Tuesday , April 23 2024
Cara Ganti DNS di Android dengan Mudah, Kegunaan dan Cara Mengaturnya

3 Cara Ganti DNS di Android dengan Mudah, Kegunaan dan Cara Mengaturnya

Pada kesempatan kali ini Arsipumum.com akan mengulas cara ganti DNS di Android dengan mudah, kegunaan dan cara mengaturnya. Mungkin yang kita ketahui, DNS digunakan sebagai sistem yang bertugas mengubah IP Address suatu situs menjadi domain yang lebih mudah dibaca oleh manusia.

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang mengubah nama domain menjadi alamat IP (Internet Protocol). DNS memudahkan kita untuk mengakses situs web tanpa harus mengingat alamat IP-nya. Misalnya, ketika kita mengetikkan www.bing.com di browser, DNS akan mencari alamat IP dari situs web tersebut dan menghubungkan kita ke server yang menyediakannya.

Namun, terkadang DNS yang kita gunakan bisa bermasalah, misalnya lambat, tidak stabil, atau diblokir oleh pemerintah. Hal ini bisa mengganggu pengalaman kita dalam berselancar di internet. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengganti DNS yang kita gunakan dengan DNS lain yang lebih cepat, stabil, atau tidak diblokir.

Cara Ganti DNS di Android

Jika ingin mengubah dan setting dns di hp tanpa aplikasi? Berikut beberapa cara mengganti dns di android yang bisa anda coba dengan mudah.

1. Aplikasi DNS Changer

Cara pertama yang bisa kita gunakan untuk mengganti DNS di Android adalah dengan menggunakan aplikasi DNS Changer.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memilih DNS yang kita inginkan dari berbagai pilihan yang tersedia, seperti Google DNS, Cloudflare DNS, OpenDNS, dan lain-lain.

Aplikasi yang digunakan ini juga tidak memerlukan akses root, sehingga bisa digunakan oleh semua pengguna Android. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh dan instal aplikasi DNS Changer dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi DNS Changer dan pilih DNS yang ingin kamu gunakan. Kamu juga bisa memasukkan DNS yang kamu inginkan secara manual di bagian Custom DNS.
  • Tekan tombol Start untuk mengaktifkan DNS yang kamu pilih. Kamu akan diminta untuk membuat koneksi VPN (Virtual Private Network) untuk mengubah DNS. Tekan OK untuk melanjutkan.
  • Tunggu sampai ikon kunci muncul di bilah status, yang menandakan bahwa DNS sudah berhasil diganti.
  • Untuk mematikan DNS, kamu bisa menekan tombol Stop di aplikasi DNS Changer atau memutuskan koneksi VPN di pengaturan Android.

2. Pengaturan Wi-Fi

Cara kedua yang bisa kita gunakan untuk mengganti DNS di Android adalah dengan menggunakan pengaturan Wi-Fi.

Cara ini hanya berlaku untuk jaringan Wi-Fi yang kita gunakan, sehingga tidak mempengaruhi jaringan seluler atau jaringan Wi-Fi lain. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan Android dan pilih Wi-Fi.
  • Tekan dan tahan pada nama jaringan Wi-Fi yang sedang kamu gunakan, lalu pilih Modify Network.
  • Pada bagian IP Settings, ubah dari DHCP menjadi Static.
  • Pada bagian DNS 1 dan DNS 2, masukkan alamat DNS yang kamu inginkan, misalnya 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 untuk Google DNS.
  • Tekan Save untuk menyimpan perubahan.

3. Pengaturan Developer

Cara ketiga yang bisa kita gunakan untuk mengganti DNS di Android adalah dengan menggunakan pengaturan developer. Cara ini memerlukan akses root, sehingga hanya bisa digunakan oleh pengguna Android yang sudah me-root perangkat mereka.

Tips ini juga berlaku untuk semua jaringan yang kita gunakan, baik Wi-Fi maupun seluler. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan Android dan pilih About Phone.
  2. Tekan tujuh kali pada Build Number sampai muncul pesan “You are now a developer”.
  3. Kembali ke pengaturan Android dan pilih Developer Options.
  4. Gulir ke bawah dan cari Private DNS. Tekan pada pilihan tersebut dan pilih Private DNS Provider Hostname.
  5. Masukkan nama domain dari DNS yang kamu inginkan, misalnya dns.google untuk Google DNS atau 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com untuk Cloudflare DNS .
  6. Tekan Save untuk menyimpan perubahan.

*Keterangan: dot adalah titik (.)

Kegunaan dan Cara Mengatur DNS di Android

Mengganti DNS di Android bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti:

  1. Meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi internet, terutama jika DNS yang kita gunakan sebelumnya lambat atau sering bermasalah.
  2. Membuka situs web yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet, seperti situs berita, media sosial, atau streaming.
  3. Meningkatkan keamanan dan privasi saat berselancar di internet, karena DNS yang kita gunakan bisa mengenkripsi data yang kita kirim dan terima.

Untuk mengatur DNS di Android, kita bisa menggunakan salah satu dari tiga cara yang sudah dijelaskan di atas, yaitu menggunakan aplikasi DNS Changer, menggunakan pengaturan Wi-Fi, atau menggunakan pengaturan developer. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.