Tuesday , April 23 2024
Harga Daun Singkong per Ikat di Pasaran Terbaru

Harga Daun Singkong per Ikat di Pasaran Terbaru April 2024, Ciri, Manfaat dan Olahan Pangan

Inilah harga daun singkong per Ikat dan per kg (kilo) di pasaran indonesia lengkap dengan manfaat dan jenis olahan. Daun singkong adalah daun yang tumbuh dari pohon singkong atau Manihot esculenta. Daun singkong merupakan salah satu jenis daun yang sering digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia, terutama sebagai pelengkap dalam masakan sayur-sayuran.

Daun singkong memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sedikit asin, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar dalam masakan sayur-sayuran atau sebagai bahan pembungkus dalam masakan daging. Saat ini harga daun singkong Padang juga terbilang cukup stabil di pasaran.

Selain itu, daun singkong juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti mengandung zat antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker, serta mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Daerah penghasil daun singkong tersebar di seluruh Indonesia, namun terutama di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis seperti Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Daun singkong merupakan tanaman yang tumbuh dengan subur di daerah-daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan suhu yang cukup tinggi, sehingga banyak dijumpai di daerah-daerah tersebut.

Selain itu, daerah penghasil daun singkong juga terdapat di beberapa negara lain di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Manfaat Daun Singkong

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Daun singkong mengandung zat antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung seperti aterosklerosis.

2. Mencegah Kanker

Daun singkong juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun singkong mengandung zat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga berguna bagi penderita diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara memperlancar buang air besar.

Baca Juga:

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah terjadinya penyakit infeksi.

6. Mencegah Anemia

Daun singkong mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan zat besi dalam tubuh.

7. Mencegah Obesitas

Daun singkong juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Olahan Daun Singkong

Berikut ini adalah beberapa contoh olahan daun singkong yang dapat Anda coba

1. Sayur Singkong

Sayur singkong merupakan salah satu masakan sayur-sayuran yang terbuat dari daun singkong yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tahu, tempe, atau daging sapi. Sayur singkong biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau sambal untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan pedas.

2. Lontong Singkong

Lontong singkong merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk menjadi batang-batang kecil dan dibungkus dengan daun singkong. Lontong singkong biasanya disajikan dengan sayur-sayuran segar dan bumbu kacang untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan segar.

3. Siomay Singkong

Siomay singkong merupakan salah satu jenis siomay yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk menjadi bentuk-bentuk bulat kecil dan dibungkus dengan daun singkong. Siomay singkong biasanya disajikan dengan bahan-bahan lain seperti tahu, telur, dan sayur-sayuran segar, serta disajikan dengan bumbu kacang atau saus kacang untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan segar.

Baca Juga:

4. Sate Singkong

Sate singkong merupakan salah satu jenis sate yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk menjadi batang-batang kecil dan dibungkus dengan daun singkong. Sate singkong biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus kacang untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan segar.

Harga Daun Singkong Per Ikat

Harga daun singkong per ikat tahun 2022 dan 2023 bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis, kualitas, dan lokasi pasar. Di pasar tradisional, harga daun singkong per ikat bisa berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000, tergantung pada ukuran ikat dan kualitas daun singkong yang ditawarkan.

Sedangkan di pasar modern seperti supermarket atau toko kelontong, harga daun singkong per ikat bisa berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000, tergantung pada ukuran ikat dan kualitas daun singkong yang ditawarkan. Namun, harga tersebut masih bisa berubah-ubah tergantung pada kondisi pasar dan kebutuhan pembeli.

Harga Daun Singkong per Kg

Daun Singkong [1 kg]Rp10.700
Daun singkong 1kgRp7.900
Sayur Daun Singkong Segar 1 KgRp12.000
Daun singkong 1kgRp8.500
Bubuk Daun Singkong 1kg OrganikRp20.000
Sayur Daun Singkong Segar 1/2 Kg – 500 GramRp6.000
Daun Singkong Segar 1kg / Sayur FreshRp30.000 – Rp50.000
1 kg daun singkong organikRp15.000

Baca Juga:

Di pasar tradisional, harga daun singkong per kilo bisa berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000, tergantung pada kualitas daun singkong yang ditawarkan. Sedangkan di pasar modern seperti supermarket atau toko kelontong, harga daun singkong per kilo bisa berkisar antara Rp. 30.000 hingga Rp. 60.000, tergantung pada kualitas daun singkong