Tuesday , April 23 2024
Harga Bengkuang per Kg, Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Harga Bengkuang per Kg Terbaru April 2024, Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Harga buah Bengkuang per 1 kg (kilogram) di pasaran hari ini lengkap dengan berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bengkuang adalah salah satu jenis sayur yang tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan buah yang berwarna putih atau merah. Buah bengkuang memiliki bentuk yang bulat atau lonjong dan memiliki rasa yang sedikit asam.

Bengkuang dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti sup, salad, atau makanan lainnya. Selain itu, bengkuang juga dapat diolah menjadi tepung atau dijadikan bahan untuk produk kecantikan. Bengkuang merupakan sumber serat, vitamin C, dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Harga bengkuang per kilo di pasaran juga bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung pada faktor-faktor tersebut. Selain itu, harga bengkuang juga bisa bervariasi tergantung pada jenis bengkuang yang dijual, seperti bengkuang merah, bengkuang putih, atau bengkuang kuning. Harga bengkuang juga dapat lebih mahal di daerah-daerah yang memiliki akses yang lebih terbatas ke pasokan bengkuang.

Bengkuang merupakan tanaman yang tumbuh di daerah-daerah dengan iklim tropis atau subtropis. Beberapa negara penghasil bengkuang terbesar di dunia adalah China, India, Indonesia, dan Filipina. Di Indonesia, daerah-daerah penghasil bengkuang terbesar adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Buah bengkuang juga tumbuh di beberapa negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Bengkuang biasanya dipanen pada bulan Mei hingga Juli, tergantung pada lokasi dan iklim. Namun, bengkuang juga tersedia di pasaran sepanjang tahun karena dapat dipanen di daerah-daerah dengan iklim yang lebih hangat.

Baca Juga:

Manfaat Bengkuang untuk kesehatan

Buah bengkuang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Mencegah kanker Bengkuang mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.
  • Menurunkan kadar gula darah Bengkuang mengandung kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan serat tersebut juga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.
  • Menjaga kesehatan jantung Bengkuang juga mengandung kandungan potasium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah anemia Bengkuang juga mengandung kandungan besi yang tinggi, yang dapat membantu mencegah anemia. Kandungan besi tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.
  • Menjaga kesehatan tulang Bengkuang juga mengandung kandungan kalsium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium tersebut juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada usia lanjut.

Baca Juga:

Manfaat Bengkuang di Bidang Kecantikan

Bengkuang juga dapat digunakan untuk keperluan kecantikan, di antaranya

1. Mencegah Penuaan Dini

Bengkuang mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menghaluskan Kulit

Bengkuang mengandung kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan kerutan. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Bengkuang juga mengandung kandungan vitamin A yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Kandungan vitamin A tersebut juga dapat membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan kerutan.

4. Mencegah Jerawat

Bengkuang juga mengandung kandungan zat antimikroba yang dapat membantu mencegah jerawat. Kandungan zat tersebut juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Baca Juga:

5. Mencegah Rambut Rontok

Bengkuang juga dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mencegah rambut rontok. Bengkuang dapat membantu menguatkan akar rambut dan menjaga kelembaban rambut.

Harga Bengkuang Per KG

Supernova Mart Bengkuang / Bengkoang [1 kg]Rp19.500
Bengkoang [ 1 kg ]Rp12.000
Buah Bengkoang 1 kgRp18.000
Purbasari Lulur Mandi Pengantin Bengkoang 1kgRp35.250
Bengkoang Segar 1/2 Kg – 500 GramRp7.200
BENGKOANG 1 KGRp14.214
Bengkoang – 1kgRp20.000
Buah Bengkoang 1 kgRp28.600

Baca Juga:

Harga bengkuang per kilogram tahun 2022 dan masuk tahun 2023 dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, musim, dan kualitas buah. Namun, secara umum, harga bengkuang di pasaran Indonesia berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per kilogram.