Wednesday , February 21 2024
Faspay Solusi Metode Pembayaran Online Bisnis yang Diminati

Faspay, Solusi Metode Pembayaran Online Bisnis yang Diminati

Sudah pernah mendengar apa itu metode pembayaran online sebelumnya? Metode pembayaran online adalah solusi praktis yang perlu disediakan oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, kehadiran metode pembayaran ini dapat membantu meningkatkan transaksi pelanggan karena menawarkan berbagai kemudahan.

Jika Anda membutuhkan solusi sistem pembayaran online yang lengkap, Faspay bisa menjadi jawaban. Faspay merupakan salah satu payment gateway di Indonesia yang menawarkan berbagai macam jenis sistem pembayaran online hanya dengan satu kali integrasi saja. Mari simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Mengenal Jenis-Jenis Metode Pembayaran Online

Metode Pembayaran Faspay

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih jauh, penting bagi Anda untuk mengenal berbagai macam sistem pembayaran online terlebih dahulu. Kini, sistem pembayaran online semakin digemari oleh konsumen karena menawarkan kemudahan dan kepraktisan.

Ditambah lagi, kemajuan teknologi di masa sekarang membuat perkembangan macam-macam jenis metode pembayaran online semakin pesat. Adapun beberapa jenis sistem pembayaran online yang umum digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Transfer Bank

Metode pembayaran online yang pertama adalah transfer bank. Metode ini memungkinkan pelanggan untuk memindahkan atau membayar sejumlah dana tertentu dari satu rekening bank ke rekening bank lainnya.

Pada dasarnya, transfer bank dapat dilakukan melalui beberapa metode, yaitu dengan memanfaatkan mesin ATM, menggunakan internet banking, atau melalui mobile banking. Jika menggunakan internet banking dan mobile banking, pelanggan hanya memerlukan jaringan internet dan perangkat smartphone saja, jadi terbilang cukup praktis.

Namun, kekurangan dari metode pembayaran ini adalah memerlukan proses yang cukup panjang. Selain itu, pembeli dan penjual harus jujur untuk memberikan konfirmasi pembayaran. Ditambah lagi, jika ingin mentransfer dana ke bank lain, pelanggan akan dikenakan sejumlah biaya administrasi.

2. Virtual Account

Virtual account (VA) adalah sistem pembayaran online terkini yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi menggunakan kode unik guna mengidentifikasi pembayaran tersebut.

Perlu diketahui, virtual account tidak terhubung dengan rekening bank fisik tertentu, namun akan digunakan secara khusus untuk memproses pembayaran dari pelanggan. Virtual account cukup banyak digunakan dalam sistem pembayaran e-commerce serta layanan perbankan elektronik. Adapun keunggulan dari virtual account adalah mudah diintegrasikan dengan platform toko online, aman, dan pencatatan dapat dilakukan secara otomatis.

3. E-wallet

Metode pembayaran online menggunakan dompet digital atau e-wallet sudah menjadi pilihan banyak pelanggan di masa sekarang. Pasalnya, sistem pembayaran ini cukup praktis dan lebih cepat, karena pelanggan hanya perlu memindai kode khusus dari penjual.

Selain itu, pembayaran menggunakan e-wallet juga dapat meminimalkan risiko beredarnya uang palsu karena kehadiran teknologi keamanan yang sulit ditembus.

4. Kartu Kredit

Jenis sistem pembayaran online selanjutnya adalah kartu kredit. Pembayaran online menggunakan kartu kredit terbilang aman karena sudah dibekali dengan proteksi ekstra, seperti Dynamics 3DS, Fraud Guard, serta On-Us Routing. Bahkan, alat pembayaran online ini juga memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi di dalam maupun luar negeri.

Selain aman, keunggulan menggunakan kartu kredit untuk sistem pembayaran adalah memungkinkan pengguna untuk membeli atau membayar barang/jasa dengan cara dicicil. Ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun rekam jejak (track record) finansial pelanggan yang baik.

5. QRIS

QRIS adalah kode matriks dua dimensi yang cukup populer untuk digunakan sebagai sistem pembayaran online di masa kini. Melalui QRIS, pelanggan bisa melakukan transaksi dengan memindai (scan) kode QR tersebut menggunakan aplikasi dompet digital atau mobile banking.

QRIS mulai diunggulkan karena dapat membantu pelanggan untuk berbelanja dengan lebih praktis, tanpa memerlukan kartu debit maupun uang tunai. Proses transaksi juga berlangsung lebih responsif dan cepat, sehingga bisa menghemat waktu pebisnis serta pelanggan itu sendiri.

6. Pembayaran Ritel

Salah satu jenis pembayaran online yang digemari pelanggan berikutnya adalah ritel. Melalui metode pembayaran ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran ke toko ritel, seperti supermarket atau minimarket.

Sistem pembayaran ini akan memudahkan pelanggan yang kesulitan menemukan ATM maupun yang belum tersentuh akses layanan perbankan (unbanked). Pembayaran ritel memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi lebih praktis dan cepat. Pelanggan juga terbebas dari masalah mengenai uang kembalian.

