Saturday , February 24 2024
Harga Ayam kalkun Terbaru

Harga Ayam kalkun Terbaru Februari 2024 Umur 2 Bulan Hingga Dewasa

Jenis dan Harga Ayam Kalkun Sepasang Terbaru di Pasaran Indonesia. Ayam kalkun adalah salah satu jenis unggas yang populer di dunia. Ayam kalkun memiliki ukuran tubuh yang besar, bulu yang indah, dan daging yang lezat. Ayam kalkun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengandung protein, zat besi, vitamin B, dan asam folat. Sedangkan kandang ayam kalkun juga wajib  diperhatikan saat akan memeliharanya.

Namun, apakah Anda tahu apa itu ayam kalkun anakan, betina, jandan dewasa, manfaat ayam kalkun, harga anak ayam kalkun sepasang dan jenis ayam kalkun yang bisa Anda pilih? Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ayam kalkun, maka artikel ini adalah untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang ayam kalkun, mulai dari pengertian, manfaat, harga, hingga jenis-jenisnya.

Simak terus artikel ini sampai habis agar Anda tidak ketinggalan informasi penting tentang ayam kalkun. Kami juga akan memberikan tips membeli ayam kalkun yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai lewatkan artikel ini.

Baca Juga: Daftar Harga Kambing Gibas

Apa Itu Ayam Kalkun?

Ayam kalkun adalah sejenis unggas besar yang berasal dari Amerika Utara. Nama ilmiahnya adalah Meleagris gallopavo. Ayam kalkun termasuk dalam keluarga Phasianidae, yang juga mencakup ayam hutan, puyuh, dan merak.

Ayam kalkun memiliki ciri-ciri tubuh yang mudah dikenali, yaitu:

  • Kepala dan leher yang tidak berbulu
  • Paruh yang besar dan melengkung
  • Dagu yang bengkak dan berwarna merah
  • Jengger yang panjang dan berwarna merah
  • Bulu yang berwarna cokelat, hitam, putih, atau campuran
  • Ekor yang lebar dan dapat dibuka seperti kipas
  • Kaki yang kuat dan berkuku tajam

Ayam kalkun jantan biasanya lebih besar dan lebih berat daripada ayam kalkun betina. Ayam kalkun jantan juga memiliki suara yang keras dan nyaring, yang disebut sebagai gobble. Ayam kalkun betina memiliki suara yang lebih lembut dan rendah, yang disebut sebagai yelp.

Manfaat Ayam Kalkun

Manfaat Ayam Kalkun

Ayam kalkun memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat ayam kalkun:

  • Ayam kalkun merupakan sumber daging unggas yang berkualitas tinggi. Daging ayam kalkun memiliki tekstur yang lembut, rasa yang gurih, dan aroma yang sedap. Daging ayam kalkun juga rendah lemak dan kalori, sehingga cocok untuk diet sehat.
  • Ayam kalkun juga menghasilkan telur yang besar dan bergizi. Telur ayam kalkun memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin A yang lebih tinggi daripada telur ayam biasa. Telur ayam kalkun juga dapat diolah menjadi berbagai masakan, seperti omelet, telur dadar, atau telur rebus.
  • Ayam kalkun juga dapat dijadikan hewan peliharaan yang lucu dan menarik. Ayam kalkun memiliki kepribadian yang cerdas, penasaran, dan ramah. Ayam kalkun juga dapat berinteraksi dengan manusia dan hewan lain dengan baik. Ayam kalkun juga dapat dihias dengan berbagai aksesoris, seperti topi, kalung, atau pita.
  • Ayam kalkun juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Ayam kalkun merupakan salah satu hewan asli Amerika yang telah dipelihara oleh penduduk asli sejak ribuan tahun lalu. Ayam kalkun juga menjadi simbol Thanksgiving, yaitu hari raya yang dirayakan oleh orang-orang Amerika untuk bersyukur atas berkah yang diterima.

Baca Juga:

Harga Ayam Kalkun

Harga Ayam Kalkun

Harga ayam kalkun bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, usia, dan kualitasnya. Secara umum, harga ayam kalkun berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 per ekor.

Jenis Ayam Kalkun UsiaHarga per Ekor
Kalkun BronzeTelurRp30.000
1 BulanRp70.000
2 BulanRp95.000
3 BulanRp145.000
4 BulanRp175.000
 5 BulanRp210.000
DewasaRp350.000
White Holland1 BulanRp115.000
2 BulanRp150.000
3 BulanRp180.000
4 BulanRp225.000
5 BulanRp285.000
DewasaRp525.000
Golden Palm1 BulanRp85.000
2 BulanRp110.000
3 BulanRp160.000
4 BulanRp185.000
5 BulanRp235.000
DewasaRp385.000
Royal Palm1 BulanRp135.000
2 BulanRp160.000
3 BulanRp235.000
4 BulanRp285.000
5 BulanRp335.000
DewasaRp560.000
Red Bourbon1 BulanRp285.000
2 BulanRp435.000
3 BulanRp535.000
4 BulanRp635.000
5 BulanRp735.000
DewasaRp1.235.000
Self Buff1 BulanRp235.000
2 BulanRp335.000
3 BulanRp460.000
4 BulanRp560.000
5 BulanRp660.000
DewasaRp935.000
Black Spanish1 BulanRp425.000
2 BulanRp580.000
3 BulanRp730.000
4 BulanRp935.000
5 BulanRp1.195.000
DewasaRp1.700.000

Baca Juga:

Jenis Ayam Kalkun

Ada banyak jenis ayam kalkun di dunia, namun secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu:

  • Ayam kalkun domestik: Ayam kalkun yang telah dipelihara oleh manusia sejak lama dan telah mengalami seleksi genetik untuk menghasilkan karakteristik tertentu. Ayam kalkun domestik biasanya memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, bulu yang berwarna putih atau hitam, dan daging yang tebal.
  • Ayam kalkun liar: Ayam kalkun yang masih hidup di alam liar dan belum mengalami seleksi genetik oleh manusia. Ayam kalkun liar biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, bulu yang berwarna cokelat atau campuran, dan daging yang tipis.

