Tuesday , April 23 2024
Tips Membangun Rumah Minimalis Murah

Baca 5 Tips Membangun Rumah Minimalis Murah dan Berkualitas

Tips Membangun Rumah Minimalis Murah dan Berkualitas. Membangun rumah minimali baru sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah fungsi dan mampu membuat pemilik merasa nyaman. Saat akan membangun rumah minimalis, Anda perlu mendapatkan banyak referensi agar tidak keluar uang banyak.

Memiliki rumah minimalis idaman menjadi impian setiap orang yang habis menikah. Bahkan, banyak orang berfikiran untuk membeli rumah secara kredit atau sistem KPR. Padahal, jika dihitung-hitung, harga rumah KPR ternyata lebih mahal dibandingkan dengan membangun rumah dari 0.

Tips Membangun Rumah Minimalis Murah

Berikut beberapa tips membangun rumah minimalis yang nyaman, murah namun tetap berkualitas.

1. Pilih Desain Yang Sederhana Dan Minimalis

Pilih desain yang sederhana dan minimalis dapat menghemat biaya konstruksi dan finishing. Desain minimalis lebih mengutamakan fungsi daripada bentuk dan estetika, sehingga memungkinkan Anda untuk menghemat uang pada bahan bangunan dan finishing yang tidak perlu. Desain yang sederhana juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan modern.

Selain itu, dengan desain yang sederhana dan minimalis, Anda dapat lebih mudah mengatur pencahayaan, ventilasi, dan arus udara di dalam rumah, yang dapat meningkatkan kesehatan dan kenyamanan Anda. Desain yang sederhana dan minimalis juga lebih mudah dalam pemeliharaan dan perawatan, sehingga Anda dapat menghemat uang pada biaya perawatan dan pemeliharaan jangka panjang.

Baca Juga:

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang dekat dengan sekolah, pasar, kantor, dan fasilitas lain yang Anda butuhkan akan menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan. Hal ini akan menjadi lebih efisien dalam hal waktu dan uang.

Selain itu, memilih lokasi yang aman dan stabil juga penting untuk kenyamanan Anda dan keluarga. Memilih lokasi yang dekat dengan pos polisi, rumah sakit, dan fasilitas lain yang penting akan memberikan rasa aman dan nyaman.

Memilih lokasi yang cocok juga akan membantu Anda dalam jangka panjang, jika Anda ingin menjual atau menyewakan rumah Anda kelak. Memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas penting dan akses transportasi yang baik akan meningkatkan nilai jual atau sewa rumah Anda.

3. Beli Bahan Bangunan dengan Harga Murah

Ada beberapa cara untuk mendapatkan bahan bangunan dengan harga murah:

  • Cari supplier atau toko bangunan yang menawarkan diskon atau penawaran khusus. Beberapa toko bangunan juga menawarkan program loyalty atau program reward untuk pelanggan setia.
  • Beli bahan bangunan bekas. Beberapa bahan bangunan seperti kayu, kaca, atau besi dapat digunakan kembali jika masih dalam kondisi baik.
  • Beli bahan bangunan dalam jumlah besar. Beli bahan bangunan dalam jumlah besar dapat menghemat uang karena Anda dapat mendapatkan harga yang lebih baik dibandingkan membeli dalam jumlah kecil.
  • Cari bahan bangunan lokal. Beli bahan bangunan lokal dapat menghemat uang pada biaya transportasi dan meningkatkan ekonomi lokal.
  • Beli bahan bangunan saat musim diskon. Beberapa toko bangunan menawarkan diskon besar pada musim tertentu seperti akhir tahun atau musim liburan. Membeli bahan bangunan saat musim diskon dapat menghemat uang.
  • Ingat untuk selalu membandingkan harga dan kualitas bahan bangunan sebelum membeli, untuk memastikan Anda mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:

4. Bangun dengan Metode Konstruksi yang Efisien

Ada beberapa metode konstruksi yang efisien yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Konstruksi bambu: Bambu adalah bahan yang efisien dari segi biaya dan lingkungan. Bambu juga memiliki kekuatan yang sama dengan kayu, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan konstruksi.
  2. Konstruksi kayu: Kayu adalah bahan yang efisien dari segi biaya dan lingkungan. Kayu juga memiliki kekuatan yang sama dengan bambu, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan konstruksi.
  3. Konstruksi rakit: Rakit adalah metode konstruksi yang efisien dari segi biaya. Rakit adalah konstruksi dari kayu yang digunakan untuk mengangkat bangunan.
  4. Konstruksi pasangan batu: Pasangan batu adalah metode konstruksi yang efisien dari segi biaya dan lingkungan. Pasangan batu adalah konstruksi dari batu yang digunakan untuk mengangkat bangunan.
  5. Konstruksi kontainer : Konstruksi kontainer adalah metode konstruksi yang efisien dari segi biaya dan praktis . Konstruksi kontainer menggunakan kontainer bekas sebagai bahan konstruksi yang di modifikasi menjadi ruangan.

5. Pilih Perabot Simple

Pilih perabot yang sesuai dengan ukuran rumah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Ada beberapa cara untuk memilih perabot yang sesuai dengan ukuran rumah yang multifungsi artinya sofa bed, meja lipat, atau perabot lain yang dapat digunakan untuk dua atau lebih fungsi akan membuat ruangan terlihat lebih luas karena tidak memakan banyak ruang.

Kemudian, pilih perabot yang sesuai dengan ukuran ruangan yaitu tidak terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat ruangan terlihat sempit atau kosong. Selanjutnya pilih warna perabot yang sesuai dengan warna dinding yang akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Warna yang terlalu berbeda dapat membuat ruangan terlihat sempit.

Jangan lupakan untuk memilih perabot yang mudah digeser dan digerakkan dengan mudah sehingga memudahkan konfigurasi ruangan sesuai dengan kebutuhan. Terkahir, pilih perabot yang awet, mudah dibersihkan dan dikelola dengan mudah.

Itulah lima tips membangun rumah minimalis baru untuk pasangan yang baru menikah, selamat membangun rumah baru.