah

Kualitas ini adalah kualitas terendah dari papan kayu, yang memiliki kekuatan, kehalusan, kerataan, kekeringan, dan kebersihan yang kurang baik. Papan kayu kualitas rendah biasanya digunakan untuk membuat furniture atau elemen arsitektur yang tidak membutuhkan tampilan yang bagus atau hanya bersifat sementara.

Harga papan kayu kualitas ini adalah harga termurah dari semua kualitas papan kayu, yaitu sekitar 20% lebih murah daripada harga menengah.

Baca Juga: Tips Memilih Kamera DSLR Canon Baru dan Bekas untuk Pemula

Kesimpulan

Papan kayu adalah salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat furniture, lantai, plafon, dinding, pintu, jendela, pagar, tangga, dan lain-lain. Papan kayu memiliki kelebihan seperti kuat, tahan lama, mudah dibentuk, dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Namun, untuk mendapatkan papan kayu yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Salah satunya adalah harga papan kayu yang beredar di pasaran. Harga papan kayu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis, ukuran, kualitas, dan sumber kayu.

Baca Juga: Rekomendasi Kamera DSLR Canon Murah

Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi lengkap tentang harga papan kayu di Indonesia dari berbagai jenis, ukuran, dan kualitasnya. Kami juga telah memberikan tips memilih papan kayu yang tepat dan cara merawatnya agar awet dan tahan lama.

Demikian artikel tentang harga papan kayu di Indonesia: jenis, ukuran, dan kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang papan kayu.