Berikut adalah beberapa contoh jenis ayam kalkun domestik dan liar:

JenisCiri-ciriAsal
Broad Breasted WhiteAyam kalkun domestik dengan ukuran tubuh sangat besar (hingga 25 kg), bulu berwarna putih, dan daging tebal. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang paling banyak dipelihara dan dikonsumsi di dunia.Amerika Serikat
Broad Breasted BronzeAyam kalkun domestik dengan ukuran tubuh besar (hingga 20 kg), bulu berwarna hitam dengan kilauan tembaga, dan daging tebal. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang populer di Eropa dan Australia.Amerika Serikat
NarragansettAyam kalkun domestik dengan ukuran tubuh sedang (hingga 15 kg), bulu berwarna hitam dengan garis-garis putih, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang tahan dingin dan mudah beradaptasi.Amerika Serikat
Bourbon RedAyam kalkun domestik dengan ukuran tubuh sedang (hingga 12 kg), bulu berwarna merah kecokelatan dengan garis-garis hitam, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang memiliki rasa daging yang lezat dan aroma yang harum.Amerika Serikat
Royal PalmAyam kalkun domestik dengan ukuran tubuh kecil (hingga 8 kg), bulu berwarna putih dengan garis-garis hitam, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang cantik dan elegan, cocok untuk dijadikan hewan peliharaan atau hiasan.Amerika Serikat
OcellatedAyam kalkun liar dengan ukuran tubuh kecil (hingga 5 kg), bulu berwarna hijau kebiruan dengan bintik-bintik berwarna-warni, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang langka dan dilindungi, hidup di hutan tropis Amerika Tengah.Meksiko, Guatemala, Belize
Eastern WildAyam kalkun liar dengan ukuran tubuh sedang (hingga 10 kg), bulu berwarna cokelat kehitaman dengan garis-garis putih, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang paling umum dijumpai di alam liar Amerika Utara.Amerika Utara
Merriam’s WildAyam kalkun liar dengan ukuran tubuh sedang (hingga 10 kg), bulu berwarna cokelat keabuan dengan garis-garis putih, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang hidup di daerah pegunungan dan padang rumput Amerika Utara.Amerika Utara
Rio Grande WildAyam kalkun liar dengan ukuran tubuh sedang (hingga 10 kg), bulu berwarna cokelat keemasan dengan garis-garis putih, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang hidup di daerah sungai dan semak-semak Amerika Utara.Amerika Utara
Gould’s WildAyam kalkun liar dengan ukuran tubuh besar (hingga 15 kg), bulu berwarna hitam kebiruan dengan garis-garis putih, dan daging tipis. Ayam kalkun ini merupakan jenis yang hidup di daerah pegunungan dan hutan pinus Amerika Utara.Amerika Utara

Baca Juga:

Tips Membeli Ayam Kalkun

Jika Anda tertarik untuk membeli ayam kalkun, baik untuk dikonsumsi maupun dipelihara, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar Anda mendapatkan ayam kalkun yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips membeli ayam kalkun:

  • Pilihlah ayam kalkun yang sehat, bersih, dan terawat. Anda dapat melihat dari kondisi fisiknya, seperti mata yang bersinar, bulu yang rapi, kulit yang elastis, dan kaki yang kuat. Hindari ayam kalkun yang memiliki luka, benjolan, atau tanda-tanda penyakit.
  • Pilihlah ayam kalkun yang sesuai dengan tujuan Anda. Jika Anda ingin membeli ayam kalkun untuk dikonsumsi, pilihlah ayam kalkun domestik yang memiliki daging tebal dan berat badan besar. Jika Anda ingin membeli ayam kalkun untuk dipelihara, pilihlah ayam kalkun domestik atau liar yang memiliki bulu indah dan kepribadian menarik.
  • Pilihlah ayam kalkun yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, pilihlah ayam kalkun yang memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, pilihlah ayam kalkun yang memiliki harga yang sesuai dengan kualitas dan keunikan.
  • Pilihlah ayam kalkun yang sesuai dengan lingkungan Anda. Jika Anda tinggal di daerah yang beriklim dingin, pilihlah ayam kalkun yang tahan dingin dan mudah beradaptasi. Jika Anda tinggal di daerah yang beriklim panas, pilihlah ayam kalkun yang tahan panas dan tidak mudah stres.
  • Pilihlah ayam kalkun dari penjual yang terpercaya dan profesional. Anda dapat mencari referensi dari teman, keluarga, atau internet tentang penjual ayam kalkun yang memiliki reputasi baik dan pengalaman yang cukup. Anda juga dapat mengecek sertifikat kesehatan, vaksinasi, dan garansi dari penjual ayam kalkun.

Baca Juga:

Demikian artikel tentang Harga Ayam Kalkun Terbaru Panduan Lengkap Sebelum Membeli Ayam Kalkun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ayam kalkun atau ingin membeli ayam kalkun. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.