Friday , July 19 2024
Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik untuk Bisnis UMKM

4 Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital untuk Bisnis yang Terbaik

Sebagai pelaku bisnis menengah ke atas, apalagi skala nasional atau bahkan internasional, kamu tentu ingin mempermudah proses transaksi dengan pelanggan dan mitra bisnis. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran untuk bisnismu. Aplikasi pembayaran memungkinkan saat bertransaksi mengirim dan menerima pembayaran secara digital, tanpa perlu repot-repot menggunakan uang tunai atau transfer bank.

Menggunakan aplikasi pembayaran digital menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran kepada pelanggan, seperti kartu kredit, e-wallet, virtual account, QRIS, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengelola keuangan bisnis kamu secara lebih efisien dan akurat, karena aplikasi pembayaran biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti invoice digital, rekonsiliasi otomatis, laporan penjualan, dan analisis piutang.

Namun, dengan banyaknya aplikasi pembayaran yang tersedia di pasaran, bagaimana kamu bisa memilih yang terbaik untuk bisnis kelas menengah? Aplikasi pembayaran digital dilihat dari kemudahan penggunaan, biaya transaksi, keamanan data, dukungan pelanggan, dan integrasi dengan sistem lain.

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital

Untuk membantu kamu menentukan pilihan yang tepat, berikut ini kami beri bocoran rekomendasi beberapa aplikasi pembayaran untuk bisnis skala menengah, besar dan multinasional yang bisa kamu coba:

1. Paper.id

Rekomendasi aplikasi untuk pembayaran digital otomatis pertama ada Paper.id yang merupakan platform pembayaran digital untuk bisnis B2B dengan menawarkan berbagai fitur menarik untuk memudahkan proses penagihan dan penerimaan pembayaran. Dengan Paper.id, kamu bisa membuat dan mengirim invoice digital yang sah dan langsung dibubuhkan e-Meterai dari PERURI.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan opsi pembayaran ke pelanggan dari berbagai metode tanpa harus menyediakan satu per satu, seperti kartu kredit, transfer bank, Virtual Account, QRIS, dan lainnya. Paper.id juga memberikan kemudahan membayar supplier dan vendor dengan metode apa saja yang kamu inginkan, tanpa perlu mereka mendaftar.

Paper.id juga memiliki fitur integrasi API yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan sistem bisnis yang telah dimiliki dengan Paper.id secara mudah dan cepat.

Paper.id juga memiliki produk PAPERCARD, sebuah kartu kredit khusus untuk kebutuhan bisnis. Berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung oleh jaringan Visa, PAPERCARD tidak hanya memberikan tambahan tempo hingga 55 hari, tetapi juga menyajikan beragam promo eksklusif, serta poin GarudaMiles dan akses ke airport lounge.

2. Zoho Invoice

Kedua ada Zoho Invoice merupakan  produk dari Zoho Corporation, sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai solusi bisnis online. Zoho Invoice dirancang untuk memudahkan pengusaha dalam membuat dan mengirim invoice profesional.

Zoho Invoice menawarkan paket gratis yang dapat digunakan untuk membuat hingga 5 invoice per bulan untuk maksimal 1 pengguna dan 5 pelanggan. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas atau fitur ada paket berbayar mulai dari $9 per bulan hingga $29 per bulan.

3. Invoicera

Aplikasi invoice online selanjutnya Invoicera yang telah digunakan oleh banyak pengguna. Invoicera merupakan salah satu aplikasi invoice yang dinamis dan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis dan industri.

Invoicera menawarkan paket gratis yang dapat digunakan untuk membuat hingga 3 invoice per bulan untuk maksimal 1 pengguna dan 10 pelanggan. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas atau fitur Anda, Anda dapat memilih paket berbayar mulai dari $15 per bulan hingga $149 per bulan.

4. QuickBooks

Selain Zoho, Paper.id dan Invoicera ada QuickBooks merupakan aplikasi akuntansi online yang dikembangkan oleh Intuit, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak keuangan. QuickBooks cukup populer dan terpercaya untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan mudah dan efisien.

Salah satu fitur andalan dari QuickBooks adalah pembuatan invoice secara profesional. QuickBooks juga mampu melacak status pembayaran invoice secara real-time, mengintegrasikan invoice dengan sistem pembayaran online seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lain-lain.

Zoho Invoice, Paper.id, Invoicera, dan QuickBooks Bagus Mana?

Zoho Invoice, Invoicera, dan QuickBooks merupakan aplikasi invoice online yang berbayar dan memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda. Berbeda dengan Paper.id menawarkan keuntungan untuk pebisnis dengan segala fitur terbaru yang ditawarkan.

Paper.id memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi invoice online sebelumnya. Ketika kamu menggunakan Paper.id dapatkan kemudahan dalam bertransaksi dan layanan yang diberikan. Ada beberapa alasan kenapa kamu perlu menggunakan Paper.id.

Paper.id merupakan platform pembayaran bisnis dan invoice digital yang GRATIS dan mudah digunakan walau masih pemula sekalipun. Kamu bisa membuat, mengirim, dan melacak invoice secara online dengan fitur-fitur seperti e-Meterai, berbagai metode pembayaran, pengingat pembayaran, laporan penjualan dan pajak, dan lain-lain.

Aplikasi invoice online Paper.id merupakan produk lokal buatan anak bangsa yang memiliki 450 ribu pengguna sudah bersertifikat ISO 27001 yang menjamin keamanan data. Kemudian, memiliki banyak template invoice yang profesional dan menarik yang dapat disesuaikan dengan identitas bisnis. Lalu, pengguna juga mampu menggunakan fitur mengirim invoice melalui email, WhatsApp, atau SMS dengan tanda tangan digital, bahkan yang bermeterai sekalipun.

Demikianlah ulasan mengenai pengalaman menggunakan aplikasi pembayaran Paper.id untuk bisnis skala menengah dengan rentang pengguna transaksi sampai perusahaan multinasional. Download aplikasi Paper.id di Playstore sekarang juga untuk mendapatkan manfaatnya.