Saturday , December 9 2023
Harga Cempedak Per Kg Terbaru dan Manfaat

Harga Cempedak Per Kg Terbaru Desember 2023 dan Manfaatnya

Harga Cempedak Per Kilo (kg) Hari ini dan Manfaatnya. Cempedak adalah jenis buah yang berasal dari pohon cempedak (Artocarpus champeden). Buah ini biasanya terdiri dari biji yang terbungkus dalam biji-bijian yang lembut dan berwarna kuning kecokelatan. Rasa buah cempedak ini lebih manis dan lebih beraroma dibandingkan dengan jenis buah lain yang tergolong dalam keluarga Artocarpus, seperti jenis buah nangka.

Buah cempedak tumbuh subur di daerah tropis dengan iklim yang lembab. Buah ini biasanya dijual di pasar atau di toko-toko kelontong dalam keadaan mentah, namun juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti kue, es krim, atau jus. Buah cempedak juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, kalium, dan serat, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Harga cempedak di pasaran Indonesia bervariasi dipengaruhi kualitas buah, musim tanam, dan lokasi pasar. Buah cempedak yang berkualitas tinggi, segar, dan tidak cacat biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang kualitasnya kurang baik.

Selain itu, harga cempedak per kilo hari ini juga bisa dipengaruhi oleh musim tanam, di mana harga cempedak biasanya lebih tinggi saat musim panen, dan lebih rendah saat musim menunggu panen. Pada kesempatan sebelumnya kami membuat artikel mengenai harga durian musang king dan montong saat ini.

Perbedaan Cempedak dan Nangka

Cempedak dan nangka adalah dua jenis buah yang tergolong dalam keluarga Artocarpus. Kedua jenis buah ini memiliki banyak kesamaan, namun juga memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara cempedak dan nangka:

1. Bentuk dan Ukuran

Buah cempedak memiliki bentuk yang lebih bulat dan lebih kecil dibandingkan dengan nangka. Buah cempedak biasanya memiliki diameter sekitar 10-20 cm, sementara nangka bisa mencapai ukuran yang lebih besar, bahkan bisa mencapai ukuran sebesar 1 meter.

2. Warna Kulit

Warna kulit cempedak lebih kecoklatan, sedangkan nangka memiliki warna kulit yang lebih kehijauan. Warna kulit cempedak juga lebih kasar dan berkerut dibandingkan dengan nangka.

3. Rasa dan Aroma

Rasa buah cempedak lebih manis dan lebih beraroma dibandingkan dengan nangka. Nangka memiliki rasa yang lebih asam dan lebih sedikit aroma.

4. Kandungan Nutrisi

Kedua buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, namun terdapat beberapa perbedaan. Cempedak memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nangka, sementara nangka memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi.

Baca Juga:

5. Penggunaan

Buah cempedak lebih sering digunakan untuk diolah menjadi makanan, seperti kue, es krim, atau jus. Sementara itu, nangka lebih sering digunakan sebagai bahan pangan utama, seperti diolah menjadi sayur nangka atau dikonsumsi secara mentah.

Manfaat Cempedak

Buah cempedak memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yang tentunya bisa dinikmati dengan makan seperlunya tanpa berlebihan:

1. Mengandung Serat

Buah cempedak mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah cempedak mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko sakit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Buah cempedak mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah Anemia

Buah cempedak mengandung zat besi yang tinggi, yang dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan produksi sel darah merah.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah cempedak mengandung vitamin A yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula.

Baca Juga:

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, buah cempedak juga mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang yang memiliki diabetes atau menjalani diet rendah kalori.

Selain itu, buah cempedak juga mengandung purin, yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal bagi orang yang memiliki penyakit ginjal. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah cempedak dalam jumlah yang banyak.

Daftar Harga Buah Cempedak Terbaru Desember 2023

Berikut ini telah kami himpun list tabel harga terbaru cempedak yang kami kutip dari marketplace Tokopedia.

Harga Buah Cempedak Manis Segar Fresh Kwalitas Super Harga Murah Rp38.999
Harga Buah Cempedak Segar Per satu Buah 1.5 Kg. Rp55.000
Harga nangka cempedak 1 buah super manis Rp45.000
Harga Buah Cempedak Malaysia Pax 500gr Rp49.000
Harga Buah Cempedak Manis kupas 250gram Rp45.000
Harga Buah Nangka Cimpedak/Cempedak Manis Rp40.000
Harga buah nangka cempedak / buah cimpedak super 1buah Rp95.000
Harga nangka cempedak super manis per 1 buah Rp75.000
Harga Buah Cempedak Matang Pohon FRESH per buah Rp115.000
Harga Buah Nangka Cempedak/Cimpedak Super 1Buah 2Kg Rp53.500

Lihat Juga:

Harga Cempedak per Kilo Terbaru

Untuk memberikan gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh harga cempedak di pasaran di Indonesia pada tahun 2022:

  • Harga cempedak di pasar tradisional: Rp. 5.000 – Rp. 15.000 per kilogram
  • Harga cempedak di toko kelontong: Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per kilogram
  • Harga cempedak di supermarket: Rp. 25.000 – Rp. 35.000 per kilogram

Baca Juga:

Harga di atas hanya merupakan contoh dan mungkin bisa berbeda di tempat lain. Sebagai patokan, Anda bisa mengecek harga cempedak di pasar tahun 2023 terdekat untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat.