Sunday , February 25 2024
Tips Memilih Kamera DSLR Canon Baru dan Bekas untuk Pemula

9 Tips Memilih Kamera DSLR Canon Baru dan Bekas untuk Pemula

Cara Membeli Kamera DSLR Canon Bagus 2 Jutaan untuk Pemula. Dalam hal mengambil sebuah moment maupun fotografi ada banyak pertimbangkan sebelum menggunakan kamera DSLR. Mulai dari teknik pengambilan, jenis kamera, sudut pengambilan foto dan lainnya. Meskipun saat ini sudah banyak kamera HP dengan resolusi tinggi, kamera DSLR masih mendapat tempat di hati penggunannya.

Tentunnya dalam hal memilih kamera DSLT tidak boleh sembarangan. Apalagi bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia fotografi dan baru belajar. Rasa ingin tahu yang tinggi dan hasil jepretan yang dihasilkan terdakang belum sesuai ekspektasi. Nah, untuk itu, laman ArsipUmum.com akan memberikan beberapa tips memilih kamera Canon DSLR terbaik.

Baca Juga: Rekomendasi Kamera DSLR Canon Murah

Tips Memilih Kamera DSLR

Tentunya ada beberapa pertimbangan-pertimbangan sebelum membeli kamera DSLR baru untuk digunakan sebagai kegiatan atau bekerja. Sebagai pemula dalam dunia fotografi, berikut ini tips mudah memilih kamera baru Canon DSLR.

1. Pertimbangkan Anggaran Anda

Sebelum membeli kamera DSLR Canon baru maupun bekas, pastikan Anda mempertimbangkan anggaran Anda. Tentukan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk kamera. Harga kamera DSLR Canon bervariasi, dan dapat mencapai puluhan juta rupiah. Jadi, pastikan Anda memilih kamera yang sesuai dengan anggaran Anda.

Anda bisa berkonsultasi atau bertanya kepada teman mengenai harga kamera DSLR baru atau bekas. Anda juga bisa cek di marketplace atau media sosial mengenai referensi harga kamera Canon terbaik.

2. Pertimbangkan Kebutuhan Anda

Setiap fotografer memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis fotografi yang dilakukan. Sebelum membeli kamera DSLR Canon, pertimbangkan kebutuhan Anda. Apakah Anda akan mengambil foto untuk keperluan pribadi atau profesional? Apakah Anda akan melakukan fotografi landscape, potret, atau olahraga?

Foto kini juga bisa menjadi uang dengan menjualnya di kanal website tertentu dengan membaca Aplikasi Jual Foto Penghasil Uang.

3. Pilih Sensor yang Sesuai

Sensor kamera adalah salah satu komponen penting dalam kamera DSLR Canon. Ada dua jenis sensor yang umum digunakan pada kamera DSLR Canon, yaitu APS-C dan full-frame. Sensor APS-C lebih kecil dan biasanya digunakan pada kamera entry-level, sedangkan sensor full-frame lebih besar dan digunakan pada kamera profesional. Pilih sensor yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

4. Perhatikan Kemampuan ISO

ISO mengacu pada kepekaan sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya. Namun, semakin tinggi ISO, semakin banyak noise yang dihasilkan pada gambar. Pilih kamera DSLR Canon dengan kemampuan ISO yang cukup untuk kebutuhan Anda.

5. Perhatikan Fungsi Autofokus

Autofokus adalah fitur yang memungkinkan kamera untuk fokus secara otomatis pada objek. Pilih kamera DSLR Canon dengan fungsi autofokus yang baik, terutama jika Anda melakukan fotografi olahraga atau binatang.

Sebelum membeli, cek dulu spesifikasi Autofokus kamera apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika beli kamera bekas, Anda bisa cek pengambilan foto atau video dan cek autofokusnya.

6. Pertimbangkan Kualitas Video

Jika Anda juga tertarik untuk merekam video, pertimbangkan kualitas video yang dihasilkan oleh kamera DSLR Canon. Pilih kamera dengan kemampuan merekam video dalam resolusi yang tinggi dan dengan kualitas suara yang baik.

Baca Juga:  Kamera DSLR Canon Terbaik untuk Memotret Kembang Api 

7. Coba Kamera Terlebih Dahulu

Sebelum membeli kamera DSLR Canon, cobalah terlebih dahulu kamera tersebut. Pergi ke toko kamera dan minta untuk mencoba kamera yang ingin Anda beli. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apakah kamera tersebut cocok dengan kebutuhan dan gaya fotografi Anda.

8. Perhatikan Kompatibilitas Lensa

Ketika memilih kamera DSLR Canon, perhatikan juga kompatibilitas lensa yang dapat Anda gunakan. Pastikan lensa yang Anda beli cocok dengan kamera Anda dan dapat memenuhi kebutuhan fotografi Anda.

9. Pertimbangkan Fitur Tambahan

Selain fitur-fitur di atas, pertimbangkan juga fitur tambahan yang disediakan oleh kamera DSLR Canon. Beberapa fitur tambahan yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

  • Video recording: Jika Anda juga tertarik untuk merekam video, pastikan kamera yang Anda pilih mendukung video recording dengan kualitas yang baik.
  • Wi-Fi dan NFC: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer foto dan video dari kamera ke perangkat mobile atau tablet Anda secara mudah dan cepat.
  • Layar sentuh: Layar sentuh memudahkan Anda untuk memilih fokus dan memutar menu pada kamera.
  • Koneksi GPS: Jika Anda suka fotografi outdoor atau travelling, kamera dengan fitur GPS memungkinkan Anda untuk memetakan lokasi di mana foto diambil.
  • Kecepatan rana: Kamera dengan kecepatan rana yang tinggi sangat berguna untuk menangkap aksi yang cepat seperti olahraga atau hewan.
  • Kustomisasi tombol: Beberapa kamera memungkinkan Anda untuk menyesuaikan fungsi tombol sesuai dengan kebutuhan Anda, yang akan sangat membantu meningkatkan efisiensi Anda dalam menggunakan kamera.

Dengan mempertimbangkan fitur tambahan ini, Anda bisa memilih kamera DSLR Canon yang sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Kamera Canon DSLR Terbaik untuk Fotografi Portrait Outdoor

Memilih kamera DSLR Canon untuk pemula tidak perlu rumit jika Anda tahu apa yang Anda butuhkan dan bagaimana cara membandingkan fitur-fitur dari beberapa model yang tersedia. Pertimbangkan faktor seperti sensor, lensa, ISO, kecepatan rana, dan fitur tambahan seperti video recording, Wi-Fi, layar sentuh, koneksi GPS, kecepatan rana, dan kustomisasi tombol.

Semoga dengan membaca tips memilih kamera DSLR Canon baru maupun bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.