Monday , June 24 2024

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Merawat

Melakukan perawatan kulit wajah adalah salah satu hal wajib yang mampu menjadikan kulit wajah halus dan kencang dambaan kaum hawa. Ada beberapa penyebab dan kondisi tertentu seperti kehilangan cairan yang berdampak pada kulit tampak kering dan kurang sehat. Permasalahan kulit keringi ini dapat dihindari dengan melakukan perawatan kulit wajah yang baik dan tepat.

Untuk mengurangi resiko kulit wajah yang kering ada beberapa tips perawatan kulit wajah yang perlu Anda lakukan di rumah. Ada beberapa penyebab kulit sering kering diantaranya semakin bertambahny usia yang menjadi alasan utama mengapa kulit sering kering. Ada beberapa tanda yang sering kita temui ketika kulit wajah kering seperti mengelupasm pecah-pecah, kulit wajah kasar dan mungkin terasa gatal.

Tips Perawatan Kulit Wajah

Berikut beberapa lima kebiasanya yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan kulit wajah untuk memperbaiki kondisi atau tipe kulit wajah kering:

Basuh wajah dengan air biasa

Langkah pertama dalam perawatan kulit wajah supaya tidak kering yaitu hindari penggunaan air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya lakuakn pembatasan waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

Pilih Pembersih wajah yang tepat

Sebaiknya menggunakan jenis produk sabun pembersih wajah yang lembut dan tanpa tambahan pengharum. Hal ini bertujuan supaya kulit Anda terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering.

Gunakan pelembap setelah mencuci wajah

Tips kedua untuk mendapakan kulit yang baik adalah memilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering. Tidak disarankan memilih pelembab berbentuk lotion menurut beberapa pakar kecantikan. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, Anda juga bisa menggunakan hydrating toner.

Pelembap Minyak Alami

Gunakna pelembab alami seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Beberapa pakar kecantikan menyarankan supaya kulit tidak kering kering dapat menggunakan produk lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

Pilih Produk yang tepat

Beberapa produk pelembah kadang malah membuat kulit kering. Sebelum menggunakan produk pelembah alangkah baiknya berkonsultasi dahulu. Sebab ada beberapa produk pelembab menggunakan alkohol, pengharum, alpha-hydroxy acid (AHA) maupun retionoid.