Friday , July 19 2024
Daftar Harga Aluminium Foil Berbagai Ukuran Terbaru dan Kegunaanya

Daftar Harga Aluminium Foil Berbagai Ukuran Terbaru Juli 2024 dan Kegunaanya

Harga Aluminium Foil Berbagai Ukuran Terbaru di Pasaran. Aluminium foil merupakan salah satu bahan kemasan yang sering digunakan untuk berbagai keperluan, baik di rumah tangga maupun di industri.

Aluminium foil memiliki sifat yang lentur, fleksibel, mudah dibentuk, kedap udara, air, dan lemak, serta bersih dan higienis. Aluminium foil juga dapat digunakan sebagai bahan isolasi panas, listrik, dan suara.

Namun, tahukah Anda bahwa aluminium foil memiliki berbagai ukuran dan kegunaan yang berbeda-beda? Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang harga aluminium foil saat ini berbagai ukuran di pasaran dan kegunaanya untuk Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Lihat Juga: Harga GRC per lembar semua ukuran terbaru.

Ukuran Aluminium Foil

Aluminium foil terbuat dari logam aluminium yang diproses menjadi lembaran tipis dengan ketebalan kurang dari 0,2 mm. Lembaran aluminium dengan ketebalan kurang dari 0,15 mm disebut sebagai foil. Aluminium foil memiliki lebar yang bervariasi, mulai dari 1,52 m hingga 4 m.

Ukuran aluminium foil yang umum digunakan di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Aluminium Foil Roll: Aluminium foil yang digulung dalam bentuk roll dengan panjang antara 10 m hingga 50 m dan lebar antara 1 m hingga 1,2 m. Aluminium foil roll biasa digunakan untuk membungkus makanan, membakar kue, atau melapisi loyang.
  • Aluminium Foil Sheet: Aluminium foil yang dipotong menjadi lembaran persegi atau persegi panjang dengan ukuran antara 20 cm x 20 cm hingga 30 cm x 40 cm. Aluminium foil sheet biasa digunakan untuk membungkus sandwich, roti, atau burger.
  • Aluminium Foil Container: Aluminium foil yang dibentuk menjadi wadah berbagai bentuk dan ukuran, seperti mangkuk, kotak, atau pinggan. Aluminium foil container biasa digunakan untuk menyimpan atau mengantarkan makanan siap saji.
  • Aluminium Foil Tape: Aluminium foil yang dilapisi dengan perekat di salah satu sisinya. Aluminium foil tape biasa digunakan untuk merekatkan atau menyegel permukaan logam, plastik, atau kaca.

Harga Aluminium Foil

Harga aluminium foil di pasaran tergantung pada ukuran, kualitas, merek, dan tempat pembelian. Berikut ini adalah tabel harga aluminium foil berbagai ukuran di pasaran Indonesia saat ini.

NoUkuranHarga
1Aluminium Foil Roll (10 m x 30 cm)Rp 15.000 – Rp 25.000
2Aluminium Foil Roll (25 m x 30 cm)Rp 25.000 – Rp 40.000
3Aluminium Foil Roll (50 m x 30 cm)Rp 40.000 – Rp 60.000
4Aluminium Foil Sheet (20 cm x 20 cm)Rp 5.000 – Rp 10.000 per pack (50 lembar)
5Aluminium Foil Sheet (30 cm x 40 cm)Rp 10.000 – Rp 15.000 per pack (50 lembar)
6Aluminium Foil Container (mangkuk)Rp 1.000 – Rp 2.000 per buah
7Aluminium Foil Container (kotak)Rp 2.000 – Rp 3.000 per buah
8Aluminium Foil Container (pinggan)Rp 3.000 – Rp 5.000 per buah
9Aluminium Foil Tape (5 cm x 10 m)Rp 10.000 – Rp 20.000

Harga diatas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Kegunaan Aluminium Foil

Aluminium foil memiliki banyak kegunaan yang dapat memudahkan Anda dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kegunaan aluminium foil yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Membuat Kantong Vakum

Anda dapat membuat kantong vakum sendiri dengan menggunakan aluminium foil dan sedotan. Caranya, bungkus barang yang ingin Anda vakum dengan aluminium foil, lalu tusukkan sedotan di salah satu sudutnya.

Sedot udara di dalam kantong dengan sedotan, lalu tutup rapat lubang sedotan dengan aluminium foil. Kantong vakum siap digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau barang lainnya agar lebih awet dan hemat ruang.

2. Mengasah Gunting

Anda dapat mengasah gunting yang tumpul dengan menggunakan aluminium foil. Caranya, lipat beberapa lembar aluminium foil menjadi beberapa lapisan, lalu gunting-gunting aluminium foil tersebut dengan gunting yang ingin Anda asah. Ulangi beberapa kali hingga gunting menjadi tajam kembali.

4. Membersihkan Peralatan Masak

Anda dapat membersihkan peralatan masak yang kotor atau berkarat dengan menggunakan aluminium foil. Caranya, remas aluminium foil menjadi bola, lalu gosokkan ke permukaan peralatan masak yang ingin Anda bersihkan.

Aluminium foil akan berfungsi sebagai scrubber yang dapat mengangkat kotoran atau karat dengan mudah.

Simak Juga: Harga semen 1 sak semua jenis di pasaran terbaru.

5. Menghilangkan Statis Pada Pakaian

Anda dapat menghilangkan statis pada pakaian yang baru keluar dari mesin pengering dengan menggunakan aluminium foil. Caranya, buat bola kecil dari aluminium foil, lalu masukkan ke dalam mesin pengering bersama pakaian yang ingin Anda keringkan. Aluminium foil akan menyerap muatan listrik statis yang ada pada pakaian dan mencegahnya menempel satu sama lain.

6. Meningkatkan sinyal Wi-Fi

Anda dapat meningkatkan sinyal Wi-Fi di rumah Anda dengan menggunakan aluminium foil. Caranya, bentuk aluminium foil menjadi parabola, lalu tempelkan di belakang antena router Wi-Fi Anda. Aluminium foil akan memantulkan gelombang Wi-Fi ke arah yang Anda inginkan dan meningkatkan kualitas sinyalnya.

Demikianlah artikel tentang harga aluminium foil berbagai ukuran di pasaran dan kegunaanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang aluminium foil.