Sunday , July 21 2024
Harga Buah Naga Per Kg Terbaru dan Manfaatnya

Harga Buah Naga Per Kg Terbaru Juli 2024 dan Manfaatnya

Harga Buah Naga Per Kilo (kg) Hari ini di Pasar dan Manfaatnya. Buah naga adalah jenis buah yang berasal dari pohon buah naga (Hylocereus undatus), yang tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Karibia. Buah naga memiliki bentuk yang agak panjang dan berwarna merah cerah, dengan kulit yang tebal dan kasar. Biji-bijian buah naga terdapat di dalam daging buah yang lembut dan berwarna merah tua atau hitam.

Buah naga memiliki rasa yang manis dan segar, dan sering diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara mentah. Buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin C, kalium, dan serat, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Buah naga juga dianggap sebagai buah superfood karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

Harga buah naga di pasaran bervariasi dipengaruhi oleh kualitas buah, musim tanam, dan lokasi pasar. Buah naga dengan kealitas tinggi, segar, dan tidak cacat akan lebih mahal ketimbang kwalitas rendah. Selain itu, harga buah naga juga bisa dipengaruhi oleh musim tanam, di mana harga buah naga biasanya lebih tinggi saat musim panen, dan salah satu daerah penghasil buah naga adalah Banyuwangi, Jawa Timur.

Buah naga tersedia di pasar dalam keadaan mentah atau diolah menjadi berbagai jenis produk, seperti jus, es krim, atau makanan olahan lainnya. Pada kesempatan sebelumnya kami membuat artikel mengenai harga durian musang king dan montong saat ini.

Jenis Buah Naga

Terdapat beberapa jenis buah naga yang tersedia di pasaran yang sering ditemui dengan harga berbeda-beda, di antaranya:

  • Buah naga merah. Jenis buah naga yang paling umum dijumpai di pasaran, dengan daging buah yang berwarna merah tua atau hitam. Buah naga merah memiliki rasa yang manis dan segar, dan sering diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara mentah.
  • Buah naga putih. Jenis buah naga yang memiliki daging buah yang berwarna putih atau krem, dengan rasa yang lebih segar dan asam dibandingkan dengan buah naga merah. Buah naga putih juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah naga merah.
  • Buah naga hijau. Buah naga dengan kulit yang hijau dan daging buah yang berwarna merah tua atau hitam. Buah naga hijau memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan dengan buah naga merah atau putih, dan sering digunakan dalam masakan sebagai bahan penyedap rasa.
  • Buah naga ungu. Jenis buah naga yang memiliki kulit yang ungu atau kecoklatan, dengan daging buah yang berwarna merah tua atau hitam. Buah naga ungu memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan dengan buah naga merah atau putih, dan sering digunakan dalam masakan sebagai bahan penyedap rasa.

Baca Juga:

Setiap jenis buah naga memiliki rasa yang berbeda-beda, dan bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Buah naga merah dan putih biasanya dikonsumsi secara mentah atau diolah menjadi jus, sedangkan buah naga hijau dan ungu lebih sering digunakan sebagai bahan masakan. Baca juga info harga cempedak di pasar hari ini.

Manfaat Buah Naga

Buah naga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yang tentunya bisa ditambahkan ke dalam menu harian keluarga.

1. Mengandung vitamin C

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko sakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah naga mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengatasi Anemia

Buah naga mengandung zat besi yang tinggi, yang dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga mengandung vitamin A yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Lihat Juga:

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, buah naga juga mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang yang memiliki diabetes atau menjalani diet rendah kalori.

Selain itu, buah naga juga mengandung purin, yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal bagi orang yang memiliki penyakit ginjal. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang banyak.

 Terbaru Juli 2024

Berikut adalah list tabel harga buah naga yang kami kutip dari salah sat marketplace Tokopedia.

Harga BUAH NAGA MERAH 1 PcsRp11.900
Harga Naga Merah (1pcs)Rp11.000
Harga Naga Merah (1kg)Rp23.900
Harga Buah naga PremiumRp20.600
Harga BUAH NAGA MERAH (350G-599G/buah)Rp14.950
Harga Buah Naga Merah 450 – 550 gr FreshBoxRp10.900
Harga Buah Potong Naga Merah (400gr)Rp10.000
Harga Buah Naga Merah Segar 1kgRp8.000
Harga Buah Naga Merah 1 kgRp18.400

Harga Buah Naga Merah per Kilo

Sebagai gambaran saat akan membeli buah naga, berikut ini adalah beberapa referensi harga buah naga di pasaran di Indonesia pada tahun 2022:

  • Harga buah naga di pasar tradisional: Rp. 13.000 – Rp. 30.000 per kilogram
  • Harga buah naga di toko buah: Rp. 30.000 – Rp. 50.000 per kilogram
  • Harga buah naga di supermarket: Rp. 50.000 – Rp. 80.000 per kilogram

Baca Juga:

Harga di atas mungkin bisa berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Sebagai patokan, Anda bisa mengecek harga buah naga terbaru 2023 di pasar atau toko buah terdekat untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat.