Saturday , February 24 2024
Harga Ikan Arwana Terbaru

Harga Ikan Arwana Terbaru Februari 2024: Jenis, Faktor, dan Tips Memilihnya

Harga Ikan Arwana Terbaru. Bagi Anda pecinta Ikan pasti sudah tidak asing dengan naa Ikan arwana. Memiliki bentuk tubuh yang indah, warna yang beragam, dan gerakan yang anggun. Tidak heran jika ikan arwana dijuluki sebagai “raja ikan hias”.

Namun, memiliki ikan arwana tidaklah murah. Harga ikan arwana bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah tergantung pada jenis, usia, dan kualitasnya.

Lalu, apa saja jenis ikan arwana yang ada di pasaran? Apa saja faktor yang mempengaruhi harga ikan arwana? Bagaimana cara memilih ikan arwana yang baik dan sesuai dengan anggaran?

Pada kesepatan kali ini ArsipUmum.com akan membahas semua hal tentang harga ikan arwana, mulai dari jenis-jenisnya, faktor-faktor yang mempengaruhi harganya, hingga tips memilihnya.

Baca Juga: Harga Burung Kicau Terbaru dan Tips Memilih di Pasar Pramuka

Jenis-Jenis Ikan Arwana

Ikan arwana berasal dari Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Australia. Ada banyak jenis ikan arwana yang berbeda-beda warna, bentuk, dan ukurannya. Berikut adalah beberapa jenis ikan arwana yang paling umum di pasaran:

Arwana Super Red

Jenis ini berasal dari Kalimantan Barat, Indonesia. Ikan ini memiliki warna merah menyala pada tubuhnya, terutama pada sirip dan ekornya. Arwana super red adalah jenis yang paling populer dan mahal di antara jenis-jenis lainnya.

Harga ikan arwana super red berkisar antara 10 juta hingga 50 juta rupiah tergantung pada usia dan kualitas warnanya.

Arwana Golden

Jenis ini berasal dari Malaysia dan Indonesia. Ikan ini memiliki warna keemasan pada tubuhnya, terutama pada sisik dan kepalanya. Arwana golden juga termasuk jenis yang banyak dicari dan harganya cukup tinggi.

Harga ikan arwana golden berkisar antara 5 juta hingga 20 juta rupiah tergantung pada usia dan kualitas warnanya.

Baca Juga: Harga A&W Terbaru Beserta Menu Paket Desert

Arwana Silver

Jenis ini berasal dari Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Ikan ini memiliki warna perak yang elegan pada tubuhnya. Arwana silver adalah jenis yang paling umum dan mudah ditemukan di pasaran.

Harga ikan arwana silver lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga ikan arwana silver berkisar antara 3 juta hingga 10 juta rupiah tergantung pada usia dan kualitas warnanya.

Arwana Albino

Jenis ini merupakan hasil mutasi genetik dari jenis-jenis lainnya. Ikan ini memiliki warna putih atau kuning pucat pada tubuhnya, dengan mata merah atau biru.

Arwana albino adalah jenis yang sangat langka dan eksotis. Harga ikan arwana albino bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah tergantung pada jenis asalnya.

Selain jenis-jenis di atas, masih ada banyak jenis ikan arwana lainnya, seperti arwana hitam, arwana hijau, arwana biru, arwana platinum, dan lain-lain.

Baca Juga:

Faktor Mempengaruhi Harga Ikan Arwana

Harga ikan arwana dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Jenis

Jenis ikan arwana sangat berpengaruh pada harganya. Jenis-jenis yang langka, indah, dan diminati oleh banyak orang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis yang umum dan kurang menarik.

Usia

Usia ikan arwana juga mempengaruhi harganya. Ikan arwana yang lebih tua biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan arwana yang lebih muda. Hal ini karena ikan arwana yang lebih tua sudah memiliki warna dan bentuk tubuh yang lebih stabil dan berkualitas.

Kualitas

Kualitas ikan arwana meliputi warna, bentuk, ukuran, kesehatan, dan sertifikatnya. Ikan arwana yang memiliki warna yang cerah, bentuk yang proporsional, ukuran yang besar, kesehatan yang baik, dan sertifikat yang resmi biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan arwana yang sebaliknya.
Permintaan

Permintaan ikan arwana juga mempengaruhi harganya. Semakin banyak orang yang menginginkan ikan arwana, semakin tinggi harganya. Sebaliknya, semakin sedikit orang yang menginginkan ikan arwana, semakin rendah harganya.

Baca Juga: Harga Bolu Napoleon

Penawaran

Penawaran ikan arwana juga mempengaruhi harganya. Semakin banyak ikan arwana yang tersedia di pasaran, semakin rendah harganya. Sebaliknya, semakin sedikit ikan arwana yang tersedia di pasaran, semakin tinggi harganya.

Harga Ikan Arwana

NoJenis Ikan Arwana, Umur & PanjangHarga Satuan (Rp)
1Anakan Arwana Golden RTG 10-12 Cm850.000
2Anakan Arwana Irian (Jardini) 10-12 Cm175.000
3Anakan Arwana Red Banjar 10-12 Cm650.000
4Anakan Arwana Silver (pasar lokal kalimantan, harga dari pemburu/penangkap langsung) 10-12 Cm150.000
5Anakan Arwana Super Red 10-12 Cm2.700.000
6Arwana Banjar Merah diatas 12 cm1.800.000
7Arwana Golden Red diatas 12 cm4.200.000
8Arwana Hijau (Golden Pino) diatas 12 cm4.200.000
9Arwana Irian (Jardini) diatas 12 cm3.500.000
10Arwana Monster (Araipama Gigas)10.000.000
11Arwana Silver Usia diatas 12 cm2.000.000
12Arwana Super Red diatas 12 cm6.800.000

Tips Memilih Ikan Arwana

Memilih ikan arwana tidaklah mudah. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa tips memilih ikan arwana yang baik dan sesuai dengan anggaran Anda:

Tentukan jenis ikan arwana

Jenis ikan arwana sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda harus menentukan jenis ikan arwana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda menyukai warna merah, Anda bisa memilih arwana super red. Jika Anda menyukai warna perak, Anda bisa memilih arwana silver.

Tentukan anggaran

Anggaran yang Anda miliki juga sangat berpengaruh pada pilihan ikan arwana Anda. Anda harus menyesuaikan anggaran Anda dengan harga ikan arwana di pasaran. Misalnya, jika Anda memiliki anggaran 10 juta rupiah, Anda bisa memilih arwana silver atau golden. Jika Anda memiliki anggaran 50 juta rupiah, Anda bisa memilih arwana super red atau albino.

Kondisi ikan arwana

Jangan hanya percaya pada foto atau video ikan arwana yang ditawarkan oleh penjual. Anda harus melihat dan memeriksa kondisi ikan arwana secara langsung sebelum membelinya. Perhatikan warna, bentuk, ukuran, kesehatan, dan perilaku ikan arwana tersebut. Pilihlah ikan arwana yang sehat, aktif, dan tidak cacat.

Periksa sertifikat ikan arwana

Sertifikat ikan arwana adalah dokumen resmi yang menyatakan asal-usul dan identitas ikan arwana tersebut. Sertifikat ini penting untuk menjamin bahwa ikan arwana tersebut legal dan tidak berasal dari perburuan liar atau pemalsuan. Pastikan bahwa sertifikat ikan arwana sesuai dengan data fisik dan jenisnya.

Demikianlah informasi Harga Ikan Arwana lengkap dengan jenis dan tips sebelum membeli di pasaran.