Friday , June 14 2024
Pengertian Trapesium, Jenis, Sifat, Ciri, Rumus Luas, Keliling dan Contoh Soal

Pengertian Trapesium, Jenis, Sifat, Ciri, Rumus Luas, Keliling dan Contoh Soal

Pengertian Trapesium, Jenis, Sifat, Ciri, Rumus Luas, Keliling dan Contoh Soal. Trapesium adalah salah satu bentuk bangun datar yang seringkali dipelajari dalam pelajaran matematika. Bentuk bangun datar ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan bentuk bangun datar lainnya, seperti persegi, segitiga, dan lain sebagainya.

Trapesium memiliki sifat dan karakteristik yang dapat dipelajari, seperti jenis-jenis trapesium, sifat-sifat trapesium, serta rumus-rumus yang terkait dengan luas dan keliling trapesium. Bagi temen ArsipUmum.com yang masih sekolah, silahkan baca artikel ini sampai selesai supaya pahan dan mudah menjawab soal pertanyaan dari guru maupun tugas sekolah.

Pengertian Trapesium

Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, dengan dua sisi yang sejajar dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Dalam pelajaran matematika, trapesium seringkali disebut juga dengan trapesium sama kaki atau trapesium sembarang, tergantung pada sisi sejajar yang dimilikinya.

Jenis Trapesium

Berdasarkan sifat-sifatnya, trapesium dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Trapesium sama kaki

Trapesium sama kaki adalah trapesium yang memiliki dua sisi sejajar yang sama panjang, dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Dalam trapesium ini, dua sudut di bagian bawah trapesium memiliki ukuran yang sama besar, begitu juga dengan dua sudut di bagian atas trapesium.

2. Trapesium sembarang

Trapesium sembarang adalah trapesium yang memiliki dua sisi sejajar yang tidak sama panjang, dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Dalam trapesium ini, semua sudut tidak sama besar.

Baca Juga: Daftar Harga ATK Grosir Terbaru, Pilihan Alat Tulis Kantor untuk Sekolah dan Tugas Kuliah

Sifat Trapesium

Beberapa sifat trapesium yang dapat dipelajari, antara lain:

  1. Keliling trapesium sama dengan jumlah panjang keempat sisinya.
  2. Diagonal trapesium sama panjang dan membagi trapesium menjadi dua segitiga yang sama besar.
  3. Sudut di seberang sisi sejajar sama besar.
  4. Jumlah sudut dalam trapesium sama dengan 360 derajat.

Ciri Trapesium

Ciri khas trapesium adalah memiliki dua sisi sejajar dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Ciri inilah yang membedakan trapesium dengan bentuk bangun datar lainnya, seperti persegi, segitiga, dan lain sebagainya.

Rumus Luas Trapesium

Rumus luas trapesium dapat dihitung dengan rumus berikut:

Luas trapesium = 1/2 x (jumlah sisi sejajar) x (tinggi trapesium)

Rumus Keliling Trapesium

Rumus keliling trapesium dapat dihitung dengan rumus berikut:

Keliling trapesium = Jumlah panjang keempat sisinya

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Desain Grafis dan Patokan Harga

Contoh Soal

Misalkan sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar sebesar 8 cm dan 12 cm, serta tinggi trapesium sebesar 6 cm. Berapa luas dan keliling trapesium tersebut?

Penyelesaian:

Jumlah panjang keempat sisinya = 8 cm + 12 cm + 6 cm + 6 cm = 32 cm

Luas trapesium = 1/2 x (8 cm + 12 cm) x 6 cm = 60 cm2

Jadi, luas trapesium tersebut adalah 60 cm2, dan keliling trapesiumnya adalah 32 cm.

Penutup

Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, dengan dua sisi yang sejajar dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Terdapat dua jenis trapesium, yaitu trapesium sama kaki dan trapesium sembarang. Beberapa sifat trapesium meliputi keliling, diagonal, sudut, dan jumlah sudut dalam trapesium.

Ciri khas trapesium adalah memiliki dua sisi sejajar dan dua sisi lainnya tidak sejajar. Rumus luas trapesium dapat dihitung dengan 1/2 x (jumlah sisi sejajar) x (tinggi trapesium), sedangkan rumus keliling trapesium adalah jumlah panjang keempat sisinya.

Baca Juga: Rekomendasi Klinik Kecantikan di Semarang Terbaik Beserta Alamat dan Nomor Telepon

Dengan memahami pengertian, jenis, sifat, ciri, serta rumus luas dan keliling trapesium, diharapkan dapat mempermudah dalam mempelajari dan memahami materi tentang bangun datar trapesium.

Demi