7. Rekening Bersama

Rekening bersama (rekber) merupakan alat pembayaran online yang digunakan untuk menampung pembayaran dari pelanggan terlebih dahulu sebelum diteruskan ke penjual. Lebih tepatnya, pelanggan akan mentransfer sejumlah uang ke rekber (pihak ketiga), lalu penjual baru bisa menarik dana tersebut setelah pelanggan memberikan konfirmasi sudah menerima barang atau jasa.

Karena itu, keunggulan dari rekening bersama adalah lebih aman dan tepercaya. Rekber juga melayani pembayaran dari berbagai jenis bank, sehingga cenderung praktis. Namun sayangnya, alat pembayaran online ini akan membutuhkan proses transaksi yang lebih lama, sehingga bisa memakan waktu pelanggan dan penjual.

Kenapa Bisnis Perlu Menyediakan Metode Pembayaran Online?

Pada dasarnya, menyediakan metode pembayaran online merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, hal ini dapat membantu suatu bisnis untuk menerima seluruh preferensi pelanggan terhadap metode pembayaran tertentu.

Selain itu, karena terdapat perubahan perilaku konsumen yang lebih gemar bertransaksi secara online di masa kini, menyediakan sistem pembayaran online juga dapat mengoptimalkan target capaian transaksi suatu bisnis.

Jika tidak menyediakan sistem pembayaran online, hal ini akan membatasi pelanggan untuk melakukan transaksi dengan suatu bisnis. Akibatnya, bisnis Anda berpotensi kehilangan banyak transaksi.

Faspay Payment Gateway, Solusi Penyedia Metode Pembayaran Online Bisnis yang Diminati

Faspay Payment Gateway Solusi Penyedia Metode Pembayaran Online Bisnis yang Diminati

Membutuhkan sistem pembayaran online yang lengkap untuk kebutuhan bisnis? Menggunakan Faspay bisa menjadi langkah tepat.

Saat ini, Faspay telah menyediakan 50+ metode pembayaran online yang bisa digunakan untuk keperluan transaksi bisnis. Bahkan, pada perkembangannya, Faspay tetap terus melakukan inovasi untuk melengkapi keperluan sistem pembayaran bagi pemilik bisnis.

Faspay juga menyediakan beberapa layanan yang dapat memudahkan operasional suatu bisnis, di antaranya adalah money in (Faspay Business dan Faspay Billing), money out (Faspay SendMe), serta Faspay CashOut. Berikut penjelasannya.

A. Faspay Business

Faspay Business adalah layanan utama dari Faspay Payment Gateway yang dapat membantu pemilik bisnis untuk menyediakan sistem pembayaran online dengan cara disambungkan ke aplikasi atau website bisnis.

Layanan ini memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dari nasabah melalui 50+ metode pembayaran, mulai dari virtual account, kartu kredit, e-wallet, QRIS hingga ritel.

B. Faspay Billing

Bisnis Anda belum memiliki website atau aplikasi sendiri namun ingin menyediakan layanan pembayaran online? Gunakan saja Faspay Billing.

Layanan ini bisa digunakan oleh berbagai jenis bisnis, khususnya untuk bisnis konvensional, seperti yayasan pendidikan (sekolah), bank perkreditan rakyat, dan lain sebagainya.

Adapun cara kerja Faspay Billing adalah pemilik bisnis dapat membuat invoice online menggunakan all-in-one dashboard yang sudah disediakan oleh Faspay, kemudian mengirimkan invoice online tersebut kepada konsumen/pelanggan melalui email/SMS/chat platform.

Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran di dalam invoice online tersebut yang sudah tersambung dengan berbagai metode pembayaran.

C. Faspay SendMe

Faspay SendMe merupakan layanan Faspay yang dapat memudahkan Anda untuk mengirimkan dana ke banyak akun rekening yang kerap dilakukan dalam proses disbursement bisnis, seperti payout, refund, reimburse, dan lain sebagainya.

Layanan ini juga menyediakan fitur Paycheck yang memungkinkan pemilik bisnis untuk memproses dana refund ke rekening bank, e-wallet, maupun toko ritel tanpa perlu rekening tujuan. Praktis, bukan?

D. Faspay CashOut

Terakhir, terdapat layanan yang disediakan oleh Faspay untuk menunjang operasional suatu bisnis adalah Faspay CashOut. Melalui layanan ini, pelanggan dapat mencairkan uang secara praktis pada gerai ritel di seluruh wilayah Indonesia.

Karena itu, Faspay CashOut bisa menjadi solusi bagi pemilik bisnis finansial yang ingin menjangkau pelanggan bukan pengguna rekening bank.

Bagi pemilik bisnis finansial sendiri, layanan Faspay CashOut bisa digunakan tanpa memerlukan situs web atau aplikasi apa pun. Artinya, Anda hanya perlu mengakses dashboard Faspay untuk mendapatkan kode khusus.

Kemudian, kode tersebut bisa langsung dikirimkan kepada pelanggan untuk ditunjukkan kepada gerai ritel guna mencairkan dana. Biayanya juga cenderung tetap dan terjangkau, jadi Anda tak perlu khawatir.

Setelah menyimak berbagai keunggulan Faspay sebagai solusi penyedia metode pembayaran online, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? #GaPerluRibet, Anda dapat daftar sebagai merchant Faspay secara online hanya dengan satu kali registrasi akun melalui website resmi Faspay. Mari mudahkan transaksi bisnis Anda bersama Faspay sekarang juga!