Sunday , February 25 2024
Harga Belimbing per Kg di Pasaran, Jenis, Ciri, Manfaat dan Kandungannya

Harga Belimbing per Kg Terbaru Februari 2024, Jenis, Ciri, Manfaat dan Kandungannya

Harga belimbing wuluh per 1 Kg (kilo) di pasar lengkap dengan jenis, ciri dan manfaat untuk kesehatan. Belimbing adalah tanaman semusim yang berasal dari Asia dan Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki daun yang runcing dan buah yang berwarna hijau atau merah tergantung pada varietasnya. Buah belimbing memiliki bentuk bulat atau lonjong dan memiliki rasa asam yang khas.

Buah belimbing biasanya dimakan segar atau dijadikan jus, sirup, atau makanan lainnya. Selain itu, daun belimbing juga sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan Indonesia dan Asia Tenggara. Harga belimbing per kg juga dapat lebih mahal di daerah-daerah yang memiliki akses yang lebih terbatas ke pasokan belimbing.

Harga belimbing juga bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung pada faktor-faktor tersebut. Selain itu, harga belimbing juga bisa bervariasi tergantung pada jenis belimbing yang dijual, seperti belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing manis, dan lain-lain.

Belimbing merupakan tanaman yang tumbuh di daerah-daerah dengan iklim tropis atau subtropis. Beberapa negara penghasil belimbing terbesar di dunia adalah India, Indonesia, Malezia, dan Filipina. Di Indonesia, daerah-daerah penghasil belimbing terbesar adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali.

Belimbing juga tumbuh di beberapa negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Belimbing biasanya dipanen pada bulan November hingga Januari, tergantung pada lokasi dan iklim. Namun, belimbing juga tersedia di pasaran sepanjang tahun karena dapat dipanen di daerah-daerah dengan iklim yang lebih hangat.

Baca Juga:

Jenis Belimbing

Terdapat beberapa jenis belimbing yang terkenal, diantaranya

1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis belimbing yang paling populer di Indonesia. Buah belimbing wuluh memiliki rasa asam yang kuat dan daging buah yang putih. Buah ini sering digunakan sebagai bahan masakan atau dijadikan jus.

2. Belimbing Buluh

Belimbing buluh merupakan salah satu jenis belimbing yang tumbuh di daerah tropis. Buah belimbing buluh memiliki bentuk bulat dan daging buah yang putih. Buah ini memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan belimbing wuluh.

3. Belimbing Manis

Belimbing manis merupakan jenis belimbing yang memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan belimbing wuluh atau belimbing buluh. Buah ini memiliki bentuk yang lebih lonjong dan daging buah yang merah.

4. Belimbing Sayur

Belimbing sayur merupakan jenis belimbing yang dikonsumsi sebagai sayur. Buah belimbing sayur memiliki bentuk yang sama dengan belimbing wuluh, namun memiliki daging buah yang hijau. Buah ini memiliki rasa yang lebih asam dan tidak manis seperti belimbing manis.

Baca Juga:

5. Belimbing Asam

Belimbing asam merupakan jenis belimbing yang memiliki rasa yang sangat asam. Buah ini sering digunakan sebagai bahan masakan atau dijadikan jus. Buah belimbing asam memiliki bentuk yang lonjong dan daging buah yang putih atau hijau tergantung pada varietasnya.

6. Belimbing Kecil

Belimbing kecil merupakan jenis belimbing yang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis belimbing lainnya. Buah belimbing kecil memiliki bentuk bulat dan daging buah yang putih atau hijau. Buah ini memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan belimbing manis.

Manfaat Belimbing dan Kandungan

Buah belimbing memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya

1. Mencegah Kanker

Belimbing mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Belimbing mengandung kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Vitamin C juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:

3. Mencegah Anemia

Belimbing juga mengandung kandungan besi yang tinggi, yang dapat membantu mencegah anemia. Kandungan besi tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Belimbing juga mengandung kandungan kalsium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium tersebut juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada usia lanjut.

5. Mencegah Infeksi

Belimbing juga mengandung kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu mencegah infeksi. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit respirasi.

Harga Belimbing Per KG

Belimbing Wuluh 250 gramRp14.000
Belimbing 200grRp6.000
Buah Belimbing 1 Kg/ Buah Belimbing Segar Berkualitas/ Starfruit Fresh-KEDAIMARTRp21.500
Belimbing Madu [0.9 -1Kg]Rp14.950
Buah Blimbing Manis Fresh 1kg isi 4-5 bekasiRp16.150
CARI SAYUR – Belimbing [1 kg]Rp18.900
buah belimbingRp18.000
Belimbing 200grRp6.000
Belimbing – 500 GramRp12.800

Baca Juga:

Harga belimbing per kilogram 2022 dan tahun 2023 tidak mengalami perubahan yang siginifikan namun dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, musim, dan kualitas buah. Namun, secara umum, harga belimbing di pasaran Indonesia berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 40.000 per kilogram. Untuk lebih jelasnya, sebelum membeli belimbing cek dulu update harga terkini belimbing baik secara online maupun ke pedagang langsung.